PENILAIAN:
1. Sikap spiritual
a.
Observasi
No.
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
|||||||||||||||
Membaca basmalah
sebelum beraktivitas
|
Berdoa sebelum
belajar
|
Berdoa sesudah
belajar
|
Mengu capkan salam
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah
b.
Penilaian diri
No.
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
|||||||||||||||
Membaca basmalah
sebelum beraktivitas
|
Berdoa sebelum
belajar
|
Berdoa sesudah
belajar
|
Mengu capkan salam
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan: (dilakukan per 5
minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah
c.
Penilaian antar teman
No.
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
|||||||||||||||
Membaca basmalah
sebelum beraktivitas
|
Berdoa sebelum
belajar
|
Berdoa sesudah
belajar
|
Mengu capkan salam
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan: (dilakukan per 5
minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah
d.
Penilaian Jurnal
No.
|
Hari/Tanggal
|
Nama
|
Catatan guru
tentang
|
Tindak Lanjut
|
|
Kekuatan peserta
didik
|
Kelemahan peserta
didik
|
||||
Sudah terbiasa membaca basmalah, berdoa sebelum dan
sesudah belajar
|
Belum terbiasa mengucapkan salam
|
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif
|
|||
2. Sikap sosial
a.
Observasi
No.
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Percaya diri
|
Kerja sama
|
Peduli
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan
No.
|
Sikap yang diamati
|
Kriteria
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Disiplin (kehadiran dan
pelaksanaan tugas)
|
Selalu hadir dan
menyelesaikan tugas tepat waktu/lebih awal
|
Pernah terlambat hadir dan
terlambat menyelesaikan tugas
|
Sering terlambat hadir dan
terlambat menyelesaikan tugas
|
Selalu terlambat hadir dan
terlambat menyelesaikan tugas
|
2.
|
Percaya diri (berani tampil
dan berpendapat)
|
Dengan sukarela mengajukan
diri untuk tampil/mengajukan pendapat
|
Mau tampil/mengajukan
pendapat ketika diminta
|
Mau tampil/mengajukan
pendapat kalau sudah dibujuk
|
Tidak mau tampil/mengajukan
pendapat walaupun sudah dibujuk.
|
3.
|
Kerjasama (membaur dengan
semua teman)
|
Tidak pernah memilih-milih
teman dan selalu bisa bekerja sama dengan siapapun
|
Sesekali memilih-milih
teman dan sesekali ada masalah saat bekerja sama dengan temannya
|
Sering memilih-milih teman
dan sering bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
|
Selalu memilih-milih teman
dan selalu bermasalah saat bekerja sama dengan temannya
|
3.
|
Peduli (perhatian dan
selalu memberikan bantuan)
|
Selalu memberikan perhatian
dan membantu teman
|
Sering memberikan perhatian
dan membantu teman
|
Kadang-kadang memberikan
perhatian dan membantu teman
|
Tidak pernah memberikan
perhatian dan membantu teman
|
b.
Penilaian diri
No.
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Percaya diri
|
Kerja sama
|
Peduli
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan: (dilakukan per 5
minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah
c.
Penilaian antar teman
No.
|
Nama
|
Sikap yang diamati
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Percaya diri
|
Kerja sama
|
Peduli
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan: (dilakukan per 5
minggu)
4 = selalu
3 = sering
2 = kadang-kadang
1 = tidak pernah
d.
Penilaian Jurnal
No.
|
Hari/Tanggal
|
Nama
|
Catatan guru
tentang
|
Tindak Lanjut
|
|
Kekuatan peserta
didik
|
Kelemahan peserta
didik
|
||||
Disiplin, kerjasama dan peduli sudah baik
|
Percaya diri belum maksimal
|
Pembinaan dan pembiasaan secara intensif
|
|||
3. Pengetahuan
a.
Tulis
Soal
1.
Alma’un
artinya.....
2.
Dimanakah
surah Al-ma’un di turunkan ....
3.
Tuliskan
jumlah ayat surah al-ma’un
4.
Surah
Al-ma’un, surat yang ke .....
5. Surah Al-Ma’un berisi tentang . . .
Kunci jawaban:
1.
Barang
yang berguna
2.
Di
Mekah
3.
7
4.
107
5.
Orang-orang
yang mendustakan agama dan melalaikan shalat
Penskoran
Nilai tiap butir = 20
Nilai akhir = skor yang
diperoleh x 100
Skor maksimal
b.
Lisan
Soal
1.
Sebutkan isi kandungan ayat 2 surah
al-ma’un!
2.
Sebutkan jumlah ayat
surah Alma’un
3.
Apa isi surah al-ma’un ?
4.
Dimanakah
surah al-ma’un diturunkan
5.
Sebutkan
Kunci jawaban:
1.
Orang-orang
yang menghardik anak yatim
2.
7
3.
Orang-orang
yang menghardik ank yatim, tidak melaksanakan perintah allah.
4.
Di
mekah
5.
c.
Penugasan/PR
Tulislah Q.s al-ma’un
ayat 1-7 dengan baik dan benar.
Kerjakan berkelompok, masing-masing kelompok 5 orang
4. Keterampilan
a.
Praktik
No
|
Nama Peserta Didik
|
Bacaan
|
Hafalan
|
Tulisan
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
dst
|
Ket.
4 = Sangat baik, 3 = baik, 2 =
cukup, 1 = kurang
Bacaan:
Sangat
Baik = panjang dan pendek bacaannya
benar dan sangat sesuai dengan makharijul huruf
Baik = panjang dan pendek bacaannya
benar dan sesuai dengan makharijul huruf
cukup
= panjang dan pendek
bacaannya kurang benar dan kurang sesuai dengan makharijul huruf
Kurang =
panjang dan pendek bacaannya kurang benar dan tidak sesuai dengan makharijul
huruf
Hafalan:
Sangat
Baik = benar, fasih dan lancar dalam
pelafalannya
Baik = benar, dan lancar dalam
pelafalannya
cukup
= benar, kurang fasih dan
lancar dalam pelafalannya
Kurang =
benar, kurang fasih dan kurang lancar dalam pelafalannya
Tulisan:
Sangat
Baik = benar dan sangat rapi
Baik = benar dan rapi
cukup
= benar dan kurang rapi
Kurang =
tidak benar
Penskorannya:
Nilai akhir = Perolehan skor x 4
Skor Maksimal
b.
Proyek
Buatlah pada selembar kertas karton
nama-nama malaikat Allah dan tugasnya!
Kerjakan berkelompok,
masing-masing kelompok 5 orang
c.
Kumpulan karya/dokumen/prestasi yang berkaitan
dengan hasil kerja siswa yang dilakukan dalam rentang 1 semester
Tidak ada komentar:
Posting Komentar