Universal Baitul Amin Studio
Brand Universal Baitul Amin Studio (UBS) diciptakan oleh pengurus Surau Baitul Amin (SBA), H. Akhmad Syukran Bestari, SE, MMSI. Beliau yang lebih dikenal dengan Bang Arie ini pertama kali memunculkan nama brand tersebut pada presentasi video yang beliau buat sendiri untuk diputar pada pembukaan pelatihan Anshor-man II (2006). Video tersebut berisi cuplikan dokumentasi video Anshor-man I sebagai bahan review para anshor sebelum mengikuti pelatihan.
Kali kedua pemunculan brand UBS adalah dalam video tausiyah Ketua Yayasan yang berjudul “Kemana Kita Pergi”. Video yang diputar dalam sesi finalisasi pelatihan Anshor-man III tersebut sudah diproses dengan multitrack video editing. Pada kesempatan itu brand UBS ditampilkan dengan logo yang sudah lebih sempurna. Selanjutnya seluruh video produksi Surau Baitul Amin Sawangan selalu dilabel dengan logo baru.
Aktifitas produksi multimedia memerlukan banyak sumber daya baik berupa data, dokumentasi, dan tenaga kerja. Agar pekerjaan multimedia dapat berjalan lancar, UBS merasa perlu untuk mengintegrasikan diri dengan media informasi SBA lainnya seperti Mozaik Surau dan Flights. Kedua media tersebut sedikit banyak menggunakan sumber data yang sama. Menyikapi hal tersebut maka pada workshop jurnalistik yang diselenggarakan di Surau Dienul Amin Bandung pada Oktober 2008 UBS resmi bergabung dalam Baitul Amin Media Group (BAMG).
Fungsi & Tugas
UBS tidak dibentuk secara sengaja sebagai salah satu ranting manajemen surau. Secara alami UBS terbentuk untuk memenuhi keperluan multimedia dalam kegiatan kesurauan. Oleh karenanya belum ada deskripsi tanggung jawab kerja yang dibukukan.
Walaupun demikian dari berbagai pekerjaan yang terlaksana selama ini dapat dilihat bahwa fungsi UBS di SBA adalah:
Brand Universal Baitul Amin Studio (UBS) diciptakan oleh pengurus Surau Baitul Amin (SBA), H. Akhmad Syukran Bestari, SE, MMSI. Beliau yang lebih dikenal dengan Bang Arie ini pertama kali memunculkan nama brand tersebut pada presentasi video yang beliau buat sendiri untuk diputar pada pembukaan pelatihan Anshor-man II (2006). Video tersebut berisi cuplikan dokumentasi video Anshor-man I sebagai bahan review para anshor sebelum mengikuti pelatihan.
Kali kedua pemunculan brand UBS adalah dalam video tausiyah Ketua Yayasan yang berjudul “Kemana Kita Pergi”. Video yang diputar dalam sesi finalisasi pelatihan Anshor-man III tersebut sudah diproses dengan multitrack video editing. Pada kesempatan itu brand UBS ditampilkan dengan logo yang sudah lebih sempurna. Selanjutnya seluruh video produksi Surau Baitul Amin Sawangan selalu dilabel dengan logo baru.
Aktifitas produksi multimedia memerlukan banyak sumber daya baik berupa data, dokumentasi, dan tenaga kerja. Agar pekerjaan multimedia dapat berjalan lancar, UBS merasa perlu untuk mengintegrasikan diri dengan media informasi SBA lainnya seperti Mozaik Surau dan Flights. Kedua media tersebut sedikit banyak menggunakan sumber data yang sama. Menyikapi hal tersebut maka pada workshop jurnalistik yang diselenggarakan di Surau Dienul Amin Bandung pada Oktober 2008 UBS resmi bergabung dalam Baitul Amin Media Group (BAMG).
Fungsi & Tugas
Salah satu video streaming produksi Universal Baitul Amin Studio yang ditayangkan melalui YouTube. |
Walaupun demikian dari berbagai pekerjaan yang terlaksana selama ini dapat dilihat bahwa fungsi UBS di SBA adalah:
- Merekam dalam bentuk audio video kegiatan kesurauan di bawah Yayasan pada umumnya, dan kegiatan SBA pada khususnya.
- Mengolah rekaman dokumentasi kegiatan kesurauan menjadi presentasi video yang artistik dan deskriptif.
- Merekam fatwa dan tausyiah Ketua Yayasan dalam bentuk audio dan visual
- Mengolah rekaman fatwa menjadi bentuk tayangan multimedia yang diolah secara artistik agar pesan yang tersirat terkomunikasikan dengan baik kepada khalayak sasaran sesuai tujuan.
- Membantu BaitulAmin.org untuk keperluan pengeditan dan pengunggahan paket video streaming.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar