PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Jumat, 27 Maret 2015

INSTRUMEN

PENILAIAN:

1.    Sikap spiritual
a.    Observasi
No.
Nama
Sikap yang diamati
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
Berdoa sebelum belajar
Berdoa sesudah belajar
Mengu capkan salam
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah

b.    Penilaian diri

No.
Nama
Sikap yang diamati
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
Berdoa sebelum belajar
Berdoa sesudah belajar
Mengu capkan salam
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah

c.     Penilaian antar teman

No.
Nama
Sikap yang diamati
Membaca basmalah sebelum beraktivitas
Berdoa sebelum belajar
Berdoa sesudah belajar
Mengu capkan salam
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah


d.    Penilaian Jurnal

No.
Hari/Tanggal
Nama
Catatan guru tentang
Tindak Lanjut
Kekuatan peserta didik
Kelemahan peserta didik



Sudah terbiasa membaca basmalah, berdoa sebelum dan sesudah belajar
Belum terbiasa mengucapkan salam
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif




















2.    Sikap sosial
a.    Observasi
No.
Nama
Sikap yang diamati
Disiplin
Percaya diri
Kerja sama
Peduli
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1









































































Keterangan
No.
Sikap yang diamati
Kriteria
4
3
2
1
1.
Disiplin (kehadiran dan pelaksanaan tugas)
Selalu hadir dan menyelesaikan tugas tepat waktu/lebih awal
Pernah terlambat hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
Sering terlambat hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
Selalu terlambat hadir dan terlambat menyelesaikan tugas
2.
Percaya diri (berani tampil dan berpendapat)
Dengan sukarela mengajukan diri untuk tampil/mengajukan pendapat
Mau tampil/mengajukan pendapat ketika diminta
Mau tampil/mengajukan pendapat kalau sudah dibujuk
Tidak mau tampil/mengajukan pendapat walaupun sudah dibujuk.
3.
Kerjasama (membaur dengan semua teman)
Tidak pernah memilih-milih teman dan selalu bisa bekerja sama dengan siapapun
Sesekali memilih-milih teman dan sesekali ada masalah saat bekerja sama dengan temannya
Sering memilih-milih teman dan sering bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
Selalu memilih-milih teman dan selalu bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
3.
Peduli (perhatian dan selalu memberikan bantuan)
Selalu memberikan perhatian dan membantu teman
Sering memberikan perhatian dan membantu teman
Kadang-kadang memberikan perhatian dan membantu teman
Tidak pernah memberikan perhatian dan membantu teman

b.    Penilaian diri

No.
Nama
Sikap yang diamati
Disiplin
Percaya diri
Kerja sama
Peduli
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah

c.     Penilaian antar teman

No.
Nama
Sikap yang diamati
Disiplin
Percaya diri
Kerja sama
Peduli
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1








































































Keterangan: (dilakukan per 5 minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah


d.    Penilaian Jurnal

No.
Hari/Tanggal
Nama
Catatan guru tentang
Tindak Lanjut
Kekuatan peserta didik
Kelemahan peserta didik



Disiplin, kerjasama dan peduli sudah baik
Percaya diri belum maksimal
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif





















3.    Pengetahuan
a.       Tulis
Soal
1.       Alma’un artinya.....
2.       Dimanakah surah Al-ma’un di turunkan ....
3.       Tuliskan jumlah ayat surah al-ma’un
4.       Surah Al-ma’un, surat yang ke .....
5.       Surah Al-Ma’un berisi tentang . . .


Kunci jawaban:
1.       Barang yang berguna
2.       Di Mekah
3.       7
4.       107
5.       Orang-orang yang mendustakan agama dan melalaikan shalat


Penskoran
Nilai tiap butir = 20
Nilai akhir = skor yang diperoleh x 100
                       Skor maksimal

b.      Lisan
Soal
1.       Sebutkan  isi kandungan ayat 2 surah al-ma’un!
2.       Sebutkan  jumlah ayat  surah Alma’un
3.       Apa isi surah al-ma’un ?
4.       Dimanakah surah al-ma’un diturunkan
5.       Sebutkan

Kunci jawaban:
1.       Orang-orang yang menghardik anak yatim
2.       7
3.       Orang-orang yang menghardik ank yatim, tidak melaksanakan perintah allah.
4.       Di mekah
5.        

c.       Penugasan/PR
Tulislah Q.s al-ma’un ayat 1-7 dengan baik dan benar.
Kerjakan berkelompok, masing-masing kelompok 5 orang






4.    Keterampilan
a.    Praktik

No
Nama Peserta Didik
Bacaan
Hafalan
Tulisan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.













2.













dst













Ket.
4 = Sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang      

Bacaan:
Sangat Baik     = panjang dan pendek bacaannya benar dan sangat sesuai dengan makharijul huruf
Baik                  = panjang dan pendek bacaannya benar dan sesuai dengan makharijul huruf
cukup              = panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan kurang sesuai dengan makharijul huruf
Kurang             = panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan tidak sesuai dengan makharijul huruf

Hafalan:
Sangat Baik     = benar, fasih dan lancar dalam pelafalannya 
Baik                  = benar, dan lancar dalam pelafalannya
cukup              = benar, kurang fasih dan lancar dalam pelafalannya
Kurang             = benar, kurang fasih dan kurang lancar dalam pelafalannya

Tulisan:
Sangat Baik     = benar dan sangat rapi
Baik                  = benar dan rapi
cukup              = benar dan kurang rapi
Kurang             = tidak benar

Penskorannya:
Nilai akhir = Perolehan skor x 4
                      Skor Maksimal


b.    Proyek
Buatlah pada selembar kertas karton nama-nama malaikat Allah dan tugasnya!
Kerjakan berkelompok, masing-masing kelompok 5 orang

c.     Kumpulan karya/dokumen/prestasi yang berkaitan dengan hasil kerja siswa yang dilakukan dalam rentang 1 semester




Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ