PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Rabu, 25 Maret 2015

Ilmu Pendidikan

ILMU PENDIDIKAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) 

Program Studi : Pendidikan Agama Islam 
Kode Mata Kuliah : 
Nama Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan 
Jumlah SKS : 2 (DUA) 
Semester : I (SATU) 

Diskripsi Mata Kuliah : Menjabarkan tentang: Tujuan, manfaat, dan Linkup mata kuliah; Sifat Hakikat manusia; Hakikat Peserta Didik; Hakikat Pendidikan; Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan; Unsr-Unsur Pendidikan; Sistem Pendidikan dan Sisstem Pendidikan Nasional; Kewibawaan; Permasalahan Pendidikan Nasional. 
Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu mendiskripsikan Tujuan, manfaat, dan Linkup mata kuliah; Sifat Hakikat manusia; Hakikat Peserta Didik; Hakikat Pendidikan; Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan; Unsur-Unsur Pendidikan; Sistem Pendidikan dan Sistem Pendidikan Nasional; Kewibawaan; Permasalahan Pendidikan Nasional. 

PERTEMUAN KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK INDIKATOR KEGIATAN BELAJAR
I Dapat memahami tujuan, lingkup dan kegiatan perkuliahan
Pendahuluan dan kontrak studi Memahami tujuan, lingkup dan kegiatan perkuliahan Ceramah dan dialog 

II Dapat mendiskripsikan pengertian dan lingkup kajian ilmu pendidikan Pengertian dan lingkup
kajian ilmu pendidikan Memahami pengertian dan lingkup kajian ilmu pendidikan Mendengarkan penjelasan dan diskusi untuk merumuskan
pengertian dan lingkup kajian ilmu pendidikan 

III Dapat memahami sistem pendidikan dan penerapannya dalam prakteik pendidikan Sistem Pendidikan
1. Pengertian sistem pendidikan
2. Komponen sustem pendidikan
3. Sistem Pendidikan Nasional Memahami pengertian, komponen dan sistem pendidikan secara umum dan khususnya sistem pendidikan nasional dan aplikasinya dalam praktik pendidikan Penugasan dan diskusi 


IV Dapat memahami asas-asas pendidikan dan penerapannya dalam praktek pendidikan Azas-azas Pendidikan
1. Azas Filosofis
2. Azas Psikologis
3. Azas Sosiologis
4. Azas Normatif Memahami asas-asas pendidikan dan penerapannya dalam praktik pendidikan, baik asas filosofis, psikologis, sosiologis maupun normatif.
V Dapat memahami dan merumuskan visi dan misi pendidikan Visi dan Misi Pendidikan
1. Visi dan Misi Pendidikan menurut Agama
2. Visi dan misi Pendidikan menurut Negara
Memahami pengertian visi dan misi dan dapat membuat rumusan visi dan misi pendidikan Penjelasan, diskusi dan latihan
VI Dapat memahami pengertian, karakteristik dan potensi peserta didik Peserta didik
1. Pengertian peserta didik
2. Karakteristik Peserta Didik
3. Potensi Peserta Didik Memahami pengertian, karakteristik dan potensi peserta didik Penugasan dan Diskusi
VII Dapat memahami hakekat pendidik Pendidik
1. Definisi pendidik
2. Hakekat pendidik
3. Tugas dan tanggung jawab pendidik
4. Syarat-syarat pendidik Memahami definisi, hakekat pendidik, tugas dan tanggung jawab, serta syarat-syarat pendidik Penugasan dan Diskusi
VIII Evaluasi Proses dan Hasil pertengahan
IX Dapat memahami dan mengenali lingkungan pendidikan Lingkungan Pendidikan
1. Pengertian lingkungan pendidikan
2. Macam-macam lingkungan pendidikan
3. Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap proses dan hasil pendidikan Memahami pengertian, macam-macam dan pengaruh lingkungan pendidikan terhadap proses dan hasil pendidikan Penugasan dan Diskusi
X Dapat memahami dan menurumuskan tujuan pendidikan Tujuan Pendidikan
1. Pengertian tujuan pendidikan
2. Macam-mm rumusan tujuan pendidikan
3. Konsekuensi tujuan pendidikan Memahami pengertian, macam-macam dan konsekuensi tujuan pendidikan Penugasan dan Diskusi
XI Dapat mengenali dan memahami pengertian, jenis dan pengaruh alat dan media pendidikan Alat dan Media Pendidikan
1. Pengertian alat dan sarana pendidikan
2. Jenis-jenis alat dan sarana pendidikan
3. Pengaruh alat dan media pendidikan bagi proses dan hasil pendidikan Memahami pengertian alat danmedia pendidikan, jenis-jenis alat dan media pendidikan, dan peran alat dan media pendidikan Penugasan dan Diskusi
XII Dapat memahami dan mengenali pengertian, jenis dan peran sarana dan prasarana pendidikan Sanara dan prasarana Pendidikan
1. Pengertian sarana dan prasarana pendidikan
2. Jenis-jenis sarana dan prasarana pendidikan
3. Peran sarana dan prasarana pendidikan bagi proses dan hasil pendidikan Memahami dan mengenal dengan baik pemngertian, jenis-jenis dan peranan sarana dan prasarana pendidikan Penugasan dan Diskusi
XIII Dapat memahami dan mengenal pengertian dan model-model evaluasi pendidikan Evaluasi Pendidikan 
1. Pengertian evaluasi pendidikan
2. Model-model evaluasi pendidikan
Mengenal dan memahami pengertian dan model-odel evaluasi pendidikan Penugasan dan Diskusi
XIV Dapat memahami dan mencari solusi permasalahan pendidikan Permasahan Pendidikan
1. Maslah Kualitas
2. Masalah Relevansi
3. Masalah Efektifitas Memahami dan dapat mencari pemecahan persoalan pendidikan baik yang berkenaan dengan kualitas, relevansi dan efektivitas Penugasan dan Diskusi
XV Dapat memahami konsep kewibawaan dalam pendidikan Kewibawaan dalam Pendidikan
1. Pengertian Kewibawaan
2. Macam- macam Kewibawaan
3. Alat Kewibawaan
4. Faktor-faktor kewibawaan
Memahami pengertian, macam-macam, alat kewibawaan dan faktor-faktor kewibaan Penugasan dan Diskusi
XVI Evaluasi akhir perkuliahan

DAFTAR PUSTAKA 

Buchori, Muchtar.2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Hadisusanto,Dirto.dkk.1995. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta:FIP-IKIP

Hasan Langgulung. Asas-Asas Pendidikan Islam.Jakarta: Pustaka Al-Husna

Team pend. 2003. Landasan Pendidikan. Surakarta: UMS

Tilaar,H.A.R. 2000. Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tirahardja, Umar dan La Sulo. 1994. Pengentar Pendidikan. Jakarta: P3TK DEPDIKBUD

UU SUSDIKNAS

Uyoh Sadulloh. Dkk 2006. Pedagogik. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPPI PRESS

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF Publishing

Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ