Kompetensi Dasar
Setelah
menyelesaikan pembahasan ini diharapkan peserta dapat mengembangkan kisi kisi
intrumen dalam mengembangkan mata pelajaran yang diasuh.
Langkah
awal sebelum membuat soal adalah membuat kisi-kisi instrument penilaian. Format
kisi-kisi instrumen penilaian dapat berbeda antara berbagai jenis instrumen
yang berbeda. Format kisi-kisi Skala Sikap bisajadi berbeda dengan format kisi-kisi Soal, dan berbeda pula dengan
format kisi-kisi pembuatan lembar observasi atau chek list.
Kisi-kisi adalah rencana dasar pembuatan satu set
atau seperangkat instrumen penilaian.
Satu kisi-kisi dibuat hanya untuk satu objek tertentu yang akan diukur, karena
itu kita tidak dapat membuat kisi-kisi instrumen sekaligus untuk tiga ranah
tujuan pembelajaran. Satu kisi-kisi dibuat hanya untuk
satu dimensi, dan untuk satu tujuan tertentu.
Langkah-langkah membuat
kisi-kisi instrumen penilaian.
1. Tentukan tujuan membuat kisi-kisi, apakah kisi-kisi untuk membuat soal
ujian semester, untuk mengukur sikap siswa, atau yang lain.
2. Tentukan objek penilaian atau ruang lingkup materi yang akan diukur.
3. Rumuskan indikator-indikator dari masing-masing aspek yang akan diukur
(jika belum ada).
4. Tentukan aspek-aspek yang akan dimuat pada kisi-kisi.
5. Buat kisi-kisi instrumen, dengan jumlah butir instrumen sesuai alokasi waktu yang tersedia
Sesudah penyusunan tabel
spesifikasi kisii-kisis instrumen maka untuk memperolah seperangkat soal tes
diperlukan dua langkah yaitu : (1) menentukan bentuk soal, dan (2) menuliskan
soal-soal tes.
a. Menentukan bentuk soal.
Ada dua hal yang harus
dipertimbangkan dalam menentukan bentuk soal yaitu:
1.
Waktu yang tersedia.
2.
Sifat materi yang diteskan.
Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam
menentukan alokasi waktu tes adalah :
1.
Untuk tes formatif dari bahan diselesaikan
dalam waktu 4-5 kali waktu pertemuan (45 menit) kira-kira memerlukan 15-20
menit, sedangkan untuk pelajaran memerlukan waktu lebih kurang 5-10 menit.
2.
Menyelesaikan soal bentuk objektif digunakan
waktu yang diperlukan +½-1 menit untuk setiap butir tes.
3.
Untuk menyelesaikan soal bentuk uraian waktu
yang diperlukan tergantung dari berapa lama siswa harus berfikir dan menulis
jawaban.
b. Menuliskan
soal-soal tes
Langkah terakhir dari
penyusunan tes adalah menuliskan soal-soal tes walaupun tempatnya tinggal satu
langkah, akan tetapi langkah ini merupakan langkah paling penting karena
kegagalan dalam hal ini dapat berakibat fatal. Hal-hal yang harus
diperhatikan adalah :
1. Bahasanya harus sederhana dan mudah difahami.
2.
Satu soal tidak boleh mengandung tafsiran ganda atau membingungkan.
3. Cara
memenggal kalimat atau
meletakkan/menata kata-kata perlu
sekali
diperhatikan agar tidak
salah tafsir.
4. Petunjuk mengerjakan.
Guru yang baik akan selalu
meningkatkan mutu tes yang digunakan. Oleh karena menyusun tes itu sukar maka
mereka disarankan untuk mengumpulkan saran-saran tesnya, dan disertai dengan
catatan mengenai soal-soal tersebut. Dengan cara demikian ini maka keterampilan
guru dalam menyusun tes akan meningkatkan dan memperoleh mutu tes yang
maksimal.
1. Contoh Format Kisi-kisi Soal Pilihan ganda/uraian
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi waktu :
Jumlah Soal :
Bentuk Soal :
No.
Urt.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
No.Urut Soal
|
Bobot
|
2. Contoh Format Kisi-kisi Soal Unjuk Kerja Dengan Daftar
Cek
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi waktu :
Jumlah Soal :
Standar
kompetensi :
Kompetensi
Dasar :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
3. Contoh Format Kisi-kisi Soal Unjuk Kerja Dengan Skala
Rentang
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi waktu :
Jumlah Soal :
Standar kompetensi :
Kompetensi
Dasar :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
4. Contoh Format Kisi-kisi Penilaian Proyek
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi waktu :
Jumlah Soal :
Standar kompetensi :
Kompetensi
Dasar :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
5. Contoh Format Kisi-kisi Penilaia Produk
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi waktu :
Jumlah Soal :
Standar kompetensi :
Kompetensi
Dasar :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar