PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Kamis, 12 Maret 2015

KISI-KISI USBN PAI 2015

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA TAHUN 2014/2015

No.
StandarKompetensi
KompetensiDasar
IndikatorSoal
No. Urut
1.        
Memahamiayat-ayat Al-Qur’an tentangmanusiadantugasnyasebagaikhalifah di bumi.
Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang manusiadantugasnyasebagaikhalifah di bumi, peserta didik dapat mengidentifikasihukumbacaantajwid.
1.        
2.        
Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi.
Menyebutkanarti QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38.
Ditampilkan penggalan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang demokrasi, peserta didik dapat menunjukkanterjemahannya.
2.        
3.        
Memahamiayat-ayat al Qur’an tentangperintahmenyantunikaumDhu’afa.
Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang menyantuni kaum Dhu’afa, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.
3.        
4.        
Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Menjelaskan arti  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat mengartikanpenggalan teks ayat tersebut.
4.        
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, pesertadidikdapatmenyimpulkanisikandungan ayat tersebut
5.        
5.        
Memahamiayat-ayat al-Qur’an tentanganjuranbertoleransi.
Membaca  QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi yang tidaklengkap, peserta didik dapat melengkapiayat tersebut.
6.        
Menjelaskan arti  QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi, peserta didik dapat menunjukkankandungan ayat tersebut.
7.        
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.
8.        
6.        
Memahamiayat-ayat al-Qur’an tentangetoskerja.
Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja, peserta didik dapat menunjukkanhukumbacaan ayat tersebut.
9.        
Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.
10.    
7.        
Memahami ayat-ayat al Quran tentang pengembangan IPTEK.
Menjelaskan arti  QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat  / penggalanayatAl Qur’an tentang IPTEK, peserta didik dapat menunjukkanterjemahan ayat tersebut.
11.    
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang IPTEK, peserta didik dapat menunjukkancontoh pengembangan IPTEK sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
12.    
8.        
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.










Disajikannarasitentangsifat Allah yang berkaitandengankehidupanmanusia, pesertadidikdapatmenganalisis makna salahsatudari 10 sifat  Allah SWT dalamAsma’ulHusna.
13.    
9.        
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.

Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
Disajikan narasi tentang perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan tanda tanda beriman kepada Malaikat.
14.    
10.    
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkancontohperilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.
15.    
11.    
Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah.
Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Ditampilkan kisahsingkatseorangRasul Allah, peserta didik dapat menunjukkan hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah.
16.    
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikancontohkasustentangkehidupan di masyarakat, pesertadidikdapatmengidentifikasicontohsikapberimankepadaRasul-rasul Allah.
17.    
12.    
Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir.

Menjelaskan kehidupan setelah  Hari
Akhir.
Disajikanilustrasiperistiwahariakhir, pesertadidikdapatmenjelaskan fase-fase kehidupan akhirat.

18.    
Menerapkanhikmahberimankepadahariakhir.
Ditampilkannarasitentanghariakhir, pesertadidikdapatmenganalisis hikmahberimankepadahariakhir.

19.    
13.    
Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar.
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar.

Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap menerima qadar Allah SWT.
20.    
14.    
Membiasakanperilakuterpuji.
Menyebutkancontoh-contohperilakuhusnuzzhanterhadap Allah, dirisendiridansesamamanusia.
Disajikandeskripsitentangkebiasaanberperilakuterpuji,pesertadidikdapatmenunjukkancontohhusnuzzhanterhadapsesamamanusia.

21.    

Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
Disajikan ilustrasi tentang bepergianjauh, peserta didik dapat memilih contoh do’a bepergian jauh.
22.    
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik dapat menentukancontoh perilaku raja.
23.    
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan menghargaikarya orang lain, peserta didik dapat menunjukkancontohperilaku menghargai karya orang lain.
24.    
15.    
Membiasakan berperilaku terpuji.
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan deskripsi tentangperilakuseseorang, peserta didik dapat menunjukkan caramenghindari  perbuatan dosa besar.
25.    
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku ridha.
26.    
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku adil dalam memimpin.
27.    
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan.
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan hikmah menjaga persatuan.
28
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan.
Disajikan deskripsi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku membangun kerukunan.
29.    
16.    

Menghindari Perilaku Tercela.
Menjelaskan contoh perilaku Isyraf, Tabzir, Ghibah dan Fitnah.
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkancaramenghindaritabzir.

30.    
Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menentukan hikmah menghindari perilaku ghibah.
31.    
17.    
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Disajikanpernyataan tentangsumberhukum Islam, pesertadidikdapatmenunjukkankedudukanhaditssebagaisumberhukumIslam.
32.    
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang fenomena kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan hukum taklifi dari fenomena tersebut.
33.    
18.    
Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
Disajikanwacanatentangpermasalahanzakat,  pesertadidikdapatmenunjukkan undang-undang zakat  di Indonesia.
34.    
19.    
Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah.
Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam.
Disajikandeskripsitentangekonomi Islam, pesertadidikdapatmengidentifikasitransaksisesuaidenganketentuan syariah.
35.    
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Disajikanilustrasitentangkerjasama ekonomi dalam Islam, pesertadidikdapatmenentukanhikmahmenjauhiriba.
36.    
20.    
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah.
Disajikandeskripsitentang kematian, pesertadidikdapatmengurutkantatacarashalatjenazah.
37.    
21.    
Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah.
Disajikan deskripsi tentang  khutbah, peserta didik dapat membedakankhutbahjum’atdenganda’wah.
38.    
22.    
Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga.
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam.
Disajikanilustrasitentangpernikahan, pesertadidikdapat menunjukkanketentuanmenggunakanwali hakim sebagaiwalinikah menuruthukum Islam.
39.    
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
Disajikandeskripsitentangpernikahan, pesertadidikdapatmenunjukkanketentuanpernikahanmenurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
40.    
23.    
MemahamiHukum Islam tentangWaris.
Menjelaskan ketentuan hukum Waris.
Disajikan ilustrasi tentang waris, peserta didik dapat mengidentifikasi  sebab-sebab seseorang terhalang mendapat waris.
41.    
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris.
Disajikan contoh wafatnya seseorang dengan  meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing ahli waris.
42.    
24.    
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah.













































Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menjelaskan strategi da’wah Rasululullah SAW di Makkah.
43.    
25.    
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.

Disajikan kisah singkat da’wah Rasulullah periode Madinah, peserta didik dapat mengidentifikasiisiPiagam Madinah.

44.    
26.    
Memahamiperkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800).
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Disajikan sejarah singkat sejumlah perkembangan  Islam abad pertengahan, peserta didik dapat menunjukkancontohtokoh  Islam  pada abad pertengahan.
45.    
27.    
Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern .
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam pada masa modern, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh gerakan modernisasi Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
46.    
28.    
Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan sejarah singkat masuknya Islam keIndonesia, peserta didik dapat menunjukkanfaktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembangdengancepat di Indonesia.
47.    
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menganalisis contoh data  perkembangan Islam di Indonesia.
48.    
29.    
Memahami perkembangan Islam di dunia.
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam  di dunia, peserta didik dapat menunjukkancontoh perkembangan Islam di dunia.
49.    
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di dunia.
50.    

Jakarta, 5 Januari 2015

Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ