KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SMA TAHUN 2014/2015
|
No.
|
StandarKompetensi
|
KompetensiDasar
|
IndikatorSoal
|
No. Urut
|
|
1.
|
Memahamiayat-ayat
Al-Qur’an tentangmanusiadantugasnyasebagaikhalifah di bumi.
|
Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang manusiadantugasnyasebagaikhalifah
di bumi, peserta didik dapat mengidentifikasihukumbacaantajwid.
|
1.
|
|
2.
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang Demokrasi.
|
Menyebutkanarti QS Ali Imran: 159
dan QS Asy Syura: 38.
|
Ditampilkan penggalan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang
demokrasi, peserta didik dapat menunjukkanterjemahannya.
|
2.
|
|
3.
|
Memahamiayat-ayat al Qur’an
tentangperintahmenyantunikaumDhu’afa.
|
Menampilkan perilaku menyantuni kaum
Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang menyantuni kaum Dhu’afa, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai
dengan ayat tersebut.
|
3.
|
|
4.
|
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup.
|
Menjelaskan
arti QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf:
56-58, dan QS Ash Shad: 27.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat mengartikanpenggalan teks ayat tersebut.
|
4.
|
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup, pesertadidikdapatmenyimpulkanisikandungan ayat tersebut
|
5.
|
|||
|
5.
|
Memahamiayat-ayat al-Qur’an tentanganjuranbertoleransi.
|
Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS
Al-Kahfi: 29.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi yang tidaklengkap, peserta didik dapat
melengkapiayat tersebut.
|
6.
|
|
Menjelaskan
arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41,
dan QS Al-Kahfi: 29.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi, peserta didik dapat menunjukkankandungan ayat tersebut.
|
7.
|
||
|
Membiasakan
perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus:
40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan ayat
tersebut.
|
8.
|
||
|
6.
|
Memahamiayat-ayat
al-Qur’an tentangetoskerja.
|
Membaca QS
Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja, peserta
didik dapat menunjukkanhukumbacaan ayat tersebut.
|
9.
|
|
Membiasakan
beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah:
9-10.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja,
peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan ayat
tersebut.
|
10.
|
||
|
7.
|
Memahami ayat-ayat al Quran tentang pengembangan IPTEK.
|
Menjelaskan
arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat /
penggalanayatAl Qur’an tentang IPTEK,
peserta didik dapat menunjukkanterjemahan ayat tersebut.
|
11.
|
|
Melakukan
pengembangan IPTEK seperti
terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS
Al-Baqarah: 164.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang IPTEK, peserta
didik dapat menunjukkancontoh pengembangan IPTEK sesuai
dengan kandungan ayat tersebut.
|
12.
|
||
|
8.
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah
melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
|
Disajikannarasitentangsifat
Allah yang berkaitandengankehidupanmanusia, pesertadidikdapatmenganalisis makna salahsatudari 10 sifat Allah SWT dalamAsma’ulHusna.
|
13.
|
|
9.
|
Meningkatkan
keimanan kepada Malaikat.
|
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Malaikat
|
Disajikan
narasi tentang perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat menunjukkan tanda tanda
beriman kepada Malaikat.
|
14.
|
|
10.
|
Meningkatkan
keimanan kepada Kitab-kitab Allah.
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.
|
Disajikan contoh
kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkancontohperilaku yang mencerminkan keimanan terhadap
Kitab-kitab Allah.
|
15.
|
|
11.
|
Meningkatkan
keimanan kepada Rasul rasul Allah.
|
Menunjukkan contoh-contoh perilaku
beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
Ditampilkan kisahsingkatseorangRasul Allah, peserta didik dapat menunjukkan hikmah
beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
16.
|
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikancontohkasustentangkehidupan
di masyarakat, pesertadidikdapatmengidentifikasicontohsikapberimankepadaRasul-rasul
Allah.
|
17.
|
||
|
12.
|
Meningkatkan
keimanan kepada Hari Akhir.
|
Menjelaskan kehidupan
setelah Hari
Akhir.
|
Disajikanilustrasiperistiwahariakhir,
pesertadidikdapatmenjelaskan fase-fase kehidupan
akhirat.
|
18.
|
|
Menerapkanhikmahberimankepadahariakhir.
|
Ditampilkannarasitentanghariakhir, pesertadidikdapatmenganalisis hikmahberimankepadahariakhir.
|
19.
|
||
|
13.
|
Meningkatkan
keimanan kepada qadha dan qadar.
|
Menjelaskan tanda-tanda keimanan
kepada qadha’ dan qadar.
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap menerima qadar Allah SWT.
|
20.
|
|
14.
|
Membiasakanperilakuterpuji.
|
Menyebutkancontoh-contohperilakuhusnuzzhanterhadap
Allah, dirisendiridansesamamanusia.
|
Disajikandeskripsitentangkebiasaanberperilakuterpuji,pesertadidikdapatmenunjukkancontohhusnuzzhanterhadapsesamamanusia.
|
21.
|
|
|
Menampilkan contoh-contoh
adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
|
Disajikan ilustrasi tentang bepergianjauh, peserta didik
dapat memilih contoh do’a
bepergian jauh.
|
22.
|
|
|
Membiasakan
perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi tentang
kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik dapat menentukancontoh perilaku raja.
|
23.
|
||
|
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan menghargaikarya orang lain, peserta didik dapat menunjukkancontohperilaku menghargai karya
orang lain.
|
24.
|
||
|
15.
|
Membiasakan berperilaku terpuji.
|
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan deskripsi tentangperilakuseseorang, peserta didik
dapat menunjukkan caramenghindari perbuatan dosa besar.
|
25.
|
|
Menampilkan
contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
|
Disajikan ilustrasi tentang
kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
perilaku ridha.
|
26.
|
||
|
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku
terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku adil dalam memimpin.
|
27.
|
||
|
Menampilkan
contoh perilaku persatuan dan kerukunan.
|
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan
berperilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan hikmah menjaga
persatuan.
|
28
|
||
|
Membiasakan
perilaku persatuan dan kerukunan.
|
Disajikan deskripsi tentang kebiasaan perilaku
terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku membangun kerukunan.
|
29.
|
||
|
16.
|
Menghindari Perilaku Tercela.
|
Menjelaskan
contoh perilaku Isyraf, Tabzir,
Ghibah dan Fitnah.
|
Disajikan ilustrasi tentang
kebiasaan berperilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkancaramenghindaritabzir.
|
30.
|
|
Menghindari
perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela,
peserta didik dapat menentukan hikmah menghindari perilaku ghibah.
|
31.
|
||
|
17.
|
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan
hikmah ibadah.
|
Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an,
Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
Disajikanpernyataan tentangsumberhukum Islam,
pesertadidikdapatmenunjukkankedudukanhaditssebagaisumberhukumIslam.
|
32.
|
|
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
ilustrasi tentang fenomena kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat
menunjukkan hukum taklifi dari fenomena tersebut.
|
33.
|
||
|
18.
|
Memahami hukum
Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
|
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan
wakaf.
|
Disajikanwacanatentangpermasalahanzakat, pesertadidikdapatmenunjukkan
undang-undang zakat di Indonesia.
|
34.
|
|
19.
|
Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah.
|
Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikandeskripsitentangekonomi
Islam, pesertadidikdapatmengidentifikasitransaksisesuaidenganketentuan syariah.
|
35.
|
|
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikanilustrasitentangkerjasama ekonomi dalam Islam, pesertadidikdapatmenentukanhikmahmenjauhiriba.
|
36.
|
||
|
20.
|
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
|
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah.
|
Disajikandeskripsitentang kematian, pesertadidikdapatmengurutkantatacarashalatjenazah.
|
37.
|
|
21.
|
Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
|
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah.
|
Disajikan deskripsi tentang khutbah, peserta didik dapat membedakankhutbahjum’atdenganda’wah.
|
38.
|
|
22.
|
Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga.
|
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam.
|
Disajikanilustrasitentangpernikahan,
pesertadidikdapat menunjukkanketentuanmenggunakanwali
hakim sebagaiwalinikah menuruthukum Islam.
|
39.
|
|
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia.
|
Disajikandeskripsitentangpernikahan,
pesertadidikdapatmenunjukkanketentuanpernikahanmenurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
|
40.
|
||
|
23.
|
MemahamiHukum
Islam tentangWaris.
|
Menjelaskan ketentuan hukum Waris.
|
Disajikan ilustrasi tentang waris, peserta didik dapat
mengidentifikasi sebab-sebab seseorang
terhalang mendapat waris.
|
41.
|
|
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris.
|
Disajikan contoh wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan
beberapa ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang diterima oleh
masing-masing ahli waris.
|
42.
|
||
|
24.
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Makkah.
|
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah.
|
Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah
Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menjelaskan strategi da’wah
Rasululullah SAW di Makkah.
|
43.
|
|
25.
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Madinah.
|
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode
Madinah.
|
Disajikan kisah
singkat da’wah Rasulullah periode Madinah, peserta didik dapat mengidentifikasiisiPiagam Madinah.
|
44.
|
|
26.
|
Memahamiperkembangan Islam pada abad pertengahan (1250
– 1800).
|
Menyebutkan
contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
|
Disajikan sejarah singkat
sejumlah perkembangan Islam abad
pertengahan, peserta didik dapat menunjukkancontohtokoh Islam pada abad pertengahan.
|
45.
|
|
27.
|
Memahami perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang).
|
Menjelaskan
perkembangan Islam pada masa modern .
|
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam pada masa
modern, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh gerakan modernisasi
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
|
46.
|
|
28.
|
Memahami
perkembangan Islam di Indonesia.
|
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan sejarah
singkat masuknya Islam keIndonesia, peserta didik dapat menunjukkanfaktor-faktor yang menyebabkan
Islam berkembangdengancepat di Indonesia.
|
47.
|
|
Menampilkan
contoh perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di
Indonesia, peserta didik dapat menganalisis contoh data perkembangan Islam di Indonesia.
|
48.
|
||
|
29.
|
Memahami perkembangan Islam di dunia.
|
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia.
|
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat menunjukkancontoh perkembangan Islam di dunia.
|
49.
|
|
Mengambil
hikmah dari perkembangan Islam di dunia
|
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia,
peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah
perkembangan Islam di dunia.
|
50.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar