SILABUS MATA KULIAH SEMESTER
GENAP
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Mata Kuliah
:
Telaah Kurikulum
PAI
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : PAI
Program : Strata 1 (S-1)
Bobot : 2 sks
Kompetensi Dasar
Mahasiswa
mampu memahami konsep dan implementasi kurikulum PAI dan
dapat mengembangkannya di sekolah/madrasah berbasis kurikulum 2013.
Indikator Kompetensi
Mahasiswa dapat:
|
1. Mengetahui hakikat kurikulum dalam
pendidikan
|
|
2. Mengetahui konsep dasar pengembangan
kurikulum
|
|
3. Mengetahui kebijakan umum implementasi
kurikulum 2013
|
|
4. Mengetahuikarakteristik kurikulum 2013
|
|
5. Mengetahuistruktur kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs
|
|
6. Mengetahuistruktur kurikulum 2013 tingkat SMA/MA/SMK
|
|
7. Menelaah matapelajaran Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti tingkat SMP/MTs
|
|
8. Menelaah matapelajaran Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti tingkat SMA/MA/SMK
|
|
9. Mengembangkan perangkat pembelajaran
(silabus dan RPP) Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tingkat SMP/MTs
10.
Telaah buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs
11. Telaah
buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 Tingkat SMA/MA/SMK
|
|
12. Mengembangkan perangkat pembelajaran
(silabus dan RPP) Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tingkat SMA/MA/SMK
|
|
13. Mengembangkan perangkat evaluasi Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti tingkat SMP/MTs
|
|
14. Mengembangkan perangkat evaluasi Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti tingkat SMA/MA/SMK.
15.
Pembelajaran PAI yang Inovatif
16.
Pembelajaran PAI Berbasis ICT
|
Topik Inti
|
1. Hakikat
kurikulum dalam pendidikan
|
|
2. Konsep dasar pengembangan kurikulum
|
|
3. Kebijakan umum implementasi kurikulum 2013
|
|
4. Karakteristik
kurikulum 2013
|
|
5. Struktur kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs
|
|
6. Struktur kurikulum 2013
tingkat SMA/MA/SMK.
|
|
7. Telaah matapelajaran Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti tingkat SMP/MTs
|
|
8. Telaah matapelajaran Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti tingkat SMA/MA/SMK
9.
Telaah buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs
10. Telaah
buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 Tingkat SMA/MA/SMK
|
|
11. Perangkat pembelajaran (silabus dan RPP)
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tingkat SMP/MTs
|
|
12. Perangkat pembelajaran (silabus dan RPP)
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tingkat SMA/MA/SMK
|
|
13. Perangkat evaluasi Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti tingkat SMP/MTs
|
|
14. Perangkat evaluasi Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti tingkat SMA/MA/SMK.
15.
Pembelajaran PAI yang Inovatif
16.
Pembelajaran PAI Berbasis ICT
|
Referensi
1.
Dokumen Kurikulum 2013
2.
Permendiknas tentang kurikulum 2013
3.
John D. Mc. Neil, Curriculum : A Comprehensive
Introduction, Scott, Foresman/Little, Brown Higher Education, Illionis,
1990
4.
S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Jemmars, Bandung,
1986
5.
Peter F. Oliva, Developing the Curriculum, Little,
Brown and Company, Boston, 1982
6.
J. Galen Saylor dan William M. Alexander, Curriculum
Planning for Better Teaching and Learning, Holt, Rinehart, and Winston,
1974
7.
Hilda Taba, Curriculum Development : Theory and Practice,
Harcourt, Brace & World, Inc., New York, 1962
8.
Miftahuddin, Menggagas Kurikulum Pendidikan Islam
Humanis, STAIN Salatiga Press, 2003
9.
Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan
Pengembangan Kurikulum, Bina Aksara, 1996
10. M. Athiyah
al-Abrasy, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Isa al-Babiy
al-Halabiy, Kairo, 1969
11. Syeh Muhammad
al-Naquib al-Attas, Aims and Objectives of Islamic Education,
Hodder and Stoughton, King Abdul Aziz University Press, Chicago, 1982
12. Abu Hamid
Mumahammad bin Muhammad al-Ghazaliy, Ihya’ Ulum al-Din, Juz I,Dar
al-Fikr, Mesir, 1991
13. Abdurrahman
an-Nahlawiy, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyaah wa Asalibuha, terj. H.
Noer Ali, Diponegoro Press, Bandung, 1989
14. Ibn Khaldun, The
Muqaddimah, terj. Franz Rosenthal, Princeton University Press, Princeton,
1981
Tidak ada komentar:
Posting Komentar