PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Minggu, 11 Maret 2012

CONTOH SILABUS DAN RPP


Lampiran 4 : Contoh Silabus yang Memuat Nilai-Nilai  Karakter

Contoh 1 :

SILABUS
Nama Sekolah          :  SMA  ...
Mata Pelajaan          :  BIOLOGI
Standar Kompetensi  :  2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai-NIlai Karanter
2.1 Mengiden-tifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengait-kanya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·   Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya
Struktur Jaringan Tumbuhan

Tatap Muka :
·  Mengamati struktur jaringan tumbuhan, membuat ciri-ciri, dan mendiskusikannya dalam kelompok
Teknik:
·     Observasi
·     Tes praktik
·     Tugas Individu
·     Tugas Kelompok
·     Tes
·     Ulangan Harian
Bentuk:
·  Lembar pengamatan
·  Kinerja
·  Tertulis
·  Laporan
·  Kuis
·  Pilihan Ganda
60 menit
·   Akhyar, Moh Salman,dkk. BIOLOGI. Grafindo. ( 1997 : 15 )
·   Sostrodiharjo, Singgih. BIOLOGI. Regina. ( 2002 : 24 )
·   Aryulina Diah, dkk. BIOLOGI 2.Erlangga. ( 2007 : 34 )
Religius
Peduli Lingkungan

Kerja keras
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Kerjasama
Tanggung jawab
Kreatif

·   Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Fungsi Jaringan Tumbuhan

·  Mengkaji literatur tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, dan membuat rangkuman serta membahas di depan kelas;
30 menit
·   Mengidentifikasi jaringan sebagai dasar kultur jaringan
Kultur Jaringan
30 menit
·   Menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
Sifat Totipotensi

·  Mengkaji literatur, membuat rangkuman dan diskusi tentang totipotensi
30 menit
·   Menentukan prasyarat, manfaat dan metode kultur jaringan.
Prasyarat, manfaat dan metode Totipotensi
·  Membuat presentasi prasyarat, manfaat dan metode totipotensi kemudian mempresentasikannya.
30 menit




Penugasan Terstruktur :
·  Mencari gambar-gambar struktur jaringan tumbuhan
·  Mengerjakan latihan-latihan soal yang berhubungan dengan jaringan tumbuhan
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur :
·  Melakukan observasi ke tempat wisata bunga anggrek tentang totipotensi





a.    Penjelasan pengidentifikasian nilai karakter dan internalisasi dalam kegiatan pembelajaran:
1.    Nilai karakter yang   diidentifikasi  dari  SK, KD yakni  2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengait-kanya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan antara lain kerja keras, rasa ingin tahu dan gemar membaca
2.    Nilai karakter yang   diidentifikasi  dari  materi pokok yakni (1) struktur jaringan tumbuhan, (2) fungsi jaringan tumbuhan, (3) kultur jaringan, (4) sifat totipotensi dan (5) prasyarat, manfaat dan metode Totipotensi antara lain religius dan peduli lingkungan.
3.    Nilai karakter yang   diidentifikasi  dari  kegiatan pembelajaran yakni melalui mendiskusikan dalam kelompok,mengamati,  mengkaji literatur dan membuat presentasi adalah gemar membaca, kerjasama, tanggung jawab dan kreatif
b.    Internalisasi nilai-nilai karakter kerja keras , rasa ingin tahu dan gemar membaca dalam kegiatan pembelajaran melalui metode  pengamatan.
c.    Guru/MGMP  sekolah dapat mengembangkan nilai-nilai  karakter lain yang menjadi prioritas selain nilai-nilai karakter di atas.









SILABUS
Nama Sekolah         :  SMA . . .
Mata Pelajaran        :  Matematika
Kelas/Semester       :  XI/1
Standar Kompetensi :  1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter

1.5.    Menentukan ruang sampel suatu percobaan



1.    Pengertian ruang sampel dan titik sampel



2.    Pengertian kejadian




3.    Penentuan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel

TATAP MUKA
1.    Mengemukakan beberapa peristiwa sehari-hari untuk menemukan pengertian ruang sampel dari suatu percobaan

2.    Mengidentifikasikan hasil percobaan dan mengambil kesimpulan dengan tanya jawab

PENUGASAN TERSTUKTUR
Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan penentuan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel

1. Menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan


2. Menjelaskan pengertian kejadian suatu percobaan


  1. 3.          Menentukan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel dari suatu kejadian.

Jenis/teknik:
Penugasan
Tes tertulis
Bentuk:
1.    Uraian
2.    Pilihan Ganda




30 menit





15 menit



45 menit


Buku Matematika SMA/MA Penerbit Bumi Aksara

Bahan Ajar berbasis TIK

Rasa ingin tahu
Jujur
Bersahabat/ komunikatif
Kreatif
Kerja keras
Mandiri



a.    Penjelasan pengidentifikasian nilai karakter dan internalisasi dalam kegiatan pembelajaran:
  1. Nilai karakter yang   diidentifikasi  dari  SK, KD yakni  1.5. Menentukan ruang sampel suatu percobaan antara lain rasa ingin tahu.
  2. Nilai karakter yang   diidentifikasi  dari  materi pokok yakni (1) Pengertian ruang sampel dan titik sampel, (2) pengertian kejadian, (3) Penentuan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel antara lain rasa ingin tahu.
3.    Nilai karakter yang   diidentifikasi  dari  kegiatan pembelajaran yakni mengemukakan, menemukan pengertian ruang sampel dari suatu percobaan, mengidentifikasikan hasil percobaan dan mengambil kesimpulan antara lain jujur, bersahabat/komunikatif, kreatif, kerja keras,  dan mandiri
b.    Internalisasi nilai-nilai karakter jujur, bersahabat/komunikatif, kreatif, kerja keras,  dan mandiri dalam kegiatan pembelajaran melalui penemuan, Tanya jawab dan penyelesaian soal
c.    Guru/MGMP  sekolah dapat mengembangkan nilai-nilai  karakter lain yang menjadi prioritas selain nilai-nilai karakter di atas.

Lampiran 5 : Contoh RPP yang Memuat Nilai Karakter
Contoh 1 :

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan              : SMA ……….
Mata Pelajaran                  : Biologi
Kelas                               : XI IPA
Semester                          : 1 (Satu)
Waktu                              : 4 x 45 menit


I.   Standar Kompetensi
2.  Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas.

II.    Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkanya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.

III.  Indikator Pencapaian
  • Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya
  • Membedakan struktur jaringan tumbuhan
  • Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
  • Mengidentifikasi jaringan sebagai dasar kultur jaringan
  • Menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
  • Menentukan prasarat, manfaat dan metode kultur jaringan.

IV.  Tujuan Pembelajaran
  • Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya melalui pengamatan
  • Membedakan struktur jaringan tumbuhan melalui kajian pustaka dan diskusi
  • Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui diskusi
  • Menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan melalui tanya jawab
  • Menentukan prasarat, manfaat dan metode kultur jaringan melalui diskusi
V. Materi Ajar
1.  Jaringan
Merupakan sekelompok sel dengan ciri yang serupa dalam hal bentuk, fungsi, maupun sifat- sifatnya.
2.  Jaringan tumbuhan
Merupakan sel-sel tumbuhan dewasa tidak tersusun secara acak, melainkan menyesuaikan diri melalui berbagai cara dan membentuk sekelompok sel.
3.  Jaringan tumbuhan terdiri dari :
a.  jaringan meristem, yaitu, Promeristem, meristem primer, meristem sekunder, meristem apical, interkalar dan lateral.
b.  Jaringan permanen, yaitu, jaringan epidermis, parenkim, sklerenkim, kolenkim, xilem dan floem
4.  Fungsi jaringan berbeda-beda sesuai letak, posisi, usia, dan faktor luar
5.  Sifat Totipotensi
Sifat totipotensi pada jaringan tumbuhan dimanfaatkan untuk memperoleh anakan seragam dalam jumlah besar dan cepat melalui kultur jaringan

VI.    Metode Pembelajaran
1.  Pengamatan
2.  Kajian pustaka
3.  Diskusi
4.  Tanya Jawab
5.  Ceramah

VII.         Kegiatan Pembelajaran
     
Pertemuan Pertama:
Tatap Muka:

Pendahuluan, 10 menit
Orientasi: Mempersiapkan belajar siswa melalui memberikan salam, berdo’a  dan mengabsen siswa.
Apersepsi: Guru memberikan pertanyaan “Apakah yang anda ketahui tentang bagan kultur jaringan?“
Motivasi: Menyampaikan tujuan pembelajaran
Pemberian acuan: Menyampaikan metode dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai indikator pembelajaran.
Implementasi pendikar
Dengan memberikan salam dan berdoa, dapat menumbuhkan nilai-nilai religius pada peserta didik.
Kegiatan Inti, 65 menit
1.     Membagi kelompok menjadi 8 kelompok
2.     Mempersiapkan alat yang diperlukan untuk pengamatan
3.     Mengamati berbagai macam struktur jaringan tumbuhan  dengan menggunakan mikroskop
4.     Mengkaji literatur untuk mencari gambar-gambar struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
5.     Kelompok membandingkan hasil pengamatan dengan hasil kajian dari pustaka.
6.     Siswa menggambar jaringan tumbuhan sesuai lembar kerja siswa
7.     Kelompok mendiskusikan keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan
8.     Kelompok menyusun laporan pengamatan
9.     Kelompok mempersiapkan bahan presentasi
10.   Kelompok melaporkan hasil kerja
Implementasi pendikar
·         Dengan melakukan  pengamatan pada tumbuhan, peserta didik sadar akan ciptaan Tuhan dan berkomitmen untuk  menjaga lingkungan.
·         Bersikap cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan secara bersama-sama dan tidak tergesa-gesa mangambil kesimpulan, menimbulkan rasa ingin tahu, gemar membaca dan kerja keras.
·         Setiap kelompok bertanggungjawab  membuat laporan dan dapat berkreasi mempersiapkan  bahan presentasi.

Penutup, 15 menit
1.     Dengan dibimbing guru siswa diajak untuk menarik kesimpulan dan membuat rangkuman.
2.     Guru memberikan soal untuk mengevaluasi proses belajar siswa dalam pemahaman materi dan penilaian diri.
3.     Melaksanakan refleksi
4.     Merencanakan pembelajaran pertemuan berikutnya

Penugasan Tersruktur:
·            Mencari gambar-gambar struktur jaringan tumbuhan
·            Mengerjakan latihan-latihan soal yang berhubungan dengan jaringan tumbuhan

Pertemuan Kedua:
Tatap Muka:

Pendahuluan, 10 menit
Orientasi: Mempersiapkan belajar siswa melalui memberikan salam dan mengabsen siswa.
Apersepsi: Guru memberikan pertanyaan “Apakah yang anda ketahui tentang sifat totipotensi?“
Motivasi: Menyampaikan tujuan pembelajaran
Pemberian acuan: Menyampaikan metode dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai indikator pembelajaran.
Implementasi pendikar
Dengan memberikan salam dan berdoa, dapat menumbuhkan nilai-nilai religius pada peserta didik.

Kegiatan Inti, 65 menit
1.      Membagi kelompok menjadi 8 kelompok
2.      Mengkaji literatur
3.      Membuat rangkuman sebagai bahan presentasi dan
4.      Mendiskusikan bahan presentasi dalam kelompok
5.      Membuat presentasi prasarat, manfaat dan metode totipotensi
6.      Salah satu kelompok mempresentasikan.
7.      Melakukan tanya jawab.
Implementasi pendikar
·         Dengan melakukan  pengamatan pada tumbuhan, peserta didik sadar akan ciptaan Tuhan dan berkomitmen untuk  menjaga lingkungan.
·         Bersikap cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan secara bersama-sama dan tidak tergesa-gesa mangambil kesimpulan, menimbulkan rasa ingin tahu, gemar membaca dan kerja keras.
·         Setiap kelompok bertanggungjawab  membuat laporan dan dapat berkreasi mempersiapkan  bahan presentasi.

Penutup, 15 menit
a.     Dengan dibimbing guru siswa diajak untuk menarik kesimpulan dan membuat rangkuman.
b.     Guru memberikan soal untuk mengevaluasi proses belajar siswa dalam pemahaman materi.
c.      Melaksanakan refleksi
d.     Merencanakan pembelajaran pertemuan berikutnya

Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur:
Melakukan observasi ke tempat wisata bunga anggrek tentang totipotensi

VII.  Penilaian

1. Teknik :
Observasi
Tes Praktik
Tugas individu
Tugas Kelompok
Tes
Ulangan

  1. Bentuk :
Lembar pengamatan
Kinerja
Tertulis
Laporan
Kuis
Pilihan Ganda

3.  Instrumen:
Tes, Kuis
Menjodohkan.
Tabel berikut memuat nama jaringan beserta ciri, macam dan fungsinya. Tentukanlah ciri, macam dan fungsi jaringan yang benar dengan memasangkan  angka pada nama jaringan dengan huruf pada  ciri, macam dan fungsinya jaringan!

NO
NAMA
JARINGAN
NO
CIRI, MACAM, FUNGSI
1
Floem
A
sel pengiring
2
Felem
B
mengangkut zat hara dari akar menuju
ke daun
3
Xilem
C
trakea, trakeid
4
Lentisel
D
tersusun atas sel gabus dan sel-sel mati
5
Feloderm
E
parenkim yang mengandung klorofil
6
Klorenkim
F
berasal dari felogen, sel-sel penyusunnya
hidup, dinding dari selulosa
7
unsur floem

G
terdapat pada organ yang sudah tidak
mengalami pertumbuhan
8
unsur xylem
H
mengedarkan hasil fotosintesis ke
seluruh bagian tubuh
9
Sklerenkim
    I
celah-celah pada lapisan gabus

Kunci jawaban:
1 – h, 2 – d, 3 – b, 4 – i, 5 – f, 6 – e, 7 – a, 8 – c, 9 – g


Performan Tes, Observasi Praktik:

Penilaian Kinerja

Mata Pelajaran    : Biologi    
Kelas/Semester   : XI/1        
Kompetensi Dasar      : 2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi  sebagai dasar kultur jaringan.
Tujuan Pembelajaran  : Mampu mengidentifikasi dan membedakan struktur jaringan tumbuhan melalui pemberian gambar-gambar dan pengamatan dengan mikroskop

Contoh Tabel Penilaian Praktik
No
Nama Siswa
Indikator Penampilan
Jumlah
Nilai
1
2
3
4
5
6

























































































































Keterangan Indikator Penampilan:                                                                           
1.  Mengatur cahaya pada mikroskop dengan benar.
2.  Mengatur lensa okuler dan objektif dengan pembesaran tertentu dengan benar.
3.  Mengatur makrometer dan mikrometer mikroskop dengan benar.
4.  Memilih dan menemukan objek pengamatan dengan baik dan benar.
5.  Menggambar objek pengamatan dengan baik dan benar.
6.  Membersihkan dan menyimpan mikroskop dan alat praktikum lain dengan rapih dan bersih.

Keterangan Penilaian:
Kurang                             : 1
Cukup                     : 2
Baik                       : 3
Skor Maksimum: 18
Skor Minimum:6
Nilai:
                   Skor Perolehan
                ------------------------- x 100
                   Skor Maksimum


   1). Format pengamatan nilai-nilai karakter


No

Indikator nilai karakter
No. daftar hadir peserta didik *)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
..
32
1
Mengikuti prosedur praktek












2
Jujur dalam menyajikan data hasil praktek












3
Menghargai/tidak mencela hasil praktek kelompok lain yang berbeda












4
Memberi kesempatan semua teman untuk mengajukan pendapat/tidak memonopoli  diskusi kelas












5
Tidak membedakan antara pendapat teman pria dan wanita












6
Santun dalam berargumentasi/ mempertahankan hasil praktek yang berbeda












7
Tidak memaksakan kehendak/memaksa teman untuk menerima pendapatnya












8
Mau mengakui kesalahannya












9
Menunjukkan sikap menerima hasil diskusi kelas












Jumlah BT












Jumlah MT












Jumlah MB












Jumlah MK






























*) Diisi dengan:
·          BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·          MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·          MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
·          MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

VIII.         Alat/Bahan/Sumber
Alat:
Mikroskop
Preparat awetan dan segar jaringan tumbuhan

Bahan:
Gambar-gambar tentang berbagai macam jaringan tumbuhan

Sumber:
Akhyar, Moh Salman,dkk. BIOLOGI.Grafindo. ( 1997 : 15 )
Sostrodiharjo, Singgih. BIOLOGI.Regina. ( 2002 : 24 )
Aryulina Diah, dkk. BIOLOGI 2.Erlangga. ( 2007 : 34 )



                                                            Jakarta , Juli 2011
                                                                 Penyusun,


                                                            Guru Mata Pelajaran
                                                 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah       : SMA ....................
Mata Pelajaran :    Matematika
Kelas / Program    :    XI (Sebelas) / IPA
Semester         :    Ganjil

I.        Standar Kompetensi:    1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
II.        Kompetensi Dasar        :        1.5. Menentukan ruang sampel suatu percobaan.
III.        Indikator                     :       
                                                            1.    Menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan
                                                            2.    Menjelaskan pengertian kejadian suatu percobaan
                                                            3.    Menentukan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel dari suatu kejadian

IV.        Tujuan Pembelajaran
       Setelah pembelajaran berlangsung peserta didik dapat :
1.    Menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel serta kejadian suatu percobaan melalui ekspositori dan Tanya jawab
2.    Menentukan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel dari suatu kejadian melalui ekspositori dan Tanya jawab
V.        Materi Ajar
       Ruang sampel adalah himpunan dari semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan.
       Titik sampel adalah unsur-unsur yang terdapat dalam ruang sampel
       Banyaknya ruang sampel adalah jumlah anggota atau banyaknya titik sampel dalam dilambangkan dengan n atau n(S).
       Kejadian adalah himpunan dari beberapa atau seluruh titik sampel sehingga kejadian adalah bagian dari ruang sampel.
       Ada 3 cara menentukan ruang sampel dari suatu percobaan :
1.    Dengan mendaftar langsung
2.    Dengan diagram pohon
3.    Dengan table

VI.        Alokasi Waktu    :  2 jam pelajaran (2 x 45 menit).
VII.        Metode Pembelajaran
       Ekspositori dan tanya jawab.
VIII.        Kegiatan Pembelajaran
       Pendahuluan
Orientasi         : Mempersiapkan belajar siswa melalui memberikan salam, berdo’a  dan mengabsen siswa.

     Apersepsi         : Mengemukakan beberrapa kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan ruang sampel
     Motivasi          : Memaparkan sejarah ditemukannya Peluang.
Implementasi pendikar
Berdoa,  menumbuhkan nilai-nilai religius pada peserta didik.

     Kegiatan Inti
a.    Peserta didik diberikan stimulus berupa beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ruang sampel dan kejadian misalnya pelemparan mata uang logam, pelemparan dadu, dll yang telah disiapkan dalam bahan ajar berbasis TIK.
b.    Peserta didik mengemukakan pengertian ruang sampel, titik sampel, banyaknya ruang sampel dan kejadian dari tanya jawab yang dilakukan oleh guru.
c.    Siswa mengerjakan beberapa contoh soal yang terkait dengan penentuan ruang sampel dan banyaknya ruang sampel dengan bimbingan terbatas oleh guru, dan dituntun untuk mengidentifikasi kejadian-kejadian yang dari suatu percobaan yang telah disiapkan dalam bahan ajar berbasis TIK.
       d.  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan ruang sampel suatu percobaan dari contoh yang telah disiapkan dalam bahan ajar berbasis TIK.
Implementasi pendikar
·         Melakukan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu, serta mengungkapkannya dengan jujur, komunikatif dan bersahabat.
·         Menyelesaikan soal-soal dengan pantang menyerah, kerja keras dan mandiri

Penutup
       a. Peserta didik membuat rangkuman tentang cara menentukan ruang sampel suatu percobaan.
       b.  Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
       c.  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai penentuan ruang sampel

  IX.    Penilaian   
Essay untuk Penugasan (PR)
-           Diketahui 3 buah mata uang logam mempunyai sisi angka ( A) dan sisi gambar (G),dilempar sekali. Jika P adalah kejadian muncul dua gambar dan Q adalah kejadian muncul tiga angka, nyatakan P dan Q dalam bentuk himpunan.








Penilaian Sikap
(Dilakukan melalui Pengamatan Berkelanjutan)
Contoh  pengamatan nilai-nilai karakter


No

Indikator nilai karakter
No. daftar hadir peserta didik *)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
..
32
1
Kehadiran dalam Proses belajar mengajar












2
Kemauan mencari sumber materi yang dipelajari












3
Partisipasi aktif dalam proses belajar mengajar












4
Memberi kesempatan semua teman untuk mengajukan pendapat/tidak memonopoli  dalam penyampaian pendapat












5
Tidak membedakan antara pendapat teman pria dan wanita












6
Santun dalam berargumentasi/ mempertahankan hasil praktek yang berbeda












7
Tidak memaksakan kehendak/memaksa teman untuk menerima pendapatnya












8
Tidak gampang menyerah dalam megerjkan soal dan tugas












9
Mau mengakui kesalahannya












10
Ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan












Jumlah BT












Jumlah MT












Jumlah MB












Jumlah MK






























*) Diisi dengan:
·          BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·          MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·          MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
·          MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

   X.    Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-           Buku Paket Matematika SMA
            Bahan Ajar Berbasis TIK : Ruang Sampel     
            BSE, Buku referensi lain.
            Alat :
     Laptop dan LCD
Lampiran : Penyelesaian Soal penugasan (PR)
Jika 3 buah mata uang logam mempunyai sisi angka ( A) dan sisi gambar (G) dilempar secara bersamaan, maka :

S = { AAA, AAG, AGA, AGG, GAA, GAG, GGA, GGG}

Dari ruang sampel di atas diperoleh:
a.  P adalah kejadian muncul dua gambar
     P = {AGG, GAG, GGA}   

b.  Q adalah kejadian muncul tiga angka
     Q = {AAA}

                                                         Jakarta , Juli 2011
                                                                 Penyusun,


                                                         Guru Mata Pelajaran




Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ