PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Jumat, 27 Maret 2015

FORMAT RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    Kelompok 11
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    V/1                 
Materi Pembelajaran         :    .Q.s Al ma’un
Alokasi Waktu                    :   2x Jp
                                                 

A.      Kompetensi Inti

KI-1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,    dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI-3    Memahami   pengetahuan factual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tau tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang ada di rumah dan di sekolah

KI-4    Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya estetis
            Dalam mencerminkan anak yang sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1   Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.

1.1  Siswa dapat membaca surah Al-ma’un ayat 1-7 dengan benar

2.
2.3       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un

2.1  Siswa suka menolong dengan teman-teman

3.
3.3Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un

3.1  Siswa dapat mengartikan surah Al-ma’un ayat 1-7

4.
4.1 Membaca Q.s al-ma’un dan Q.s at-tin dengan tartil







4.1  Mampu melafalkan Surah Al-ma’un



C.      Deskripsi Materi Pembelajaran
Q.S. Al-ma’un


D.      Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan

a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pengetahuan bersuci;
e.     Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu peserta didik
f.      Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi dan mengomunikasikan.
g.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).



Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Peserta didik mendengarkan bacaan surah al-ma’un dan artinya yang dibacakan guru dan mengikutinya dengan berulang-ulang.

  1. Menanya
  • Melakukan Tanya jawab dengan surah al-ma’un dan artinya
  • Bagaimana bacaan surah al-maun yang benar?
  • Mengajukan pertanyaan, misalnya berapakah  jumlah ayat dalam surah al-maun?
  1. Eksperimen / Explore
·         Guru mendemontrasikan pelafaran Q.s Al- ma’un ayat demi ayat secara berurutan, peserta didik mencermati dan kemudian menirukannya.  Guru juga langsung membimbing dan membetulkan pelafaran yang kurang tepat, baik secara individual maupun klasikal.
Menghafalkan surah Al-maun
·         Guru mendemontrasikan hafalan surah Al-ma’un dengan makhraj yang baik dan bena.
·         Pelafaran dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik benar-benar mampu melafalkannya dengan benar
·         Selanjutnya satu persatu peserta didik melafalkan secara bergantian.
  1. ASOSIASI
·         MeMengidentifikasi ayat dalam Q.s Al-ma’un dari tingkat yang paling mudah dan sukar.
  1. KOMUNIKASI
·         Menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S.Al-ma’un secara kelompok atau individu
·         Menanggapi hasil presentasi
·         Membuat kesimpulan


















......
menit
2.
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa membaca al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?

.....
menit
3.
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
Siswa mengerjakan diskusi


..... menit

E.       Penilaian
1.    Sikap spiritual


1.    Sikap spiritual
a.    Observasi
No.
Nama
Sikap yang diamati
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
Berdoa sebelum belajar
Berdoa sesudah belajar
Mengu capkan salam
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah

b.    Penilaian diri

No.
Nama
Sikap yang diamati
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
Berdoa sebelum belajar
Berdoa sesudah belajar
Mengu capkan salam
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah

c.    Penilaian antar teman

No.
Nama
Sikap yang diamati
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
Berdoa sebelum belajar
Berdoa sesudah belajar
Mengu capkan salam
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah


d.   Penilaian Jurnal

No.
Hari/Tanggal
Nama
Catatan guru tentang
Tindak Lanjut
Kekuatan peserta didik
Kelemahan peserta didik



Sudah terbiasa membaca basmalah, berdoa sebelum dan sesudah belajar
Belum terbiasa mengucapkan salam
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif


















.










2.    Sikap sosial

a.    Observasi
No.
Nama
Sikap yang diamati
Disiplin
Percaya diri
Kerja sama
Peduli
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1









































































Keterangan
No.
Sikap yang diamati
Kriteria
4
3
2
1
1.
Disiplin (kehadiran dan pelaksanaan tugas)
Selalu hadir dan menyelesaikan tugas tepat waktu/lebih awal
Pernah terlambat hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
Sering terlambat hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
Selalu terlambat hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
2.
Percaya diri (berani tampil dan berpendapat)
Dengan sukarela mengajukan diri untuk tampil/mengajukan pendapat
Mau tampil/mengajukan pendapat ketika diminta
Mau tampil/mengajukan pendapat kalau sudah dibujuk
Tidak mau tampil/mengajukan pendapat walaupun sudah dibujuk.
3.
Kerjasama (membaur dengan semua teman)
Tidak pernah memilih-milih teman dan selalu bisa bekerja sama dengan siapapun
Sesekali memilih-milih teman dan sesekali ada masalah saat bekerja sama dengan temannya
Sering memilih-milih teman dan sering bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
Selalu memilih-milih teman dan selalu bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
a.       Penilaian diri

No.
Nama
Sikap yang diamati
Disiplin
Percaya diri
Kerja sama
Peduli
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah

b.    Penilaian antar teman

No.
Nama
Sikap yang diamati
Disiplin
Percaya diri
Kerja sama
Peduli
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah

c.    Penilaian Jurnal

No.
Hari/Tanggal
Nama
Catatan guru tentang
Tindak Lanjut
Kekuatan peserta didik
Kelemahan peserta didik



Disiplin, kerjasama dan peduli sudah baik
Percaya diri belum maksimal
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif




















3.    Pengetahuan

a.       Tulis
Soal
1.      Alma’un artinya.....
2.      Dimanakah surah Al-ma’un di turunkan ....
3.      Tuliskan jumlah ayat surah al-ma’un
4.      Surah Al-ma’un, surat yang ke .....
5.      Surah Al-Ma’un berisi tentang . . .

Kunci jawaban:
1.      Barang yang berguna
2.      Di Mekah
3.      7
4.      107
5.      Orang-orang yang mendustakan agama dan melalaikan shalat


Penskoran
Nilai tiap butir = 20
Nilai akhir = skor yang diperoleh x 100
                       Skor maksimal

b.      Lisan
Soal
1.      Sebutkan  isi kandungan ayat 2 surah al-ma’un!
2.      Sebutkan  jumlah ayat  surah Alma’un
3.      Apa isi surah al-ma’un ?
4.      Dimanakah surah al-ma’un diturunkan
5.      Sebutkan

Kunci jawaban:
1.      Orang-orang yang menghardik anak yatim
2.      7
3.      Orang-orang yang menghardik ank yatim, tidak melaksanakan perintah allah.
4.      Di mekah
5.       

c.       Penugasan/PR
Tulislah Q.s al-ma’un ayat 1-7 dengan baik dan benar.
Kerjakan berkelompok, masing-masing kelompok 5 orang


4.    Keterampilan

a.    Praktik

No
Nama Peserta Didik
Bacaan
Hafalan
Tulisan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.













2.













dst













Ket.
4 = Sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang        

Bacaan:
Sangat Baik   = panjang dan pendek bacaannya benar dan sangat sesuai dengan makharijul huruf
Baik                 = panjang dan pendek bacaannya benar dan sesuai dengan makharijul huruf
cukup              = panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan kurang sesuai dengan makharijul huruf
Kurang            = panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan tidak sesuai dengan makharijul huruf

Hafalan:
Sangat Baik   = benar, fasih dan lancar dalam pelafalannya 
Baik                 = benar, dan lancar dalam pelafalannya
cukup              = benar, kurang fasih dan lancar dalam pelafalannya
Kurang            = benar, kurang fasih dan kurang lancar dalam pelafalannya

Tulisan:
Sangat Baik   = benar dan sangat rapi
Baik                 = benar dan rapi
cukup              = benar dan kurang rapi
Kurang            = tidak benar

Penskorannya:
Nilai akhir = Perolehan skor x 4
                      Skor Maksimal


b.    Proyek
Buatlah pada selembar kertas karton nama-nama malaikat Allah dan tugasnya!
Kerjakan berkelompok, masing-masing kelompok 5 orang

Kumpulan karya/dokumen/prestasi yang berkaitan dengan hasil kerja siswa yang dilakukan dalam rentang 1 semester

F.        Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar:
1.Al- Qur’an juz Amma
2.Poster
3.Buku Pai kls v hal 51-59


Mengetahui,
Kepala SD Klpk 11



...............................................
NIP. ......................................
Aceh besar, 24 Oktober  2014

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti



.Guru klpk 11
NIP. ........................................

Disusun oleh klpk 11
Ketua : Bani Amir
Operator: Erfiana
Sekretaris : Mohd Nazir
Anggota : 1. Hasanah
2.                      Husna
3.                      Rosdiani
4.                      Ismiati
5.                      Yulizar
6.                      Ratna hayati
7.                      Suarni


Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ