RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Kelompok 11
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
V/1
Materi Pembelajaran : .Q.s Al ma’un
Alokasi
Waktu : 2x Jp
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
serta cinta tanah air.
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati,
mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tau tentang
dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang ada di
rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya estetis
Dalam mencerminkan
anak yang sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1
Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
|
1.1 Siswa dapat membaca surah Al-ma’un ayat 1-7
dengan benar
|
2.
|
2.3 Memiliki sikap suka menolong
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
|
2.1 Siswa suka menolong
dengan teman-teman
|
3.
|
3.3Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un
|
3.1 Siswa dapat mengartikan surah Al-ma’un ayat
1-7
|
4.
|
4.1 Membaca Q.s al-ma’un dan Q.s at-tin dengan tartil
|
4.1 Mampu melafalkan Surah
Al-ma’un
|
C. Deskripsi Materi Pembelajaran
Q.S. Al-ma’un
D. Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek
pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan
yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan
dengan materi pengetahuan bersuci;
e.
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu peserta
didik
f.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi dan mengomunikasikan.
g.
Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan
di papan tulis/white board, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan
mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika
memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Peserta didik mendengarkan bacaan surah
al-ma’un dan artinya yang dibacakan guru dan mengikutinya dengan
berulang-ulang.
·
Guru mendemontrasikan pelafaran Q.s Al- ma’un ayat demi
ayat secara berurutan, peserta didik mencermati dan kemudian menirukannya. Guru juga langsung membimbing dan
membetulkan pelafaran yang kurang tepat, baik secara individual maupun
klasikal.
Menghafalkan surah Al-maun
·
Guru mendemontrasikan hafalan surah Al-ma’un dengan
makhraj yang baik dan bena.
·
Pelafaran dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta
didik benar-benar mampu melafalkannya dengan benar
·
Selanjutnya satu persatu peserta didik melafalkan secara
bergantian.
·
MeMengidentifikasi ayat dalam Q.s Al-ma’un dari tingkat
yang paling mudah dan sukar.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S.Al-ma’un secara
kelompok atau individu
·
Menanggapi hasil presentasi
·
Membuat kesimpulan
|
......
menit
|
2.
|
· Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa
membaca al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?
|
.....
menit
|
3.
|
Penutup
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi pelajaran
Siswa mengerjakan
diskusi
|
..... menit
|
E.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
1.
Sikap spiritual
a.
Observasi
No.
|
Nama
|
Sikap
yang diamati
|
|||||||||||||||
Membaca
basmalah sebelum beraktivitas
|
Berdoa
sebelum belajar
|
Berdoa
sesudah belajar
|
Mengu
capkan salam
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
4 = selalu
3 = sering
2 =
kadang-kadang
1 = tidak pernah
b.
Penilaian diri
No.
|
Nama
|
Sikap
yang diamati
|
|||||||||||||||
Membaca
basmalah sebelum beraktivitas
|
Berdoa
sebelum belajar
|
Berdoa
sesudah belajar
|
Mengu
capkan salam
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
(dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 =
kadang-kadang
1 = tidak pernah
c.
Penilaian antar teman
No.
|
Nama
|
Sikap
yang diamati
|
|||||||||||||||
Membaca
basmalah sebelum beraktivitas
|
Berdoa
sebelum belajar
|
Berdoa
sesudah belajar
|
Mengu
capkan salam
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
(dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 =
kadang-kadang
1 = tidak pernah
d.
Penilaian Jurnal
No.
|
Hari/Tanggal
|
Nama
|
Catatan
guru tentang
|
Tindak
Lanjut
|
|
Kekuatan
peserta didik
|
Kelemahan
peserta didik
|
||||
|
|
|
Sudah terbiasa membaca basmalah, berdoa
sebelum dan sesudah belajar
|
Belum terbiasa mengucapkan salam
|
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
.
2.
Sikap sosial
a.
Observasi
No.
|
Nama
|
Sikap
yang diamati
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Percaya
diri
|
Kerja
sama
|
Peduli
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
No.
|
Sikap yang diamati
|
Kriteria
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Disiplin
(kehadiran dan pelaksanaan tugas)
|
Selalu hadir dan
menyelesaikan tugas tepat waktu/lebih awal
|
Pernah terlambat
hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
|
Sering terlambat
hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
|
Selalu terlambat
hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
|
2.
|
Percaya diri
(berani tampil dan berpendapat)
|
Dengan sukarela
mengajukan diri untuk tampil/mengajukan pendapat
|
Mau
tampil/mengajukan pendapat ketika diminta
|
Mau
tampil/mengajukan pendapat kalau sudah dibujuk
|
Tidak mau
tampil/mengajukan pendapat walaupun sudah dibujuk.
|
3.
|
Kerjasama
(membaur dengan semua teman)
|
Tidak pernah
memilih-milih teman dan selalu bisa bekerja sama dengan siapapun
|
Sesekali
memilih-milih teman dan sesekali ada masalah saat bekerja sama dengan
temannya
|
Sering
memilih-milih teman dan sering bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
|
Selalu
memilih-milih teman dan selalu bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
|
a.
Penilaian diri
No.
|
Nama
|
Sikap
yang diamati
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Percaya
diri
|
Kerja
sama
|
Peduli
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
(dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 =
kadang-kadang
1 = tidak pernah
b.
Penilaian antar teman
No.
|
Nama
|
Sikap
yang diamati
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Percaya
diri
|
Kerja
sama
|
Peduli
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
(dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 =
kadang-kadang
1 = tidak pernah
c.
Penilaian Jurnal
No.
|
Hari/Tanggal
|
Nama
|
Catatan
guru tentang
|
Tindak
Lanjut
|
|
Kekuatan
peserta didik
|
Kelemahan
peserta didik
|
||||
|
|
|
Disiplin, kerjasama dan peduli sudah baik
|
Percaya diri belum maksimal
|
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pengetahuan
a.
Tulis
Soal
1.
Alma’un artinya.....
2.
Dimanakah surah Al-ma’un di
turunkan ....
3.
Tuliskan jumlah ayat surah
al-ma’un
4.
Surah Al-ma’un, surat yang ke
.....
5.
Surah Al-Ma’un berisi tentang .
. .
Kunci jawaban:
1.
Barang yang berguna
2.
Di Mekah
3.
7
4.
107
5.
Orang-orang yang mendustakan
agama dan melalaikan shalat
Penskoran
Nilai tiap butir
= 20
Nilai akhir = skor
yang diperoleh x 100
Skor maksimal
b.
Lisan
Soal
1.
Sebutkan isi kandungan ayat 2 surah al-ma’un!
2.
Sebutkan jumlah ayat
surah Alma’un
3.
Apa isi surah al-ma’un ?
4.
Dimanakah surah al-ma’un
diturunkan
5.
Sebutkan
Kunci jawaban:
1.
Orang-orang yang menghardik
anak yatim
2.
7
3.
Orang-orang yang menghardik ank
yatim, tidak melaksanakan perintah allah.
4.
Di mekah
5.
c.
Penugasan/PR
Tulislah Q.s al-ma’un ayat 1-7 dengan baik dan benar.
Kerjakan berkelompok, masing-masing kelompok 5 orang
4.
Keterampilan
a.
Praktik
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Bacaan
|
Hafalan
|
Tulisan
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket.
4 = Sangat baik,
3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Bacaan:
Sangat Baik = panjang dan pendek
bacaannya benar dan sangat sesuai dengan makharijul huruf
Baik = panjang dan
pendek bacaannya benar dan sesuai dengan makharijul huruf
cukup = panjang dan
pendek bacaannya kurang benar dan kurang sesuai dengan makharijul huruf
Kurang =
panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan tidak sesuai dengan makharijul
huruf
Hafalan:
Sangat Baik = benar, fasih dan
lancar dalam pelafalannya
Baik = benar, dan
lancar dalam pelafalannya
cukup = benar, kurang
fasih dan lancar dalam pelafalannya
Kurang =
benar, kurang fasih dan kurang lancar dalam pelafalannya
Tulisan:
Sangat Baik = benar dan sangat
rapi
Baik = benar dan
rapi
cukup = benar dan
kurang rapi
Kurang =
tidak benar
Penskorannya:
Nilai akhir = Perolehan skor x 4
Skor Maksimal
b.
Proyek
Buatlah pada
selembar kertas karton nama-nama malaikat Allah dan tugasnya!
Kerjakan
berkelompok, masing-masing kelompok 5 orang
Kumpulan
karya/dokumen/prestasi yang berkaitan dengan hasil kerja siswa yang dilakukan
dalam rentang 1 semester
F.
Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar:
1.Al- Qur’an juz Amma
2.Poster
3.Buku Pai kls v hal 51-59
Mengetahui,
Kepala SD Klpk 11
...............................................
NIP. ......................................
|
Aceh
besar, 24 Oktober 2014
Guru
Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
.Guru
klpk 11
NIP.
........................................
|
Disusun oleh
klpk 11
Ketua : Bani
Amir
Operator:
Erfiana
Sekretaris : Mohd
Nazir
Anggota : 1.
Hasanah
2.
Husna
3.
Rosdiani
4.
Ismiati
5.
Yulizar
6.
Ratna
hayati
7.
Suarni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar