PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Kamis, 15 November 2012

MAKALAH


BAB IPENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar padasetiap individu atau kelompok untuk merubah sikap dari tidak tahu menjaditahu sepanjang hidupnya. Sedangkan proses belajar mengajar adalah suatukegiatan yang di dalamnya terjadi proses Siswa belajar dan guru mengajar dalam konteks interaktif, dan terjadi interaksi edukatif antara guru dan Siswa,sehingga terdapat perubahan dalam diri Siswa baik perubahan pada tingkat pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan atau sikap.
1
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan danmasa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akanmaju.Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3menyebutkan bahwa:“Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan sertameningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangkaupaya mewujudkan tujuan Nasional”.Berhasil atau tidak suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunyaadalah karena guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan anak didiknya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Guru harus pandai memilih media yang tepat dansesuai dengan kebutuhan anak didik. Supaya anak didik merasa senang dangembira dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.Oleh karena itu, proses belajar mengajar yang di selenggarakan di sekolahatau lembaga formal, dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan diri Siswasecara terencana, baik perubahan dalam pengetahuan, pemahaman danketrampilan atau sikap. Proses belajar mengajar di sekolah atau di lembagaformal sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Lingkungan belajar tersebut
1 Oemar Hamalik,
 Proses Belajar Mengajar,
Bumi Aksara, Bandung, 2001, hlm. 4
 
antara lain meliputi: Siswa, guru, karyawan sekolah, bahan atau materi pelajaran (buku paket, majalah, makalah dsb), sumber belajar lain yangmendukung dan fasilitas atau media belajar (laboratorium, pusat sumber  belajar, perpustakaan yang lengkap dan sebagainya).Guru adalah orang yang penting statusnya di dalam kegiatan belajar mengajar, karena guru memegang tugas yang paling penting yaitu mengatur dan mengemudikan bahtera kehidupan kelas. Bagaimana suasana kelas berlangsung merupakan hasil kerja dari guru. Suasana dapat “hidup”, Siswa belajar tekun tapi tidak merasa terkekang atau sebagainya, suasana “muram”,Siswa belajar kurang bersemangat dan diliputi suasana takut. Itu semuanyasebagai akibat dari hasil pemikiran dan upaya guru.
2
Bersamaan dengan perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuandan teknologi semakin maju dan juga mendorong guru untuk mengadakanupaya pembaharuan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan memanfaatkanhasil-hasil teknologi. Guru di tuntut untuk mampu menggunakan alat-alat yang bisa memudahkannya dalam menjalankan proses belajar mengajar danmemudahkan Siswa dalam belajar, baik alat bantu yang sesuai dengan perkembangan zaman seperti komputer, LCD Proyektor, slide dan sebagainya.Ataupun alat bantu mengajar yang sederhana, murah dan efisien sepertigambar, grafik, dan bagan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di sampingguru di tuntut mampu menggunakan alat-alat tersebut, guru juga di tuntut untuk mampu mengembangkan media pembelajaran yang akan digunakan tetapitersedia, karena media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar banyak sekali, begitu juga dalam pembelajaran Sosiologi(Sosiologi ) juga bisa menggunakan media pembelajaran untuk memudahkanguru, Siswa dalam belajar. Media yang dimanfaatkan dalam pembelajaranSosiologi antara lain: komputer, rekaman CD, LCD Proyektor, gambar, grafis(peta konsep) dan sebagainya. Media-media tersebut mempunyai karakteristik 
2 Supriyadi Saputro,
 Dasar-dasar Metodologi Pengajaran Umum,
IKIP,

Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ