PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Rabu, 01 April 2015

카 리 사

Dibaca : Hangeul
Pelajaran pertama yaitu mengetahui aturan-aturan yang belaku. Bisa dilihat gambar kalimat hangeul diatas. Nah, yang berwarna kuning itu adalah huruf depan, berwana biru itu adalah huruf vokal, berwarna hijau adalah huruf belakang. Template inilah yang selalu kita gunakan saat menulis kata dalam huruf Hangeul.

Pelajaran Kedua

Mengenal huruf-huruf. Perhatikan kotak yang diberi warna biru muda adalah huruf-huruf basisnya.
Huruf Depan
Sedangkan huruf yang diberi kotak biru tua adalah hanya penggandaan dua huruf dari basis, contohnya g ㄱ yang berubah menjadi kk ㄲ.

Huruf Vokal
Pada huruf vokal, lihatlah huruf-huruf Dasar pada baris pertama. Itu lah huruf-huruf vokal basisnya.

Huruf Belakang
Pada dasarnya huruf-huruf belakang sama seperti huruf yang di depan. Tetapi ada aturan-aturan tambahan yang biasanya sebagai penghubung antar kata. Jika dalam kata memang hanya ada dua huruf hangeul dan huruf setelahnya tidak ada aturan tambahan maka huruf belakang ini tidak digunakan. Contohnya jika menulis  nama "YU RI = 유리".
Aturan tambahan itu seperti yang kamu lihat pada jajaran huruf "L", huruf "lg" adalah penyatuan hangeulnya huruf l dan g, dst.
Tetapi ada yang berbeda pengucapannya, huruf/konsonan "s ㅅ" jika ditempatkan di huruf belakang, pengucapannya menjadi "t ㅌ". Contoh di tulisannya Hot bukan 홑 tapi 홋

Latihan

Practice makes perfect. Oke langsung saja latihan membuat kata. Mulai dari kata-kata sederhana dalam bahasa Indonesia seperti budi, mandi, di, kali. 
Karena hangeul dituliskan berdasarkan cara pengucapan, jadi kamu bisa nulis apa saja dalam huruf hangeul disesuaikan dengan pengucapan. contohnya nama "jacky" jika dibaca "jeki" dan jika ditulis dengan hangeul menjadi "je ki".
Jika setiap hari menulis nama teman-teman kamu, nama artis-artis korea dan sebuah kata dalam bahasa korea lama kelamaan kamu pasti bisa membaca lancar kalimat yang ditulis dengan huruf korea.

Contoh penulisan yang ada huruf depanhuruf vokal dan huruf belakang :
Shin dong : S=ㅅ, i=ㅣ, n=ㄴ jadi  dan d=ㄷ, o=ㅗ, ng=ㅇ jadi 
Gang nam : G=ㄱ, a=ㅏ, ng =ㅇ jadi  n=ㄴ, a=ㅏ, m=ㅁ jadi 
Ban dung : B=ㅂ, a=ㅏ, n=ㄴ jadi  d=ㄷ, u=ㅜ, ng=ㅇ jadi 

Contoh penulisan yang hanya ada huruf depan dan huruf vokal :
Kim Tae Yeon = 김
Park Cho Rong = 팍
Den di =덴 
Kam pu seu = 캄푸

Contoh penulisan yang hanya ada huruf vokal dan huruf belakang :
Jung Eun Ji = 중 지
Im Yoon Ah = 임윤아
Al fi = 

Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ