PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Kamis, 21 April 2011

SMA Peukan Bada Berbasis Keunggulan Lokal

Thu, Apr 21st 2011, 10:26

SMA Peukan Bada Berbasis Keunggulan Lokal

BANDA ACEH - SMA Negeri Peukan Bada, Aceh Besar yang saat ini menjadi satu-satunya sekolah berbasis keunggulan lokal di Tanah Rencong terus berusaha mengembangkan kerajinan Aceh.

Karenanya, para siswa tersebut kecuali digenjot pelajaran sesuai kurikulum, mereka juga dilatih berbagai ketrampilan dalam bidang seni dan kerajinan secara khusus.

Hal itu dikemukakan Kepala SMA Negeri Peukan Bada, Dra Delia Rawanita kepada tim pemantau ujian nasional (UN) propinsi Aceh yang dipimpin Asisten III Setda Aceh, Ridwan Hasan SH, Senin (18/4).

Delia mengharapkan ke depan siswa tamatan SMA Peukan Bada agar mampu memproduksi berbagai barang kerajinan, termasuk berbagai jenis kue tradisional Aceh seperti keukarah, boh usen, atau sejenisnya.

Dalam kunjungan yang juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Bakhtiar Ishak, Kakanwil Kemenag Aceh A Rahman TB, dan Ketua MPD Aceh Prof Dr Warul Walidin Ak, Asisten III meminta agar usaha yang ditempuh SMA Peukan Bada ini mendapat dukungan positif dari semua pihak.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Bakhtiar Ishak mengatakan pihaknya siap membantu program sekolah berbasis keunggulan lokal tersebut. Namun, diakui sejauh ini pihak belum mendapat laporan adanya sekolah unggul berbasil keunggulan lokal.

“Kalau memang ada program yang jelas. Kita mungkin bisa membahasnya dengan DPRA untuk mendapatkan dana pembinaan yang memadai,” katanya. Menurut Kadis Pendidikan Aceh, Bakhtiar Ishak, kehadiran program keunggulan lokal ini sangat penting sebagai bagian dari penyelamatan warisan budaya Aceh.

Dengan adanya program tersebut, siswa tidak hanya menguasai bidang studi yang diajarkan berdasarkan kurikulum yang ada seperti di sekolah lainnya, tapi mereka juga bisa mengembangkan keahliannya dalam bidang ketrampilan.

Menurut Kepala SMA Peukan Bada, Delia Rawanita, untuk bidang kesenian dilatih berbagai ragam tarian Aceh, dibidang chooking dilatih berbagai jenis kue khas Aceh seperti cara membuat keukarah, boh usen, dan sejenis. Sedangkan kerajinan tangan lainnya yang dilatih di antaranya cara membuat kasab Aceh dan reungkan.(sir)

Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ