Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT di Sekolah
Layanan
Pelatihan ICT untuk sekolah khususnya SSN dan SBI rasional. Kebutuhan
akan multimedia interaktif semakin dirasakan, mengingat kondisi
perkembangan tekhnologi Informasi (IT) semakin berkembang pesat. Dalam
dunia pendidikan misalnya siswa mulai dari pra sekolah, SD, SMP dan
SMU/SMK dituntut untuk mengenal IT sejak dini. Kebutuhan ini tidak hanya
sebagai wacana tetapi didelegasi melalui terbitnya kurikulum 2004 yang
memasukan mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di
sekolah, lebih khusus lagi SMK IT secara spesifik mempelajari IT sebagai
suatu keahlian produktif. Untuk menunjang masuknya IT di sekolah,
pemerintah secara bertahap membantu sekolah-sekolah dengan memberikan
perangkat hardware komputer sebagai alat praktek dan ditunjang dengan
diberikannya BOM (bantuan operasional manajemen) yang salah satunya
harus dibelanjakan untuk membeli software komputer untuk menunjang
pembelajaran IT dan penguasaan materi pelajaran umum dengan bantuan IT.
Dengan
demikian jelas bahwa kebutuhan bahan pembelajaran berbasis ICT sebagai
alat untuk membantu siswa menguasai IT dan materi pelajaran umum lainnya
dengan lebih cepat, menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar,
menjadi kebutuhan yang mendesak untuk tercapainya kualitas pembelajaran
yang diharapkan. Atas dasar pentingnya bahan pembelajaran berbasis ICT
yang dirancang oleh guru bagi peningkatan kualitas pembelajaran yang
berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan untuk kepentingan
publikasi komunikasi dan informasi lembaga, maka sudah menjadi kebutuhan
yang mendesak adanya peningkatan kemampuan para pelaku
pendidikan/pelatihan terutama guru untuk memiliki kemampuan dalam
merancang multimedia interaktif untuk mengemas berbagai materi-materi
pelajaran. Dengan demikian diperlukan adanya kegiatan pelatihan
pembuatan multimedia interaktif berbasis komputer.
JENIS KEGIATAN PENGEMBANGAN
Terdapat
eberapa jenis kegiatan pengembangan kompetensi guru
SD/MI,SMP/MTS,SMA/MA dan SMK dalam penguasaan ICT untuk diintegrasikan
dalam kegiatan pembelajaran, yakni: pelatihan pembuatan desain
presentasi multimedia yang meliputi desain pesan dan penguasaan tool
multimedia projector, pelatihan pembuatan CD interaktif berbagai mata
pelajaran, pelatihan internet dasar dan pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar efektif, pelatihan pembuatan web blog dan pelatihan
pembuatan desain web untuk E-learning dan learning management system
(LMS).
TUJUAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
Para
guru memiliki kompetensi dalam pembuatan desain presentasi multimedia
yang meliputi desain pesan dan penguasaan tool multimedia projector,
para guru memiliki kompetensi dalam pembuatan CD interaktif berbagai
mata pelajaran yang dikuasainya untuk digunakan dalam PBM, para guru
memiliki kompetensi dalam penguasaan internet dasar dan pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar efektif, para guru memiliki kompetensi
dalam pembuatan web blog dan para guru memiliki kompetensi dalam
pembuatan desain web untuk E-Learning dan learning management System
(LMS).
MATERI PELATIHAN
Pelatihan
pembuatan desain presentasi multimedia yang meliputi desain pesan dan
penguasaan tool multimedia projector meliputi power point 2003/2007
basic dan enrichment, power point to flash, articulate presenter, teknik
penggunaan (use) dan pemeliharaan (maintenance) multimedia projector
(all brand all type), dan prinsip-prinsip desain presentasi sesuai
dengan kaidah komunikasi visual teknologi pembelajaran.
PELATIHAN PEMBUATAN CD INTERAKTIF BERBAGAI MATA PELAJARAN
Meliputi
konsep dasar multimedia interaktif, teknik pembuatan flowchart dan
storyboard, desain grafis untuk multimedia interaktif, programming
dengan macromedia flash dan macromedia director, dan animasi dengan
Swish Max dan 3D cool.
PELATIHAN INTERNET DASAR DAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR EFEKTIF
Meliputi
sejarah internet, trik browsing untuk pencarian bahan pembelajaran yang
efektif, mendaftar dan memelihara email,Chatting, milling list dan news
group dan teknik download text, animasi dan video.
PELATIHAN PEMBUATAN WEB BLOG
Meliputi
konsep, fungsi dan manfaat web blog, trik customis dan desain template
web blog, dan management web blog sebagai bahan pembelajaran yang
efektif.
PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN WEB UNTUK E-LEARNING DAN LMS
Meliputi
Konsep, prinsip dan prosedur e-learning, perancangan naskah untuk
e-learning, desain web dengan Adobe dreamweaver atau microsoft front
page, data base management system denagn MySQL dan pemanfaatan
e-learning menggunakan software open source.
PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR CETAK BERBASIS KOMPUTER
Meliputi
konsep, prinsip dan prosedur pembuatan bahan ajar cetak berbasis ICT,
teknik pembuatan brosur, liflet, banner, poster, komik, dll. Pengolahan
objek gambar dengan adobe photoshop CS dan pembuatan bahan ajar berbasis
vektor dengan corel draw untuk: mengatur layout, membuat logo.
OUTPUT
Dihasilkannya
produk media presentasi hasil rancangan guru yang membuat berbagai mata
pelajaran yang dikuasainya mulai IPA,IPS,Matematika,Bahsa,Agama dan
lain-lain, dihasilkannya naskah-naskah CD interaktif hasil buatan guru
yang dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi produk CD interaktif,
dihasilkannya produk CD interaktif yang inovatif, kreatif, edukatif dan
menyenangkan hasil rancangan guru yang membuat berbagai mata pelajaran
yang dikuasainya mulai IPA,IPS,atematika,Bahasa,Agama dan lain-lain.
Dihasilkannya produk media dan sumber belajar yang diambil dari internet
hasil pencarian guru yang membuat berbagai mata pelajaran yang
dikuasainya. Bahan-bahan tersebut berupa :
- Jurnal dan artikel pendidikan,
- Hasil penelitian khususnya PTK,
- Video pembelajaran,
- Buku-buku bermanfaat dalam bentuk e-book,
- Foto-foto sebagai bahan pembelajaran, serta
- Animasi bahan pembelajaran dalam bentuk SWF. Dihasilkannya web blog guru unutk profil pribadi, sekolah maupun bahan pembelajaran.
SUMBER:Jambi Independent, 28 JULI 2009.