LEMBAR
KERJA
INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PEER
TEACHING)
1. Nama Peserta : .................................................
2. Unit Kerja :
.................................................
Aspek
yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
Apersepsi dan Motivasi
|
|
|
|
|
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
|
|
|
|
2
|
Mengajukan
pertanyaan menantang.
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran.
|
|
|
|
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang
terkait dengan materi.
|
|
|
|
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
|
|
|
|
|
1
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik.
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
Penguasaan Materi Pelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Kemampuan menyesuaikan
materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Kemampuan mengkaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
3
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
|
|
|
4
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
Penerapan Strategi Pembelajaran
yang Mendidik
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai.
|
|
|
|
2
|
Menfasilitasi kegiatan
yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan pembelajaran
secara runtut.
|
|
|
|
4
|
Menguasai kelas.
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan pembelajaran
yang bersifat kontekstual.
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan pembelajaran
yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
alokasi waktu yang direncanakan.
|
|
|
|
Penerapan
Pendekatan scientific
|
|
|
|
|
1
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
|
|
|
|
2
|
Memancing peserta didik untuk bertanya.
|
|
|
|
3
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.
|
|
|
|
4
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati.
|
|
|
|
5
|
Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis.
|
|
|
|
6
|
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses
berpikir yang logis dan sistematis).
|
|
|
|
7
|
Menyajikan kegiatan
peserta didik untuk berkomunikasi.
|
|
|
|
Pemanfaatan
Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan
sumber belajar pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
|
|
|
|
3
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|
|
|
4
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
|
|
|
5
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|
|
|
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|
|
|
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik.
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons
peserta didik.
|
|
|
|
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang
kondusif.
|
|
|
|
5
|
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.
|
|
|
|
Penggunaan
Bahasa yang Benar
dan Tepat dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan
lancar.
|
|
|
|
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|
|
|
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|
|
|
2
|
Memberihan
tes lisan atau tulisan .
|
|
|
|
3
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio.
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan.
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar