Lampiran 4 : Contoh Silabus yang Memuat Nilai-Nilai Karakter
Contoh 1 :
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaan : BIOLOGI
Standar Kompetensi : 2. Memahami
keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta
penerapannya dalam konteks Salingtemas.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Nilai-NIlai Karanter
|
2.1 Mengiden-tifikasi struktur
jaringan tumbuhan dan mengait-kanya dengan fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
|
· Mengidentifikasi struktur
jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya
|
Struktur Jaringan
Tumbuhan
|
Tatap Muka :
· Mengamati struktur jaringan
tumbuhan, membuat ciri-ciri, dan mendiskusikannya dalam kelompok
|
Teknik:
·
Observasi
·
Tes praktik
·
Tugas Individu
·
Tugas Kelompok
·
Tes
·
Ulangan Harian
Bentuk:
·
Lembar pengamatan
·
Kinerja
·
Tertulis
·
Laporan
·
Kuis
·
Pilihan Ganda
|
60 menit
|
· Akhyar, Moh Salman,dkk. BIOLOGI. Grafindo. ( 1997 : 15 )
· Sostrodiharjo, Singgih. BIOLOGI. Regina. ( 2002 : 24 )
·
Aryulina
Diah, dkk. BIOLOGI 2.Erlangga. ( 2007 : 34 )
|
Religius
Peduli
Lingkungan
Kerja
keras
Rasa
ingin tahu
Gemar
membaca
Kerjasama
Tanggung
jawab
Kreatif
|
·
Mengaitkan
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Fungsi Jaringan
Tumbuhan
|
·
Mengkaji literatur tentang struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan, dan membuat rangkuman serta membahas
di depan kelas;
|
30 menit
|
||||
·
Mengidentifikasi
jaringan sebagai dasar kultur jaringan
|
Kultur Jaringan
|
30 menit
|
|||||
· Menjelaskan sifat totipotensi
sebagai dasar kultur jaringan
|
Sifat Totipotensi
|
·
Mengkaji
literatur, membuat rangkuman dan diskusi tentang totipotensi
|
30 menit
|
||||
· Menentukan prasyarat, manfaat
dan metode kultur jaringan.
|
Prasyarat,
manfaat dan metode Totipotensi
|
·
Membuat
presentasi prasyarat, manfaat dan metode totipotensi kemudian
mempresentasikannya.
|
30 menit
|
|
|||
|
|
|
Penugasan Terstruktur :
·
Mencari
gambar-gambar struktur jaringan tumbuhan
·
Mengerjakan latihan-latihan soal yang berhubungan
dengan jaringan tumbuhan
Kegiatan Mandiri Tidak
Terstruktur :
· Melakukan observasi ke tempat wisata bunga anggrek tentang totipotensi
|
|
|
|
|
a.
Penjelasan pengidentifikasian nilai karakter dan
internalisasi dalam kegiatan pembelajaran:
1. Nilai
karakter yang diidentifikasi
dari SK, KD yakni 2.1 Mengidentifikasi
struktur jaringan tumbuhan dan mengait-kanya dengan fungsinya, menjelaskan
sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan antara lain kerja keras, rasa
ingin tahu dan gemar membaca
2. Nilai
karakter yang diidentifikasi dari
materi pokok yakni (1)
struktur jaringan tumbuhan, (2) fungsi jaringan tumbuhan, (3)
kultur jaringan, (4)
sifat totipotensi dan (5) prasyarat, manfaat dan metode Totipotensi antara lain
religius dan peduli lingkungan.
3. Nilai
karakter yang diidentifikasi dari
kegiatan pembelajaran yakni melalui mendiskusikan dalam kelompok,mengamati, mengkaji literatur dan membuat presentasi adalah gemar membaca, kerjasama, tanggung
jawab dan kreatif
b. Internalisasi nilai-nilai
karakter kerja keras , rasa ingin tahu dan gemar membaca dalam kegiatan
pembelajaran melalui metode pengamatan.
c.
Guru/MGMP
sekolah dapat mengembangkan nilai-nilai
karakter lain yang menjadi prioritas selain nilai-nilai karakter di
atas.
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA .
. .
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI/1
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan aturan statistika, kaidah
pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Nilai Karakter
|
1.5. Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
1. Pengertian ruang sampel dan
titik sampel
2. Pengertian kejadian
3. Penentuan ruang sampel dan
banyaknya ruang sampel
|
TATAP
MUKA
1.
Mengemukakan
beberapa peristiwa sehari-hari untuk menemukan pengertian ruang sampel dari
suatu percobaan
2.
Mengidentifikasikan hasil percobaan dan mengambil
kesimpulan dengan tanya jawab
PENUGASAN TERSTUKTUR
Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan penentuan
ruang sampel dan banyaknya ruang sampel
|
1. Menjelaskan
pengertian ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan
2. Menjelaskan
pengertian kejadian suatu percobaan
|
Jenis/teknik:
Penugasan
Tes tertulis
Bentuk:
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
|
30
menit
15
menit
45
menit
|
Buku Matematika SMA/MA
Penerbit Bumi Aksara
Bahan Ajar berbasis TIK
|
Rasa ingin tahu
Jujur
Bersahabat/
komunikatif
Kreatif
Kerja keras
Mandiri
|
a. Penjelasan
pengidentifikasian nilai karakter dan internalisasi dalam kegiatan pembelajaran:
- Nilai karakter yang diidentifikasi dari SK, KD yakni 1.5. Menentukan ruang sampel suatu percobaan antara lain rasa ingin tahu.
- Nilai karakter yang diidentifikasi dari materi pokok yakni (1) Pengertian ruang sampel dan titik sampel, (2) pengertian kejadian, (3) Penentuan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel antara lain rasa ingin tahu.
3.
Nilai karakter yang
diidentifikasi dari kegiatan pembelajaran yakni mengemukakan, menemukan
pengertian ruang sampel dari suatu percobaan, mengidentifikasikan
hasil percobaan dan mengambil kesimpulan antara lain jujur, bersahabat/komunikatif, kreatif,
kerja keras, dan mandiri
b.
Internalisasi
nilai-nilai karakter jujur, bersahabat/komunikatif,
kreatif, kerja keras, dan mandiri dalam kegiatan pembelajaran melalui
penemuan, Tanya jawab dan penyelesaian soal
c.
Guru/MGMP
sekolah dapat mengembangkan nilai-nilai
karakter lain yang menjadi prioritas selain nilai-nilai karakter di
atas.
Lampiran 5 : Contoh RPP yang Memuat Nilai Karakter
Contoh 1 :
RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ……….
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : XI IPA
Semester : 1 (Satu)
Waktu : 4 x 45 menit
I.
Standar
Kompetensi
2.
Memahami
keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta
penerapannya dalam konteks Salingtemas.
II.
Kompetensi
Dasar
2.1
Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkanya dengan fungsinya,
menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
III.
Indikator
Pencapaian
- Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya
- Membedakan struktur jaringan tumbuhan
- Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
- Mengidentifikasi jaringan sebagai dasar kultur jaringan
- Menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
- Menentukan prasarat, manfaat dan metode kultur jaringan.
IV. Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya melalui pengamatan
- Membedakan struktur jaringan tumbuhan melalui kajian pustaka dan diskusi
- Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui diskusi
- Menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan melalui tanya jawab
- Menentukan prasarat, manfaat dan metode kultur jaringan melalui diskusi
V. Materi Ajar
1. Jaringan
Merupakan sekelompok sel dengan
ciri yang serupa dalam hal bentuk, fungsi, maupun sifat- sifatnya.
2. Jaringan tumbuhan
Merupakan sel-sel tumbuhan
dewasa tidak tersusun secara acak, melainkan menyesuaikan diri melalui berbagai
cara dan membentuk sekelompok sel.
3. Jaringan tumbuhan terdiri dari
:
a. jaringan meristem, yaitu,
Promeristem, meristem primer, meristem sekunder, meristem apical, interkalar
dan lateral.
b. Jaringan permanen, yaitu,
jaringan epidermis, parenkim, sklerenkim, kolenkim, xilem dan floem
4. Fungsi jaringan berbeda-beda
sesuai letak, posisi, usia, dan faktor luar
5. Sifat Totipotensi
Sifat totipotensi pada jaringan
tumbuhan dimanfaatkan untuk memperoleh anakan seragam dalam jumlah besar dan
cepat melalui kultur jaringan
VI.
Metode
Pembelajaran
1. Pengamatan
2. Kajian
pustaka
3. Diskusi
4. Tanya
Jawab
5. Ceramah
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Tatap Muka:
Pendahuluan, 10 menit
Orientasi: Mempersiapkan
belajar siswa melalui memberikan salam, berdo’a dan mengabsen siswa.
Apersepsi: Guru memberikan
pertanyaan “Apakah yang anda ketahui tentang bagan kultur jaringan?“
Motivasi: Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Pemberian
acuan: Menyampaikan metode dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai
indikator pembelajaran.
Implementasi
pendikar
Dengan
memberikan salam dan berdoa, dapat menumbuhkan nilai-nilai religius pada
peserta didik.
Kegiatan Inti, 65 menit
1. Membagi kelompok menjadi 8
kelompok
2. Mempersiapkan alat yang
diperlukan untuk pengamatan
3. Mengamati berbagai macam
struktur jaringan tumbuhan dengan
menggunakan mikroskop
4. Mengkaji literatur untuk
mencari gambar-gambar struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
5. Kelompok membandingkan hasil
pengamatan dengan hasil kajian dari pustaka.
6. Siswa menggambar jaringan
tumbuhan sesuai lembar kerja siswa
7. Kelompok mendiskusikan
keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan
8. Kelompok menyusun laporan
pengamatan
9. Kelompok mempersiapkan bahan
presentasi
10. Kelompok melaporkan hasil kerja
Implementasi pendikar
·
Dengan
melakukan pengamatan pada tumbuhan,
peserta didik sadar akan ciptaan Tuhan dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan.
·
Bersikap
cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan secara bersama-sama dan tidak
tergesa-gesa mangambil kesimpulan, menimbulkan rasa ingin tahu, gemar membaca
dan kerja keras.
·
Setiap
kelompok bertanggungjawab membuat
laporan dan dapat berkreasi mempersiapkan
bahan presentasi.
Penutup, 15 menit
1. Dengan dibimbing guru siswa
diajak untuk menarik kesimpulan dan membuat rangkuman.
2.
Guru
memberikan soal untuk mengevaluasi proses belajar siswa dalam pemahaman materi
dan penilaian diri.
3.
Melaksanakan refleksi
4.
Merencanakan pembelajaran pertemuan berikutnya
Penugasan Tersruktur:
·
Mencari
gambar-gambar struktur jaringan tumbuhan
·
Mengerjakan
latihan-latihan soal yang berhubungan dengan jaringan tumbuhan
Pertemuan Kedua:
Tatap Muka:
Pendahuluan, 10 menit
Orientasi: Mempersiapkan
belajar siswa melalui memberikan salam dan mengabsen siswa.
Apersepsi: Guru memberikan
pertanyaan “Apakah yang anda ketahui tentang sifat totipotensi?“
Motivasi: Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Pemberian
acuan: Menyampaikan metode dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai
indikator pembelajaran.
Implementasi
pendikar
Dengan
memberikan salam dan berdoa, dapat menumbuhkan nilai-nilai religius pada
peserta didik.
Kegiatan Inti, 65 menit
1. Membagi kelompok menjadi 8
kelompok
2.
Mengkaji
literatur
3.
Membuat
rangkuman sebagai bahan presentasi dan
4.
Mendiskusikan
bahan presentasi dalam kelompok
5. Membuat presentasi prasarat,
manfaat dan metode totipotensi
6. Salah satu kelompok
mempresentasikan.
7. Melakukan tanya jawab.
Implementasi pendikar
·
Dengan
melakukan pengamatan pada tumbuhan,
peserta didik sadar akan ciptaan Tuhan dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan.
·
Bersikap
cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan secara bersama-sama dan tidak
tergesa-gesa mangambil kesimpulan, menimbulkan rasa ingin tahu, gemar membaca
dan kerja keras.
·
Setiap
kelompok bertanggungjawab membuat
laporan dan dapat berkreasi mempersiapkan
bahan presentasi.
Penutup, 15 menit
a. Dengan dibimbing guru siswa
diajak untuk menarik kesimpulan dan membuat rangkuman.
b.
Guru
memberikan soal untuk mengevaluasi proses belajar siswa dalam pemahaman materi.
c.
Melaksanakan refleksi
d.
Merencanakan pembelajaran pertemuan berikutnya
Kegiatan Mandiri Tidak
Terstruktur:
Melakukan
observasi ke tempat wisata bunga anggrek tentang totipotensi
VII. Penilaian
1. Teknik :
Observasi
Tes Praktik
Tugas individu
Tugas Kelompok
Tes
Ulangan
- Bentuk :
Lembar
pengamatan
Kinerja
Tertulis
Laporan
Kuis
Pilihan
Ganda
3. Instrumen:
Tes, Kuis
Menjodohkan.
Tabel
berikut memuat nama jaringan beserta ciri, macam dan fungsinya. Tentukanlah
ciri, macam dan fungsi jaringan yang benar dengan memasangkan angka pada nama jaringan dengan huruf
pada ciri, macam dan fungsinya jaringan!
NO
|
NAMA
JARINGAN
|
NO
|
CIRI, MACAM, FUNGSI
|
1
|
Floem
|
A
|
sel pengiring
|
2
|
Felem
|
B
|
mengangkut zat hara dari akar menuju
ke daun
|
3
|
Xilem
|
C
|
trakea, trakeid
|
4
|
Lentisel
|
D
|
tersusun atas sel gabus dan sel-sel mati
|
5
|
Feloderm
|
E
|
parenkim yang mengandung klorofil
|
6
|
Klorenkim
|
F
|
berasal dari
felogen, sel-sel penyusunnya
hidup, dinding dari selulosa
|
7
|
unsur floem
|
G
|
terdapat pada
organ yang sudah tidak
mengalami pertumbuhan
|
8
|
unsur xylem
|
H
|
mengedarkan
hasil fotosintesis ke
seluruh bagian tubuh
|
9
|
Sklerenkim
|
I
|
celah-celah pada lapisan gabus
|
Kunci jawaban:
1 – h, 2 – d, 3 – b, 4 – i, 5 – f, 6 – e, 7 –
a, 8 – c, 9 – g
Performan
Tes, Observasi Praktik:
Penilaian Kinerja
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Kompetensi
Dasar : 2.1 Mengidentifikasi
struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur
jaringan.
Tujuan Pembelajaran : Mampu
mengidentifikasi dan membedakan struktur jaringan tumbuhan melalui pemberian
gambar-gambar dan pengamatan dengan mikroskop
Contoh Tabel Penilaian Praktik
No
|
Nama Siswa
|
Indikator Penampilan
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Indikator Penampilan:
1. Mengatur
cahaya pada mikroskop dengan benar.
2. Mengatur
lensa okuler dan objektif dengan pembesaran tertentu dengan benar.
3. Mengatur
makrometer dan mikrometer mikroskop dengan benar.
4. Memilih
dan menemukan objek pengamatan dengan baik dan benar.
5. Menggambar
objek pengamatan dengan baik dan benar.
6. Membersihkan
dan menyimpan mikroskop dan alat praktikum lain dengan rapih dan bersih.
Keterangan Penilaian:
Kurang : 1
Cukup : 2
Baik : 3
Skor Maksimum: 18
Skor Minimum:6
Nilai:
Skor Perolehan
------------------------- x 100
Skor Maksimum
1). Format pengamatan
nilai-nilai karakter
No
|
Indikator
nilai karakter
|
No.
daftar hadir peserta didik *)
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
..
|
32
|
|||||
1
|
Mengikuti prosedur praktek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
Jujur dalam menyajikan data hasil praktek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
Menghargai/tidak mencela hasil praktek kelompok
lain yang berbeda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
Memberi kesempatan semua teman untuk mengajukan
pendapat/tidak memonopoli diskusi
kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
Tidak membedakan antara pendapat teman pria dan
wanita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6
|
Santun dalam berargumentasi/ mempertahankan hasil
praktek yang berbeda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7
|
Tidak memaksakan kehendak/memaksa teman untuk
menerima pendapatnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
8
|
Mau mengakui kesalahannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
9
|
Menunjukkan sikap menerima
hasil diskusi kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah BT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah MT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah MB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah MK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
*)
Diisi dengan:
·
BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·
MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
·
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta
didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
VIII.
Alat/Bahan/Sumber
Alat:
Mikroskop
Preparat
awetan dan segar jaringan tumbuhan
Bahan:
Gambar-gambar
tentang berbagai macam jaringan tumbuhan
Sumber:
Akhyar,
Moh Salman,dkk. BIOLOGI.Grafindo. ( 1997 : 15 )
Sostrodiharjo,
Singgih. BIOLOGI.Regina. ( 2002 : 24 )
Aryulina Diah, dkk. BIOLOGI 2.Erlangga.
( 2007 : 34 )
Jakarta ,
Juli 2011
Penyusun,
Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA ....................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : XI (Sebelas) / IPA
Semester : Ganjil
I.
Standar
Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam
pemecahan masalah
II.
Kompetensi
Dasar : 1.5. Menentukan
ruang sampel suatu percobaan.
III.
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian ruang
sampel dan titik sampel suatu percobaan
2. Menjelaskan pengertian kejadian
suatu percobaan
3. Menentukan ruang sampel dan
banyaknya ruang sampel dari suatu kejadian
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran berlangsung peserta
didik dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian ruang sampel dan titik sampel serta kejadian suatu percobaan melalui
ekspositori dan Tanya jawab
2.
Menentukan
ruang sampel dan banyaknya ruang sampel dari suatu kejadian melalui ekspositori
dan Tanya jawab
V.
Materi
Ajar
•
Ruang
sampel adalah himpunan dari semua hasil yang
mungkin dari suatu percobaan.
•
Titik sampel adalah unsur-unsur yang terdapat dalam ruang sampel
•
Banyaknya
ruang sampel adalah
jumlah anggota atau banyaknya titik sampel
dalam dilambangkan
dengan n atau
n(S).
•
Kejadian
adalah himpunan dari beberapa atau seluruh
titik sampel sehingga kejadian
adalah bagian dari ruang sampel.
•
Ada 3 cara menentukan ruang sampel dari suatu percobaan :
1.
Dengan
mendaftar langsung
2.
Dengan
diagram pohon
3.
Dengan
table
VI.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit).
VII.
Metode
Pembelajaran
Ekspositori
dan tanya jawab.
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
Orientasi : Mempersiapkan belajar siswa melalui
memberikan salam, berdo’a dan mengabsen
siswa.
Apersepsi : Mengemukakan
beberrapa kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan ruang sampel
Motivasi : Memaparkan sejarah ditemukannya Peluang.
Implementasi
pendikar
Berdoa, menumbuhkan nilai-nilai religius pada peserta
didik.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa beberapa
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ruang sampel dan
kejadian misalnya pelemparan mata uang logam, pelemparan dadu, dll yang telah
disiapkan dalam bahan ajar berbasis TIK.
b.
Peserta didik mengemukakan pengertian ruang sampel, titik
sampel, banyaknya ruang sampel dan kejadian dari tanya jawab yang dilakukan
oleh guru.
c.
Siswa mengerjakan beberapa contoh soal yang terkait
dengan penentuan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel dengan bimbingan
terbatas oleh guru, dan dituntun untuk mengidentifikasi kejadian-kejadian yang
dari suatu percobaan yang telah disiapkan dalam bahan ajar berbasis TIK.
d. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan ruang sampel suatu percobaan
dari contoh yang telah disiapkan dalam bahan ajar berbasis TIK.
Implementasi pendikar
·
Melakukan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu, serta
mengungkapkannya dengan jujur, komunikatif dan bersahabat.
·
Menyelesaikan
soal-soal dengan pantang menyerah, kerja keras dan mandiri
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman tentang cara menentukan ruang sampel suatu percobaan.
b. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi.
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai penentuan
ruang sampel
IX. Penilaian
Essay untuk Penugasan (PR)
- Diketahui 3 buah mata uang logam
mempunyai sisi angka ( A) dan sisi gambar
(G),dilempar sekali. Jika P adalah kejadian
muncul dua gambar dan Q adalah kejadian muncul tiga angka, nyatakan P dan Q dalam bentuk himpunan.
Penilaian
Sikap
(Dilakukan melalui Pengamatan Berkelanjutan)
|
Contoh pengamatan
nilai-nilai karakter
No
|
Indikator
nilai karakter
|
No.
daftar hadir peserta didik *)
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
..
|
32
|
|||||
1
|
Kehadiran dalam Proses
belajar mengajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
Kemauan mencari sumber
materi yang dipelajari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
Partisipasi aktif dalam
proses belajar mengajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
Memberi kesempatan semua teman untuk mengajukan pendapat/tidak
memonopoli dalam penyampaian pendapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
Tidak membedakan antara pendapat teman pria dan
wanita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6
|
Santun dalam berargumentasi/ mempertahankan hasil
praktek yang berbeda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7
|
Tidak memaksakan kehendak/memaksa teman untuk menerima
pendapatnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
8
|
Tidak gampang menyerah dalam megerjkan soal dan
tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
9
|
Mau mengakui kesalahannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
10
|
Ketepatan waktu dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah BT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah MT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah MB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah MK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
*)
Diisi dengan:
·
BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·
MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
·
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta
didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
X. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku Paket Matematika SMA
Bahan Ajar Berbasis TIK : Ruang
Sampel
BSE, Buku referensi lain.
Alat
:
Laptop dan LCD
Lampiran
: Penyelesaian Soal penugasan (PR)
Jika 3 buah mata uang logam mempunyai sisi angka ( A) dan sisi gambar (G) dilempar secara bersamaan, maka :
S = { AAA, AAG, AGA, AGG, GAA, GAG, GGA, GGG}
Dari
ruang sampel di atas diperoleh:
a. P adalah kejadian muncul dua gambar
P = {AGG, GAG, GGA}
b. Q adalah kejadian muncul tiga
angka
Q = {AAA}
Jakarta ,
Juli 2011
Penyusun,
Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar