PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Rabu, 08 Juni 2011

PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QOBISI

BAB I 
PENDAHULUAN

         Secara alamiah, manusia tumbuh dan berkembang sejak dalam kandungan sampai meninggal, mengalami proses tahap demi tahap. Pola perkembangan manusia dan kejadian alam semesta yang berproses demikian adalah berlangsung diatas hukum alam yang ditetapkan Allah sebagai "sunnatullah "
Pendidikan sebagai usaha membina dan memngembanglkan pribadi manusia dari aspek-aspek rohaniah dan jasmaniah juga harus berlangsung secara bertahap oleh karena suatu kematangan yang bertitik akhir pada optimalisasi perkembangan atau pertumbuhan baru dapat tercapai bilamana berlangsung melalui proses demi proses ke arah tujuan akhir perkembangan atau pertumbuhannya.
          Tidak ada satupun makhluk ciptaan Allah di atas bumi yang dapat mencapai kesempurnaan atau kematangan hidup tanpa berlangsung melalui suatu proses. Akan tetapi proses yang diinginkan dalam usaha kependidikan adalah proses yang terarah dan bertujuan yaitu mengarahkan anak didik (manusia) kepada titik optimal kemampuannya. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah terbentuknya kepribadian yang bulat dan utuh sebagai manusia individual dan sosial serta hamba Allah yang mengabdikan diri kepadaNYA. Pendidikan merupakan bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja terhadap anak didik oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa. Dalam perkembangan selanjutnya pendidikan berarti usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang agar ia menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup dan penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental. Dengan demikian pendidikan berarti, segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohani.
            Dalam dunia pendidikan dewasa ini berkembang pemikiran tentang pentingnya mengubah paradigma pendidikan, karena pendidikan yang ada sekarang belum mampu mengantarkan anak didik menjadi manusia sesungguhnya. Pendidikan yang seyogyanya diartikulasi sebagai upaya memanusiakan manusia justru telah mengarah pada dehumanisasi, yaitu menjadikan manusia seperti kehilangan arah dan tujuan hidup serta semakin tereliminasi dari hakikat kemanusiaannya. Pendidikan telah dipahami pada pengertian Schooling saja dan dibatasi hanya pada pengembangan intelektual, spectrum intelegensi intelektual manusia didongkrak sedemikian rupa sementara intelegansi emosional diabaikan, hasilnya adalah manusia pintar yang dikuasai oleh nilai-nilai keserakahan, kekerasan, dan tumpulnya rasa kemanusiaan.
              Disisi lain kendati pendidikan agama di Indonesia saat ini telah ditetapkan sebagai satuan kurikulum atau materi pelajaran yang harus disampaikan pada semua jenjang, namun ternyata belum sepenuhnya optimal mengantarkan anak didik menjadi manusia dalam kedudukannya sebagai makhluk Tuhan. Pendidikan agama sepertinya lebih dititikberatkan pada ranah kognitif saja karenanya sangat mungkin sekali akan lahir anak didik yang mampu menghafal koidah-koidah normative dengan lancar dan fasih, tetapi tidak cukup cerdas untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
             Memahami pendidikan Islam tidak semudah mengurai kata Islam dan Pendidikan, karena selain subyek prediket pendidikan Islam juga merupakan satu substansi dan subyek penting yang cukup kompleks. Karenanya untuk memahami pendidikan Islam berarti kita harus melihat aspek utama missi agama Islam yang diturunkan kepada umat manusia dari sisi pedagogis. Islam sebagai ajaran yang datang dari Allah yang mampu merefleksikan nilai-nilai pendidikan dan membimbing serta mengarahkan manusia menjadi manusia yang sempurna. Islam sebagai agama yang universal telah memberikan pedoman hidup bagi manusia menuju kehidupan bahagia yang pencapaiannya bergantung pada pendidikan, karena pendidikan merupakan kunci penting utama untuk membuka jalan kehidupan manusia.
            Dengan demikian Islam sangat berhubungan erat dengan pendidikan, hubungan antar keduanya bersifat organis fungsional. Pendidikan berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan Islam. Dan Islam menjadi kerangka dasar pengembangan pendidikan Islam serta memberikan landasan sistem nilai untuk mengembangkan berbagai pemikiran tentang pendidikan Islam. Oleh karena itu pendidikan Islam merupakan segala upaya atau proses pendidikan yang dilakukan untuk membimbing tingkah laku manusia baik individu maupun sosial untuk mengarahkan potensi, baik potensi dasar (fithroh) maupun ajaran yang sesuai dengan fithrohnya mulai proses intelektual dan spiritual yang berlandaskan nilai Islam untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat yang bersumber pada Al-Qur'an dan Hadits.
              Sistem dan pola pendidikan yang dicanangkan terkait dengan kebudayaan peradaban dan tatanan kehidupan yang melibatkan semua komponen yang ada, sementara metodenya didasarkan pada perkembangan psikologi anak agar proses tersebut memberikan hasil yang baik yaitu mempersiapkan individu agar dapat menentukan pola pikir dalam memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas pada tempat dan waktu yang selaras dengan kejiwaan subyek didik. Pendidikan Islam juga termasuk alat untuk melatih sensibilitas murid-murid sedemikian rupa, sehingga dalam perilaku mereka terdapat kehidupan, langkah-langkah dan keputusan. Begitu pula pendekatan mereka terhadap semua ilmu pengetahuan mereka diatur oleh nilai-nilai etika Islam yang sangat dalam dirasakan.
               Dalam Pendidikan Islam juga memiliki suatu tujuan yang mana tujuan pendidikan itu terdiri dari tujuan sementara dan tujuan akhir. Tujuan sementara di sini yaitu tercapainya berbagai kemampuan seperti kecakapan jasmaniah, pengetahuan membaca, menulis, pengetahuan ilmu kemasyarakatan, kesusilaan, keagamaan, kedewasaan, dan lain-lain. Sedangkan tujuan akhir pendidikan Islam terwujudnya kepribadian muslim, kepribadian muslim di sini adalah kepribadian yang seluruh aspek-aspeknya merealisasikan atau mencerminkan ajaran Islam. Adapun tujuan akhir pendidikan Islam itu terletak dalam realisasi sikap penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah baik secara perorangan, masyarakat, maupun sebagai ummat manusia keseluruhannya sebagai hamba Allah yang berserah diri kepada kholiqnya, ia adalah hambanya yang berilmu pengetahuan dan beriman secara bulat sesuai kehendak penciptanya untuk merealisasikan cita-cita yang terkandung dalam ajaran Allah.
                Jadi jelaslah membicarakan masalah tujuan pendidikan khususnya Islam tidak terlepas dari nilai-nilai ajaran Islam itu sendiri, oleh karena realisasi nilai-nilai itulah yang pada hakikatnya menjadi dasar dan  tujuan pendidikan Islam Dalam dunia pendidikan itu sendiri juga dipengaruhi oleh pemikiran para tokoh yang mana eksistensi para tokoh pendidikan tempo dulu banyak memberikan konstribusi yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan Islam. Dari beberapa tokoh pendidikan Islam ada salah satu tokoh yang menurut penulis sangat menarik sekali untuk dikaji beliau adalah Al-Qobisi eksistensinya sebagai seorang ahli hadits dan pendidik tidak bisa dilepaskan dari kemampuannya dalam melontarkan ide-ide pembaharuan yang mudah dikonsumsi oleh adalah masyarakat luas, beliau adalah sosok pendidik dan pemikir Islam pada abad ke 4H. hasil pemikiran pendidikannya tertuang dalam risalah yang berjudul "Ar-risalah al- Mufassalat wa Al-Muta'allimin wa ahkam Al-Muallimin wa Al-Mutaallimin "
              Sungguhpun demikian pemanfa'atan terhadap kajian teoritisasi pendidikan Islam yang dilakukan oleh generasi muslim akhir sangat minin. Kalangan intelektual muslim agaknya kurang memberi perhatian secara serius terhadap kekayaan Islam itu. Kajian yang lebih intens dilakukan adalah justru berkutat pada sebuah pengulangan kajian praktis yang menghasilkan teoritisasi yang terbatas, baik dilihat dari sisi ruang maupun waktu. Melihat kenyataan diatas, tampaknya menjadi urgen jika kemudian mengadakan pengkajian mengenai pendidikan Islam. Terutama yang berkaitan dengan khazanah pendidikan Islam. Melalui pengkajian yang dihasilkan tokoh pendidikan Islam dimungkinkan akan menghasilkan tawaran-tawaran konsep pendidikan untuk perkembangan dewasa ini. Atau paling tidak, khazanah pendidikan itu dapat diapresiasi dengan lebih baik.
Dalam pengkajian tokoh pendidikan Islam ini, penulis memilih sosok Al-Qobisi menjadi objek kajian dengan beberapa pertimbangan :
1. Al-Qobisi mempunyai salah satu karya tentang pendidikan yaitu Ar-risalah al-Mufassalat wa Al-Muta 'allimin wa ahkam Al-Muallimin wa Al-Mutaallimin yang diwariskannya dan dapat dibaca serta dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
2. Al-Qobisi berhasil dibidang ilmu keagamaan yang sarat dengan unsur kependidikan, namun banyak orang yang belum tahu dengan jelas mengenai ide-ide pendidikannya.
Dari sini, penulis memandang sangat perlu untuk mengungkapkan ide-ide pendidikannya, untuk itu dalam penulisan ini penulis mengangkat judul : "PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QOBISI"
Dalam membahas mengenai pemikiran pendidikannya, penulis lebih memfokuskan untuk membahas mengenai Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode dan Teknik Belajar, serta pendapatnya tentang pendidik

B. Rumusan Masalah Batasan Penelitian
Sesuai dengan latar belakang masalah yang telah dipaparkan diatas dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut, yaitu :
1. Bagaimanakah pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qobisi ?
Agar pembahasan pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qobisi tidak terlalu melebar, maka dalam penulisan kali ini akan memfokuskan untuk membahas :
a. Tujuan Pendidikan
b. Kurikulum Pendidikan
c. Metode dan Teknik Belajar
d. Pendapatnya tentang pendidik

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui dan mendiskripsikan tentang pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qobisi.

D. Kegunaan Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah :
1. Manfaat teoritis, bahwa hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah
wawasan dalam bidang pendidikan dan dapat menyumbangkan bangunan
khazanah perkembangan ilmu pengetahuan
2. Manfaat social praktis, bahwa hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan atau masukan bagi semua pihak yang berkepentingan terutama bagi institusi pendidikan Islam.
3. Manfaat akademik ilmiah, bahwa hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan serta khazanah ilmiah bagi dunia pendidikan Islam

E. Definisi Operasional
Guna menghindari perluasan dan kesalahfahaman dalam memahami skripsi yang berjudul : Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Qobisi. Dalam hal ini dijelaskan tentang istilah-istilah tersebut, yaitu :
1. Pendidikan Islam
Pendidikan yang muncul dari aspirasi yang dikerjakan oleh umat Islam, demikian pula tujuannya adalah demi kepentingan Islam beserta umatnya dalam arti luas. Pendidikan Islam merupakan bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
2. Perspektif
Adapun yang dimaksud perspektif disini adalah ide atau pendapat yang bisa juga disebut pemikiran, adapun kata dasar dari pemikiran yaitu pikiran berarti berhasil berfikir, akal, ingatan, angan-angan, ataupun gagasan. Kata pikiran identik dengan kata konsep yang mempunyai arti rancangan, ide, atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa kongkrit atau gambaran mental dari objek. Bisa juga dipahami dengan istilah konsepsi yang bermakna pengertian atau pendapat. Yang dimaksud konsep dalam penelitian ini yaitu ide atau pendapat, sesuai dengan arti kata pemikiran itu sendiri yang tercantum dalam kamus besar Bahasa Indonesia yang bermakna ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa kongkret. Adapun yang dimaksud pemikiran disini adalah ide atau perspektif Al-Qobisi dalam bidang pendidikan Islam.
3. Al-Qobisi
Nama lengkapnya adalah Abu Hasan Ali ibn Muhammad ibn Khalaf al-Qobisi. Ia dilahirkan di kota Qairawan Tunisia Afrika Utara, pada tahun 224H. bertepatan dengan 13 Mei tahun 936M. dan meninggal pada tahun 936H atau bertepatan dengan tanggal 23 Oktober 1012M.
Al-Qobisi dikenal sebagai seorang ahli ulama' hadist, pendidik dan penganut mazhab maliki yang setia. Pada waktu itu madzhab Maliki merupakan panutan mayoritas Islam di Afrika Utara. Al-Qobisi merumuskan konsep pendidikan meliputi empat komponen yaitu : Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode dan Teknik dan pendidik.

F. Metode Penelitian
Metode adalah proses, prinsip dan prosedur yang kita gunakan untuk mendekati problem dan mencari jawaban. Dengan ungkapan lain metode adalah suatu pendekatan umum untuk mengkaji topic penelitian. Metode penelitian yang dimaksud meliputi :
1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif karena data yang disajikan dalam bentuk verbal, bukan dalam bentuk angka. Sedang menurut tempat-tempat penelitian itu dilaksanakan, penelitian ini termasuk penelitian perpustakaan (Library Research) yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qobisi dengan bantuan bermacam-macam material yang terdapat dalam perpustakaan, seperti : buku-buku, majalah, dokumen, catatan, kisah-kisah sejarah dan lain-lainnya.
Penelitian ini termasuk penelitian pustaka, yang dimaksud dengan kajian pustaka (Library Research) adalah telah dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.
2. Pendekatan Penelitian
Untuk mendapatkan fakta dan penafsiran yang tepat maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskripsi, yaitu menganalisis dan menyajikan data secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk disimpulkan dan difahami. Dan kesimpulan yang diberikan selalu jelas dasar faktualnya sehingga semuanya selalu dapat dikembalikan langsung pada data yang diperoleh.
3. Sumber Data
Yang dimaksud sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data dapat diperoleh. Sesuai dengan jenis dan pendekatan penelitian diatas, maka sumber data penelitian ini adalah catatan dan referensi yang dibedakan menjadi :
a. Sumber Data Primer
Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab karangan Al-Qobisi yang didalamnya penulis menemukan ide-idenya tentang pendidikan Islam. Adapun nama kitabnya adalah Al- Mufassalat wa Al-Muta 'allimin wa ahkam Al-Muallimin wa Al-Mutaallimin. Tapi karna keterbatasan penulis, maka penulis tidak menggunakan data primer sebagai rujukan referensi b. Sumber Data Sekunder
Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku-buku, artikel-artikel dan lain-lain yang terkait dengan pemikiran Al-Qobisi tentang pendidikan Islam.
4. Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian kepustakaan ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode documenter, yaitu cara menggunakan data melalui peninggalan tertulis seperti arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil atau hukum-hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian.
Metode dokumenter merupakan metode paling tepat dalam memperoleh data yang bersumber dari buku-buku san bahan utama dalam penulisan penelitian ini. Dan dalam penelitian ini metode dokumenter, dipergunakan penulis untuk menggali data tentang pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qobisi
5. Teknik Analisa Data
Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisa data tersebut. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis isi (content analisis) yaitu merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi. Oleh karena penelitian ini bersifat kualitatif, maka peneliti menggunakan analisis data deduktif yang berpijak dari pengertian atau faktor-faktor yang bersifat umum, kemudian diteliti dan hasilnya dapat memecahkan persoalan khusus . Dan teknik analisa data deduktif ini dipergunakan penulis untuk menganalisis data tentang pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qobisi.
G. Sistematika Pembahasan
Maksud dari sistematika ini adalah untuk mengatur urutan pembahasan, agar dapat diketahui mana yang dibahas terlebih dahulu dan mana yang dibahas kemudian, sehingga diharapkan dapat mempermudah pemahaman dan memperlancar penulisan.
Adapun sistematika penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
BAB I : Pada bab I ini merupakan bab pendahuluan, yang mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah dan batasan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, definisi operasional, metode penelitian dan sistematika pembahasan.
BAB II : Pada bab ini akan membahas tentang pendidikan Islam dalam kajian literatur yang meliputi: pengertian pendidikan Islam, dasar dan tujuan pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Metode pendidikan Islam, pendidik dalam pendidikan Islam
BAB III : Pada bab ini membahas tentang Biografi Al-Qobisi, Pemikiran pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qobisi yang difokuskan pada pembahasan mengenai Dasar dan Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode dan Teknik Belajar, pendapatnya tentang pendidik. Dan perbandingan pendidikan Islam dengan pendidikan Al-Qobisi
BAB IV : Pada bab ini berisi penutup yang terdiri dari simpulan dari pembahasan dan saran-saran.

KEADAAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Telah kita ketahui bahwa usha pendidikan Islam sama tujuannya dengan Islam itu sendiri, dan pendidikan Islam tidak terlepas dari sejarah Islam pada umumnya. Karena itulah, periodesasi sejarah pendidikan Islam berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri.
Pendidikan Islam tersebut pada dasarnya dilaksanakan dalam upaya menyahuti kehendak umat Islam pada masa itu dan pada masa yang akan datang yang dianggap sebagai kebutuhan hidup (need of life). Usaha yang dimiliki, apabila kita teliti atau perhatikan lebih mendalam, merupakan upaya untuk melaksanakan isi kandungan Al-Qur'an terutama yang tertuang pada surat Al-Alaq: 1-5. Sebagimana hanya Islam yang mula-mula diterima Nabi Muhammad SAW. Melalui Malaikat jibril di gua Hira. Ini merupakan salah satu contoh dari opersionalisasi penyampaian dari pendidikan tersebut.
Prof. Dr. Harudn Nasution, secara garis besar membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode, yaitu perode klasik, pertengahan, dan modern.
Selanjutnya, pembahasan tentang lintasan atau periode sejarah pendidikan Islam mengikuti penahapan perkembangan sebagai berikut:
1. Periode pembinaan pendidikan Islam, berlangsung pada masa nab Muhammad SAW. Selama lebih kurang dari 23 tahun, yaitu sejak beliau menerima wahyu pertama sebagai tanda kerasulannya sampai wafat.
2. Periode pertubuhan pendidikan, berlangsung sejak wafatnya Nabi Muhammad SAW. Sampai dengan akhir kekuasaan Bani Umaiyah, yang diwarnai oleh penyebaran Islam ke dalam lingkungan budaya bangsa di luar bangsa Arab dan perkembangannya ilmu-ilmu naqli
3. Periode kejayaan pendidikan Islam, berlangsung sejak permulaan Daulah bani Abbasiyah sampai dengan jatuhnya kota Bagdad yang diwarnai oleh perkembangan secara pesat ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam serta mencapai puncak kejayaannya.
4. Tahap kemuduran pendidikan berlangsung sejak jatuhnya kota Bagdad sampai dengan jatuhnya Mesir oleh Napoleon sekirat abad ke-18 M. yang ditandai oleh lemahnya kebudayaan Islam berpindahnya pusat-pusat pengembangan kebudayaan dan peradaban manusia ke dunia Barat.
5. Tahap pembaharuan pendidikan Islam, berlangsungnya sejak pendudukan Mesir Oleh Napoleon pada akhir abad ke-18 M. sampai sekarang, yang di tandai oleh masuknya unsur-unsur budaya dan pendidikan modern dari dunia Barat ke dunia Islam.
Sementara itu, kegiatan pendidikan Islam di Indonesia lahir dan tumbuh serta berkembang bersamaan dengan masuk dan berkembangnya islam di Indonesia. Sesungguhnya kegiatan pendidikan Islam tersebut merupakan pengalaman dan pengetahuan yang penting bagi kelangsungan perkembangan Islam dan umat Islam, baik secara kuantitas maupun kualitas.
Pendidikan Islam itu bahkan menjadi tolak ukur, bagaimana Islam dan umatnya telah memainkan perananya dalam berbagai aspek sosial, politik, budaya. Oleh karena itu, untuk melacak sejarah pendidikan Islam di Indonesia dengan periodisasinya, baik dalam pemikiran, isi, maupun pertumbuhan oraganisasi dan kelembagaannya tidak mungkin dilepaskan dari fase-fase yang dilaluinya.

Jumat, 27 Mei 2011

kisah islami

Arsip Artikel Kisah Islami :
Aroma Kasturi Keluar Dari Hidung Jenazah Wanita Saat Dimandikan
Selasa, 20 Juni 06
Ummu Ahmad ad-Du'aijy berkata ketika ia ditemui Majalah Yamamah tentang kematian seorang gadis berusia 20 tahun pada kecelakaan kendaraan. Beberapa saat sebelum meninggal, ia pernah ditanya oleh familinya "Bagaimana keadaanmu wahai fulanah.?" Ia menjawab, "Baik, alhamdulillah." Tetapi beberapa saat setelah itu ia meninggal dunia. Semoga Allah merahmatinya.

Mereka membawanya ke tempat memandikan mayat. Ketika kami meletakkan mayatnya di atas kayu pemandian untuk dimandikan, kami melihat wajahnya ceria dan tersimpul senyuman seakan-akan ia sedang tidur. Di tubuhnya tidak ada cacat, patah dan luka. Dan anehnya (sebagaimana yang dikatakan ummu Ahmad) ketika mereka hendak mengangkatnya untuk menyelesaikan mandinya, keluar benda berwarna putih yang memenuhi ruangan tersebut menjadi harum kasturi. Subhanallah! Benar ini adalah bau kasturi. Kami bertakbir dan berdzikir kepada Allah sehingga anakku yang merupakan sahabat si mayit menangis melihatnya.

Kemudian aku bertanya kepada bibi si mayit tentang keponakannya, bagaimana keadaannya semasa hidup? Ia menjawab, "Sejak mendekati usia baligh, ia tidak pernah meninggalkan sebuah kewajiban, tidak pernah melihat film, sinetron dan musik. Sejak usia tiga belas tahun, ia sudah mulai puasa senin-kamis dan ia pernah berniat secara sosial membantu memandikan mayat. Tetapi ia terlebih dahulu dimandikan sebelum ia memandikan orang lain. Para guru dan teman-temannya mengenang ketakwaannya, akhlaknya dan pergaulannya yang banyak berpengaruh terhadap teman-temannya baik ketika masih hidup maupun setelah meninggal."

Aku katakan, "Benarlah perkataan syair,
Detak jantung seseorang berkata kepadanya,
bahwa kehidupan hanya beberapa menit dan detik saja.
Camkanlah itu dalam dirimu sebelum engkau mati,
Seorang insan mengingat umurnya yang hanya sedetik."


Dan perkataan yang lebih baik dari itu adalah firman Allah SWT,
"Dan Allah telah menjadikanku selalu berbakti di manapun aku berada." (Maryam: 31).

Lalu ummu Ahmad melanjutkan ceritanya, Ada lagi jenazah seorang gadis yang berumur 17 tahun. Para wanita memandikannya dan kami melihat jasadnya berwarna putih lalu beberapa saat kemudian berubah menjadi hitam seperti kegelapan malam. Hanya Allah-lah yang mengetahui tentang keadaannya. Kami tidak sanggup bertanya kepada keluarganya, agar kami dapat menyembunyikan aib jenazah. Hanya Allah-lah yang Maha Tahu.

Kita bermohon kepada Allah keselamatan dan kesehatan.

Wahai saudariku apakah dua kisah ini dapat engkau jadikan sebagai pelajaran? Apakah engkau akan mengikuti jejak orang shalih ataukah engkau menjadikan wanita-wanita fasik dan durhaka sebagai tauladan? Kematian bagaimanakah yang engkau pilih?

Kisah ini dicantumkan dalam Majalah al-Yamamah edisi 1557 tanggal 14 Shafar 1320 H.

(SUMBER: SERIAL KISAH TELADAN karya Muhammad bin Shalih al-Qahthani)

kisah islami

Arsip Artikel Kisah Islami :
Aroma Kasturi Keluar Dari Hidung Jenazah Wanita Saat Dimandikan
Selasa, 20 Juni 06
Ummu Ahmad ad-Du'aijy berkata ketika ia ditemui Majalah Yamamah tentang kematian seorang gadis berusia 20 tahun pada kecelakaan kendaraan. Beberapa saat sebelum meninggal, ia pernah ditanya oleh familinya "Bagaimana keadaanmu wahai fulanah.?" Ia menjawab, "Baik, alhamdulillah." Tetapi beberapa saat setelah itu ia meninggal dunia. Semoga Allah merahmatinya.

Mereka membawanya ke tempat memandikan mayat. Ketika kami meletakkan mayatnya di atas kayu pemandian untuk dimandikan, kami melihat wajahnya ceria dan tersimpul senyuman seakan-akan ia sedang tidur. Di tubuhnya tidak ada cacat, patah dan luka. Dan anehnya (sebagaimana yang dikatakan ummu Ahmad) ketika mereka hendak mengangkatnya untuk menyelesaikan mandinya, keluar benda berwarna putih yang memenuhi ruangan tersebut menjadi harum kasturi. Subhanallah! Benar ini adalah bau kasturi. Kami bertakbir dan berdzikir kepada Allah sehingga anakku yang merupakan sahabat si mayit menangis melihatnya.

Kemudian aku bertanya kepada bibi si mayit tentang keponakannya, bagaimana keadaannya semasa hidup? Ia menjawab, "Sejak mendekati usia baligh, ia tidak pernah meninggalkan sebuah kewajiban, tidak pernah melihat film, sinetron dan musik. Sejak usia tiga belas tahun, ia sudah mulai puasa senin-kamis dan ia pernah berniat secara sosial membantu memandikan mayat. Tetapi ia terlebih dahulu dimandikan sebelum ia memandikan orang lain. Para guru dan teman-temannya mengenang ketakwaannya, akhlaknya dan pergaulannya yang banyak berpengaruh terhadap teman-temannya baik ketika masih hidup maupun setelah meninggal."

Aku katakan, "Benarlah perkataan syair,
Detak jantung seseorang berkata kepadanya,
bahwa kehidupan hanya beberapa menit dan detik saja.
Camkanlah itu dalam dirimu sebelum engkau mati,
Seorang insan mengingat umurnya yang hanya sedetik."


Dan perkataan yang lebih baik dari itu adalah firman Allah SWT,
"Dan Allah telah menjadikanku selalu berbakti di manapun aku berada." (Maryam: 31).

Lalu ummu Ahmad melanjutkan ceritanya, Ada lagi jenazah seorang gadis yang berumur 17 tahun. Para wanita memandikannya dan kami melihat jasadnya berwarna putih lalu beberapa saat kemudian berubah menjadi hitam seperti kegelapan malam. Hanya Allah-lah yang mengetahui tentang keadaannya. Kami tidak sanggup bertanya kepada keluarganya, agar kami dapat menyembunyikan aib jenazah. Hanya Allah-lah yang Maha Tahu.

Kita bermohon kepada Allah keselamatan dan kesehatan.

Wahai saudariku apakah dua kisah ini dapat engkau jadikan sebagai pelajaran? Apakah engkau akan mengikuti jejak orang shalih ataukah engkau menjadikan wanita-wanita fasik dan durhaka sebagai tauladan? Kematian bagaimanakah yang engkau pilih?

Kisah ini dicantumkan dalam Majalah al-Yamamah edisi 1557 tanggal 14 Shafar 1320 H.

(SUMBER: SERIAL KISAH TELADAN karya Muhammad bin Shalih al-Qahthani)

Rabu, 18 Mei 2011

METODOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

A. Pendahuluan
Keberhasilan menanamkan nilai-nilai rohaniah (keimanan dan ketakwaan pada Allah swt.) dalam diri peserta didik, terkait dengan satu faktor dari sistem pendidikan, yaitu metode pendidikan yang dipergunakan pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan ilahiyah, sebab dengan metode yang tepat, materi pelajaran akan dengan mudah dikuasai peserta didik. Dalam pendidikan Islam, perlu dipergunakan metode pendidikan yang dapat melakukan pendekatan menyeluruh terhadap manusia, meliputi dimensi jasmani dan rohani (lahiriah dan batiniah), walaupun tidak ada satu jenis metode pendidikan yang paling sesuai mencapai tujuan dengan semua keadaan.
Menurut Qomari Anwar, menyatakan bahwa “Sebaik apapun tujuan pendidikan, jika tidak didukung oleh metode yang tepat, tujuan tersebut sangat sulit untuk dapat tercapai dengan baik. Sebuah metode akan mempengaruhi sampai tidaknya suatu informasi secara lengkap atau tidak. Bahkan sering disebutkan cara atau metode kadang lebih penting daripada materi itu sendiri. Oleh sebab itu pemilihan metode pendidikan harus dilakukan secara cermat, disesuaikan dengan berbagai faktor terkait, sehingga hasil pendidikan dapat memuaskan.”[1]
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang di atas, maka timbul beberapa permasalahan yang akan penulis bahas, yaitu :
  1. Apa pengertian metodologi pendidikan Islam ?
  2. Apa saja metodologi pendidikan Islam itu ?
C. Pembahasan
1. Pengertian Metodologi Pendidikan Islam
  1.  
Sebagai suatu ilmu metodologi merupakan bagian dari perangkat disiplin keilmuan yang menjadi induknya. Hampir semua ilmu pengetahuan mempunyai metodologi tersendiri. Demikian pula ilmu pengetahuan islam merangkum metodologi pendidikan islam yang tugas dan fungsinya adalah memberikan jalan atau cara yang sebaik mungkin bagi pelaksanaan operasional dari ilmu pendidikan Islam.
Secara etimologi (bahasa) Metode berasal dari dua perkataan yaitu ”meta” dan ”hodos”. ”Meta”  berarti ”melalui” dan ”hodos” berarti ”jalan atau cara”. Bila ditambah dengan ”logi” sehingga menjadi ”metodologi” berarti ”ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan”. Oleh karena kata ”logi” yang berasal dari bahasa Greek (Yunani) ”logos” berarti ”akal” atau ”ilmu”. [2]
Secara terminologi (istilah), para ahli memberikan definisi yang beragam tentang metode, yaitu :
  1. Menurut Surakhmad definisi metode adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan.[3]
  2. Menurut Yusuf definisi metodologi adalah ilmu yang mengkaji
    atau membahas tentang bermacam-macam metode mengajar, keunggulannya, kelemahannya, kesesuaian dengan bahan pelajaran dan bagaimana penggunaannya.
    [4]
  3. Poerwakatja, mengemukakan metode berarti jalan ke arah suatu tujuan yang mengatur secara praktis bahan pelajaran, cara mengajarkannya dan cara mengelolanya.[5]
Sedangkan Pendidikan Islam adalah merupakan usaha sadar dalam membimbing, memelihara baik secara jasmani dan sosial, rohani pada tingkat kehidupan individu dan sosial, untuk mengembangkan fitrah manusia berdasarkan hukum-hukum Islam menuju terbentuknya manusia ideal (insan kamil) yang berkepribadian muslim dan berakhlak terpuji serta taat pada agama Islam, sehingga dapat tercapai kehidupan bahagia dan sejahtera lahir dan batin di dunia dan akhirat.[6]
Berdasarkan rumusan-rumusan di atas, dapat dipahami bahwa metodologi pendidikan Islam adalah suatu ilmu pengetahuan tentang metode yang digunakan oleh pendidik muslim, sebagai jalan pembinaan pengetahuan, sikap dan tingkah laku, sehingga nilai-nilai Islami dapat terlihat dalam pribadi peserta didik (subjek dan obyek pendidikan).
2. Macam-macam Metodologi Pendidikan Islam
Metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan Islam adalah :
a. Metode Hiwar
Metode hiwar adalah percakapan silih berganti antara dua pihak atau lebih melalui tanya jawab mengenai suatu topik yang mengarah pada satu tujuan. Percakapan itu bisa dialog langsung dan melibatkan kedua belah pihak secara aktif, atau bisa juga yang aktif hanya salah satu pihak saja, sedang pihak lain hanya merespon dengan segenap perasaan, penghayatan dan kepribadiannya.[7]
Hiwar mempunyai dampak yang dalam bagi pembicara juga bagi pendengar pembicaraan. Ini disebabkan beberapa hal, yaitu:
1)      Kedua pihak saling memperhatikan. Jika tidak memperhatikan tentu tidak dapat mengikuti jalan pikiran pihak lain. Kebenaran atau kesalahan masing-masing dapat diketahui dan direspon saat itu juga. Topic-topik baru seringkali ditemukan dalam pembicaraan seperti itu. Cara kerja metode ini seperti diskusi bebas.
2)      Pendengar tertarik untuk mengikuti terus pembicaraan itu, karena ia ingin tahu kesimpulannya. Diikuti dengan penuh perhatian, tidak bosan dan tetap semangat.
3)      Metode ini dapat membangkitkan perasaan dan menimbulkan kesan dalam jiwa yang membantu mengarahkan seseorang menemukan sendiri kesimpulannya.
b. Metode Teladan
Allah telah menunjukkan bahwa contoh teladan dari kehidupan Nabi Muhammad adalah mengandung nilai-nilai paedagogis bagi manusia. Seperti ayat yang menyatakan :
ô‰s)©9 tb%x. öNä3s9 ’Îû ÉAqß™u‘ «!$# îouqó™é& ×puZ|¡ym `yJÏj9 tb%x. (#qã_ötƒ ©!$#
tPöqu‹ø9$#ur tÅzFy$# tx.sŒur ©!$# #ZŽÏVx.  (الآحزاب :21)
Artinya : ”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharapkan rahmat Allah dan (kedatangan) hari akhir dan dia banyak menyebut Allah.” (Q.S Al Ahzab : 21)[8]
Menurut jalaluddin, dalam segala hal anak merupakan peniru yang ulung. Sifat meniru ini merupakan sifat modal positif dalam pendidikan keagamaan pada anak. Oleh karena itu, menjadi tugas seorang guru untuk sedapat mungkin menjadikan dirinya sebagai top figur bagi anak didiknya.[9]
c. Metode Pembiasaan
Pembiasaan adalah upaya praktis dalam pendidikan dan pembinaan anak. Hasil dari pembiasaan yang dilakukan seorang pendidik adalah terciptanya suatu kebiasaan bagi anak didiknya. Menurut Suardi, ”Kebiasaan itu adalah suatu tingkah laku tertentu yang sifatnya otomatis, tanpa direncanakan dulu, serta berlaku begitu saja tanpa dipikir lagi”.[10] Sedangkan menurut Tafsir, “Pembiasaan merupakan teknik pendidikan yang jitu. Oleh karena itu, pembiasaan ini harus mengarah kepada pembiasaan yang baik.”[11]
Pembiasaan shalat misalnya, hendaknya dimulai sedini mungkin. Rasulullah SAW. memerintahkan kepada para orang tua dan pendidik agar mereka menyuruh anak-anak mengerjakan shalat, ketika berumur tujuh tahun, sebagaimana sabdanya yang diriwayatkan Tirmidzi :
مُرُوْا الصَّبِيَّ بِالصَّلاَةِ اِذِا بَلَغَ سَبْعَ سِنِيْنَ وَ اِذَا بَلَغَ عَشْرَ سِنِيْنَ فَاضْرِبُوْهُ عَلَيْهَا
Artinya :“Suruhlah olehmu anak-anak itu shalat apabila ia sudah berumur tujuh tahun, dan apabila ia sudah berumur sepuluh tahun, maka hendaklah kamu pukul jika ia meninggalkan shalat”. (H.R. Tirmidzi)
d. Metode Bimbingan dan Penyuluhan
Al-Qur’an diturunkan untuk membimbing dan menasehati manusia sehingga dapat memperoleh kehidupan batin dan tenang. Dengan metode ini manusia akan mampu mengatasi segala bentuk kesulitan kehidupan yang dihadapi atas dasar iman dan takwanya. Ayat yang menunjukkan metode demikian adalah sebagai berikut :
$pkš‰r’¯»tƒ â¨$¨Z9$# ô‰s% Nä3ø?uä!$y_ ×psàÏãöq¨B `ÏiB öNà6În/§‘ Öä!$xÿÏ©ur $yJÏj9 ’Îû Í‘r߉Á9$# “Y‰èdur ×puH÷qu‘ur tûüÏYÏB÷sßJù=Ïj9
Artinya : ”Wahai manusia, telah datang kepadamu bimbingan (mau’idhah) dari Tuhanmu dan obat penyembuh bagi apa yang ada di dalam hatimu serta petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Q.S.Yunus: 57)[12]
e. Metode Cerita
Metode mendidik dengan bercerita yaitu dengan mengisahkan peristiwa sejarah hidup manusia masa lampau yang menyangkut ketaatannya atau kemungkarannya dalam hidup terhadap perintah Tuhan yang dibawa oleh Nabi atau Rasul yang hadir di tengah mereka. Misalnya sebuah ayat yang mengandung nilai pedagogis dalam sejarah digambarkan Tuhan sebagai berikut :
ô‰s)s9 šc%x. ’Îû öNÎhÅÁ|Ás% ×ouŽö9Ïã ’Í<’rT[{ É=»t6ø9F{$# 3 $tB tb%x. $ZVƒÏ‰tn 2”uŽtIøÿム`Å6»s9ur t,ƒÏ‰óÁs? “Ï%©!$# tû÷üt/ Ïm÷ƒy‰tƒ Ÿ@‹ÅÁøÿs?ur Èe@à2 &äóÓx« “Y‰èdur ZpuH÷qu‘ur 5Qöqs)Ïj9 tbqãZÏB÷sム  (يوسوف : 111)
Artinya : “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” [13]
f. Metode Hukuman
Sanksi dalam pendidikan mempunyai arti penting, pendidikan yang terlalu lunak akan membentuk pelajar kurang disiplin dan tidak mempunyai keteguhan hati. Sanksi tersebut dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, dengan teguran, kemudian diasingkan dan terakhir dipukul dalam arti tidak untuk menyakiti tetapi untuk mendidik. Kemudian dalam menerapkan sanksi fisik hendaknya dihindari kalau tidak memungkinkan, hindari memukul wajah, memukul sekedarnya saja dengan tujuan mendidik, bukan balas dendam. Alternatif lain yang mungkin dapat dilakukan adalah;
1)      Memberi nasehat dan petunjuk.
2)      Ekspresi cemberut.
3)      Pembentakan.
4)      Tidak menghiraukan murid.
5)      Pencelaan disesuaikan dengan tempat dan waktu yang sesuai.
6)      Memberi pekerjaan rumah/tugas.
7)      Alternatif terakhir adalah pukulan ringan.
Hal yang menjadi prinsip dalam memberikan sanksi adalah tahapan dari yang paling ringan, sebab tujuannya adalah pengembangan potensi baik yang ada dalam diri anak didik.[14]
g. Metode targhieb dan tarhib
Metode targhib dan tarhib yaitu cara memberikan pelajaran dengan memberi dorongan (motivasi) untuk memperoleh kegembiraan bisa mendapatkan sukses dalam kebaikan. Sedang bila tidak sukses karena tidak mau mengikuti petunjuknya yang benar akan mendapat kesusahan.   Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Zalzalah: 7-8,
`yJsù ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB >o§‘sŒ #\ø‹yz ¼çnttƒ ÇÐÈ `tBur ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB ;o§‘sŒ #vx© ¼çnttƒ ÇÑÈ
(الزلزلة :7-8)
Artinya : ”Barang siapa berbuat baik seberat zarrahpun, niscaya dia melihat (balasannya) dan sebaliknya barang siapa yang berbuat kejahatan seberat zarrahpun, niscaya dia melihat (balasannya) pula.” (Q.S. Al-Zalzalah 7-8) [16]
D. Kesimpulan
Berdasarkan paparan makalah di ata,maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut :
  1. Secara etimologi (bahasa) Metode berasal dari dua perkataan yaitu ”meta” dan ”hodos”. ”Meta”  berarti ”melalui” dan ”hodos” berarti ”jalan atau cara”. Bila ditambah dengan ”logi” sehingga menjadi ”metodologi” berarti ”ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan”.
  2. Metode pendidikan Islam adalah suatu ilmu pengetahuan tentang metode yang digunakan oleh pendidik muslim, sebagai jalan pembinaan pengetahuan, sikap dan tingkah laku, sehingga nilai-nilai Islami dapat terlihat dalam pribadi peserta didik.
  3. Metode yang bisa diterapkan dalam pendidikan Islam antara lain ialah metode hiwar, teladan, pembiasaan, bimbingan dan penyuluhan, cerita, hukuman, targhib dan tarhib.
Daftar Pustaka
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.
Jalaluddin & Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Grafindo Persada, 1998.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsiran Al Qur’an, 1971.
Suardi, Edi . tt . Pedagogik 2 . Cetakan ke- 2 . Bandung : Angkasa,
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1991.
Ismail SM, M.Ag, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem, Semarang : Rasail Media Group, 2008.
Surakhmad,Winarno. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito, 1998.
Syalhub, Fuad bin Abdul Azizi. Al-Muallim al-Awwal shalallaahu alaihi Wa Sallam Qudwah Likulli Muallim wa Muallimah, terj. Abu Haekal. Jakarta: Zikrul Hakim, 2005.
Yusuf, Tayar Anwar, Syaiful. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ