PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Rabu, 12 Februari 2014

Melacak Jejak-jejak Islam di Tanah Papua


Sigit Kamseno
(Redaktur bimasislam.kemenag.go.id dan kontributor di beberapa Media Islam Online)
 
Dalam sebuah kesempatan, penulis pernah berbincang dengan da’i terkenal asal Papua, Ustadz Fadhlan Garamatan mengenai antropologi masyarakat Papua.  Bersama tiga tokoh Papua lainnya, da’i yang dikenal dengan sebutan “ustadz Sabun” itu bercerita mengenai sejarah kerajaan Islam di tanah Papua yang diketahui merupakan daerah minoritas Muslim, bahkan tidak jarang diasosiasikan dengan sebutan daerah Nasrani.
 
Sebetulnyahampir semua peneliti bersepakat bahwa masuknya Islam di Papua diyakini telah ada sebelum agama Nasrani masuk ke Bumi Cendrawasih itunamun demikian hingga saat ini belum diketahui secara pasti kapan hal tersebut terjadi. Di antara para pemerhatipenelitimaupun keturunan  raja-raja di Raja AmpatSorongFakfakKaimanadan Teluk Bintuni-Manokwari masih terdapat silang pendapat mengenai kapan Islam masuk ke daerah Papua. Masih sedikitnya penelitian tentang hal tersebut  amat mungkin disebabkan karena secara sosio-geografis tanah Papua terletak pada daerahperipheral Islam di Nusantarasehingga studi mengenai Islam di Papua luput dari kajian para sejarawan lokal maupun asing.
 
Adalah Toni Victor M. Wanggaimenulis sebuah penelitian serius mengenai kedatangan Islam di Tanah Papua. Dalam penelitian yang merujuk kepada data-data historis PortugisSpanyoldan Belanda serta wawancara dengan keturunan raja-raja di Bumi Papua itudisebutkan bahwa kedatangan Islam di Papua memang lebih belakangan dari pada islamisasi di daerah  lain di Nusantara.
 
Dalam penelitiannyaWanggai menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Papua dibawa oleh kesultanan Bacan di Maluku Utara melalui kontak perdaganganbudaya dan politikSelanjutnya pada abad XVI di bawah Kesultanan Tidoreagama Islam mulai terlembaga ke dalam struktur kerajaan di Kepulauan Raja Ampatyakni kerajaan WaigeoBatantaSalawati dan MisoolPada saat yang sama berdiri juga kerajaan atau ‘pertuanan’ lain di  daerah Fakfak dan Kaimanaantara lain NamatotaRumbatidan PatipiKerajaan Islam ini merupakan kerajaan-kerajaan mini yang diberikan semacam otonomi  danmerupakan subordinat dari kesultanan di Maluku.
 
Sejarah Awal Islamisasi di Papua
 
Hingga saat inidiskursus mengenai kapan Islam masuk ke Papua masih belum usaiKeturunan raja-raja Islam di Papua sendiri saling mengklaim bahwa Islam lebih awal datang ke daerahnya hanya berdasarkan tradisi lisan dan tanpa didukung bukti tertulis maupun arkeologis.
 
Ali Athwa (2004) menyebutkan bahwa masuknya Islam ke Papua tidak terlepas dari pengaruh kerajaan Majapahit dan kerajaan lain di Nusantaraia juga meyakini bahwa jalur masuknya Islam ke Papua adalah melalui MalukuAthwa berpendapat bahwa pemuka-pemuka pesisir di Papua memeluk agama  Islam karena pengaruh dari Kesultanan Islam Bacan di Maluku pada tahun 1520 yang saat itu gencar melebarkan pengaruh ke luar Malukuterutama ke Papua.
 
Sedangkan Frederick Jusuf Onim (2006) memilki pendapat tak serupaMenurutnyaagama Islam baru masuk ke daerah Papua pada abad ke XVIIdan belum memiliki pengaruh apa-apaOnim juga mengatakan sebuah fakta bahwa karena pengaruh Islam yang  tidak signifikan di Papua itulahpulau terbesar kedua di dunia itu acapkali luput dari peta penyebaran Islam duniasekalipun pada abad-abad silam beberapa titik di wilayah Papua telah bersentuhan dengan Islam.
 
Wanggai (2009) membuat pemetaan lebih detail. Menurut Wanggaiada tujuh versi mengenai kedatangan Islam di Papua: versi Papua, Aceh, Arab, JawaBandaBacanserta Ternate dan Tidore dengan karakteristik yang berbedaMenariknyasekalipun meyakini bahwa Islam baru masuk ke Papua pada abad ke XVI, versi Aceh yang digambarkan oleh Wanggai menyebutkan bahwa Islam datang ke Papua sekitar abad XIII, tepatnya pada tahun 1224 dibawa oleh Syekh Iskandar atas titah Syekh Abdurrauf dari Kerajaan Samudera Pasai yang merupakan keturunan ke-27 dari Ulama Sufi terkenal, Abdul Qadir al-Jilani.
 
Mengutip wawancara dengan keturunan Raja PatipiWanggai mengatakan bahwa Iskandar Syah datang ke Papua  dengan membawa Mushaf al-Quran tulisan tangankitab haditskitab-kitab ilmu tauhid dan do’a-do’aSedangkan tiga kitab lainnya dimasukan ke dalam buluh bambu dan ditulis di atas daun koba-kobapohon asli Papua yang mulai punahAdapula manuskrip yang ditulis di atas pelepah kayumirip manuskrip daun lontara.
 
Jika penuturan ini benarmaka penyebaran Islam di Papua sebetulnya satu zaman dengan penyebaran Islam secara massif di tanah Jawaterutama pada masa awal-awal dakwah Walisongo pada abad ke XV, hanya saja penyebaran Islam di Papua memang cenderung lebih lambat dan tidak semassif seperti di pulau-pulau lain di Nusantara.
 
Dalam rentang waktu yang jauhpopulasi Umat Islam di Papua baru meningkat secara signifikan setelah provinsi tersebut bergabung dengan Indonesia pada 1 Mei 1963 disusul dengan masuknya sejumlah transmigran asal SulawesiJawa dan Maluku yang ditempatkan di JayapuraSorongManokwariNabiredan MeraukeSeiring dengan itu bermunculanlah lembaga-lembaga keagamaan Islam seperti MuhammadiyahNahdhatul UlamaHidayatullahdan seterusnya.
 
Peninggalan Islam di Papua
 
Selajur dengan perkembangan dakwah Islam pada masa awal di Papua yang berjalan lambatpeninggalan Islam di Papua tidak sebanyak di daerah lain. Namun demikian bukan berarti hal tersebut menjadikan Papua sepi dari peninggalan Islam.
 
Ada beberapa peninggalan sejarah Islam di Papua, misalnya Masjid Tunasgain di Fakfak TimurMasjid Tubirseram di Kabupaten Fakfakdan yang paling terkenal adalah Masjid Patimburak di Kampung Patimburak  yang sudah berusia ratusan tahun.
 
Di Desa Darembang Kampung Lama juga terdapat peninggalan arkeologis berupa tiang-tiang kayu yang dicatMelihat dari ukiran dan bentuknyatiang-tiang kayu ini diyakini sebagai sokoguru sebuah masjid yang sudah keropos.
 
Demikian juga di daerah Fakfakdalam catatan Wanggaiterdapat lima buah manuskrip yang diduga berumur 800tahun berbentuk kitab dengan berbagai ukuran yang diamanahkan kepada raja Patipi XVI. Manuskrip tersebut adalah sebuah mushaf tua berukuran 50 cm x 40 cm, bertullis tangan di atas kulit kayu yang dirangkai menjadi kitabEmpat lainnya adalah kitab haditstauhiddan kumpulan do’aDalam kitab tersebut terdapat sebuah tapak tangan berupa jari yang terbukaPenginggalan inilah yang diyakini sebagai peninggalan Syaikh Iskandar Syah.
 
Ustadz Fadlan Garamatan sendiri sebagai da’i asli Papua hingga kini masih aktif menyebarkan dakwah Islam di provinsi paling timur Indonesia ituKeturunan Raja Patipi itu membangun sebuah Pesantren di daerah Bekasi untuk anak-anak Papua dengan pertimbangan bahwa proses pendidikan akan terasa sulit jika pesantren tersebut dibangun di tanah kelahirannyaMenurutnyahal ini berdasarkan pertimbangan bahwa secara tradisipara orang tua di Papua akan selalu memanggil anaknya pulang ke rumah dan tidak akan pernah membiarkan anaknya menginap di pesantrententu saja hal inimengakibatkan proses belajar santri yang diharapkan menjadi du’at di tanah papua itu akan terhambat.
 
Fakta ini sekaligus menjadi sebuah pelajaran berharga bagi para da’i di daerah lain bahwa dakwah Islam di berbagai tempat memang memiliki corak dan karakter yang khas sesuai dengan kultur lokal setempatWallahu a’lam
- See more at: http://bimasislam.net/post/opini/melacak-jejak-jejak-islam-di-tanah-papua#sthash.B8PkaYBO.dpuf

Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ