PEUGAH YANG NA,. PEUBUET LAGEI NA,. PEUTROEK ATA NA,. BEKNA HABA PEUSUNA,. BEUNA TAINGAT WATEI NA,.

Senin, 30 Maret 2015

Pre Test K13


Description: Description: Description: E:\Gambar_3\Logo\Depag_warna.bmp Description: Description: Description: C:\Users\Santi A\Documents\5 KURIKULUM 2013\5 RANCANGAN SASARAN KURIKULUM\logo kurikulum.png
 






PRE TEST

TOT IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013
SUBDIT PAI SMA DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
KEMENTERIAN AGAMA RI



Oval: ?






















KEMENTERIAN AGAMA RI

DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DITJEN PENDIDIKAN ISLAM

TAHUN 2013



Petunjuk:
1.    Baca bismillah dan berdoa terlebih dahulu
2.    Bacalah soal dengan seksama dan pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada lembar jawaban yang tersedia!
3.    Test ini bersifat mandiri, tidak diperkenankan bekerjasama
4.    Alokasi waktu untuk mengerjakan test ini selama 20 menit
5.    Mengisi identitas Anda pada lembar jawaban yang tersedia.

SOAL PILIHAN GANDA
PILIH JAWABAN  PERTANYAAN  DI  BAWAH  INI DENGAN TEPAT  !

1.        Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup  Standar yang mencakup 8 standart, penekanan kurikulum terhadap 4 standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian merupakan :
A.        Desain kurikulum 2013
B.        Pengembangan kurikulum 2013
C.        Struktur  kurikulum 2013
D.        Perubahan kurikulum 2013
E.         Konsep kurikulum 2013
2.        Empat elemen perubahan  kurikulum 2013 :
A.      Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian
B.      Standar Sarana Prasarana, Standar proses, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan
C.      Standar Sarana Prasarana, Standar proses, Standar Pengelolaan dan Standar penilaian
D.     Standar Kompetensi Lulusan, Standar proses, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan
E.      Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Pengelolaan dan Standar Penilaian
3.        Kompetensi Inti secara berurutan mencakup ....
A.   sikap profesional, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
B.   sikap sosial, sikap spiritual, pengetahuan, dan keterampilan
C.   sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
D.   sikap spiritual, sikap sosial, keterampilan dan pengetahuan
E.    sikap spiritual, sikap sosial, sikap profesional, dan keterampilan
4.        Dalam menganalisis buku guru dan buku siswa setidaknya harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali :
A.   ketercapaian materi
B.   kesesuaian materi dengan tema
C.   kecukupan materi
D.   kedalaman materi
E.    kesesuaian dengan mata pelajaran lain
5.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penjabaran dari……untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
A.   Kompetensi Inti
B.    Kompetensi Dasar
C.    Silabus
D.   Standar Isi
E.    Standar Kompetensi Lulusan
6.        Pendekatan scientific dalam pembelajaran PAI SD meliputi kegiatan ....
A.      menanya (questioning), mengamati (observing), pengumpulan data (experimenting/explore), mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan (communicating).
B.      mengamati (observing), menanya (questioning), mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan (communicating), pengumpulan data (experimenting/explore),
C.      mengamati (observing), pengumpulan data (experimenting/explore), menanya (questioning), mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan (communicating)
D.     mengamati (observing), menanya (questioning), pengumpulan data (experimenting/explore), mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan (communicating).
E.      mengasosiasi (associating), mengamati (observing), menanya (questioning), mengkomunikasikan (communicating), pengumpulan data (experimenting/explore),
7.        Menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya. Kegiatan di atas termasuk ....
A.      mengkomunikasikan (communicating).
B.      mengamati (observing)
C.      mengasosiasi (associating)
D.     menanya (questioning)
E.       (experimenting/explore),
8.        Guru dapat menggunakan  hasil penilaian autentik, kecuali :
A.      merencanakan program perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment),
B.      pelayanan konseling
C.      Bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan
D.     Mengikuti pendidikan yang lebih tinggi
E.      Repleksi pembelajaran
9.         Manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
A.   Tujuan Pendidikan Nasional
B.   Fungsi Pendididkan Nasional
C.   Amanat pendididkan nasional
D.   Kewajiban pendidikan nasional
E.    Sistem pendidikan
10.     Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
A.   Kurikulum menurut PP No. 32 ayat (19)
B.   Kurikulum menurut PP No. 55/2007  ayat (16).
C.   Kurikulum menurut UU No.20/2003 Ps.1 ayat (19),
D.   Kurikulum menurut PP No. 74 /2008 ayat (16) .
E.    Kurikulum menurut PMA 16/2010


11.    Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan penilaian autentik (authentic assesment) artinya ....
A.      menilai pada proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik
B.      menilai kesiapan belajar dan proses belajar secara utuh
C.      menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh
D.     menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan
E.      menilai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
12.    Penilaian  Kompetensi Inti-1 dan Kompetensi Inti-2,  mengggunakan penilaian  ....
A.      test
B.      tertulis
C.      lisan
D.     pengamatan dan non test
E.      penugasan
13.    Regulasi  yang mengatur tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan terdapat dalam ....
A.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013
B.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013
C.   Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 211 Tahun 2011
D.   Peraturan Menteri Agama Nomor 16 tahun 2010
E.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007
14.     Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah di rintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu
A.   Konsep kurikulum KTSP 2006
B.   Konsep kurikulum 2013
C.   Konsep Kurikulum 1999
D.   Konsep Kurikulum 1994
E.    Konsep KBK
15.     Kompetensi menurut  PP 32/2013 Ps. 1 ayat (4)
A.   Seperangka tsikap, dan keterampilan yang harus di miliki, dihayati dan dikuasai oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
B.   Seperangkat sikap, dan pengetahuan  yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh pesertadidik
C.   Seperangkat sikap,pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
D.   Seperangkat pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasahi oleh pesertadidik
E.    Seperangkat sikap, keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasahi oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
16.     Tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.
A.   Kompetensi Inti
B.   Kompetensi Dasar
C.   Standar kompetensi
D.   Standarisi
E.    Indicator

17.     Kemampuan untuk mencapai  kompetensi inti yang harus di peroleh peserta didik melalui pembelajaran.
A.   Kompetensi Inti
B.   Standar kompetensi
C.   Indikator
D.   Kompetensi Dasar
E.    Standar isi
18.     Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
A.   Materi pembelajaran
B.   Kompetensi inti
C.   Kompetensi dasar
D.   Standar isi
E.    Silabus
19.     Proses interaksi antar peserta didik, antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar
A.   kompetensi
B.   Pembelajaran
C.   Sumber belajar
D.   Kegiatan pembelajaran
E.    Pembelajaran terbimbing
20.     Pedoman yang memuat strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan penilaian untuk setiap mata pejaran dan/atau tema pembelajaran
A.   Pedoman siswa
B.   Buku pedoman
C.   Pedoman guru
D.   Pedoman belajar
E.    Pedoman pembelajaran
21.     Buku Teks Pelajaran adalah sumber pembelajaran utama untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti
A.   Buku guru
B.   Bahan pelajaran
C.   Buku panduan belajar
D.   Buku pengayaan
E.    Buku teks pelajaran.
22.     Kerangka Dasar Kurikulum yang sesuai dengan standar nasional pendidikan berisikan landasan:
A.   Filosofis dan pedagogis
B.   filosofis, sosiologis, psiko pedagogis, dan yuridis
C.   Psiko pedagogis dan sosiologis
D.   Sosiologis dan yuridis
E.    sosiologis, psiko pedagogis, dan yuridis
23.     Tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program  yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar
A.   Standar Kompetensi
B.   Kompetensi lanjutan
C.   Stsnadar lulusan
D.   Kompetensi inti
E.    Standar proses
24.     Kompetensi Inti mencakup :
A.   Sikap spiritual, sikap sosial , pengetahuan dan keterampilan
B.   Sikap social dan keterampilan
C.   Sikap spiritual dan keterampilan
D.   Sikap spiritual dan sosial
E.    Pengetahuan dan keterampilan
25.     Landasan Pengembangan Kurikulum 2013
A.   Aspek Filosofis, dan Aspek yuridis
B.   Aspek Filosofis, Aspek yuridis dan Aspek konseptual
C.   Aspek budaya dan Aspek konseptual
D.   Aspek yuridis dan Aspek konseptual
E.    Aspek yuridis dan Aspek konseptu, filosofis
26.     Rasionalisasi Perubahan proses pembelajaran , perubahan proses penilaian, dan menambah jam pelajaran merupakan alasan:
A.   Penyempurnaan kurikulum
B.   Pengembangan Kurikulum
C.   Penguatan kurikulum
D.   Perubahan kurikulum
E.    Konsep kurikulum
27.    Rumusan SKL Pada Kurikulum 2013 meliputi:
A.   Sikap, keterampilan dan pengetahuan
B.   Pengetahuan, sikap dan keterampilan
C.   Pengetahuan, keterampilan dan sikap
D.   Keterampilan sikap dan pengetahuan
E.    Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
28.    Pengintegrasi muatan pembelajaran, matapelajaran,  atau program dalam mencapai SKL merupakan fungsi :
A.   Kompetensi Inti
B.   Kompetensi Dasar
C.   Standar kompetensi
D.   Standarisi
E.    Standar nasional
29.     Muatan pembelajaran yang mencakup sikap spiritual, sikapsosial,pengetahuan dan keterampilan disebut  :
A.   Standar kompetensi
B.   Kompetensi Inti
C.   Standarisi
D.   Kompetensi Dasar
E.    Standar nasional
30.     Kontek Kompetensi muatan pembelajaran, pengalaman belajar, mata pelajaran  yang dikembangkan sesuai dengan Kompetensi Inti
A.  Kompetensi Dasar
B.  Standar kompetensi
C.  Kompetensi Inti
D.  Standarisi
E.   Kompetensi nasional
31.     Perangkat operasional untuk memfasilitasi pengembangan, pelaksanaan dan penilaian kurikulum :
A.   Standar kurikulum
B.   Dokumen kurikulum
C.   Struktur kurikulum
D.   Pengembangan kurikulum
E.    Dokumen pembelajaran
32.     Yang tidak termasuk Dokumen kurikulum :
A.   Dokumen kurikulum setiap satuan pendidikanatau program pendidikan
B.   Dokumen kurikulum setiap maple
C.   Dokumen proses pembelajaran
D.   Pedoman implementasi kurikulum
E.    Dokumen kurikulum setiap
33.     Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
A.   Tujuan pendidikan nasional
B.   Konsep pendidikan nasional
C.   Manfaat pendidikan nasional
D.   Isi pendidikan nasional
E.    Fungsi pendidikan Nasional
34.     Tema Pengembangan Kurikulum 2013
A.   Produktif, Kreatif, Inovatif, Afektif.
B.   Produktif,  Inovatif, Afektif
C.   Produktif, Kreatif,  Afektif
D.   Produktif, Kreatif, Inovatif,
E.    Kreatif, Inovatif, Afektif.
35.     Yang tidak termasuk dalam Perubah elemen Pada Kurikulum 2013 :
A.   Standar Kompetensi lulusan
B.   Standarisi
C.   StandarPenilaian
D.   Standar sarana dan prasarana
E.    Standar proses
36.     Yang tidak termasuk  Program Strategi Implementasi Kurikulum 2013 :
A.   Implementasi terbatas kelas 1, kelas 4, kelas 7 dan kelas 10 tahun 2013
B.   Implementasi terbatas kelas 1,2  kelas 4,5 kelas 7 ,8 dan kelas 10,11  tahun 2015
C.   Implementasi kelas 1,2, kelas 4, 5,kelas 7,8  dan kelas 10,11 tahun 2014
D.   Implementasi kelas 1,2,3  kelas 4,5,6 kelas 7,8,9  dan kelas 10,11,12  tahun 2015
E.    Implementasi wajib menggunakan kurikulum 2013  kelas 1,2,3  kelas 4,5,6  kelas 7,8,9  dan kelas 10,11,12  tahun 2016
37.    Regulasi yang mengatur tentang Standar Penilaian pada kurikulum 2013:
A.        PP no 32 tahun 2013
B.        Permendikbud no 54 tahun 2013
C.        Permendikbud no 65 tahun 2013
D.        Permendikbud no 66 tahun 2013
E.         Permendikbud no 67 tahun 2013
38.    Kurikulum 2013 secara legal dapat di implementasikan berdasarkan regulasi ....
A.      PP No 32 tahun 2013
B.      Permendikbud No 65 tahun 2013
C.      Permendikbud No 66 tahun 2013
D.     Permendikbud No 67 tahun 2013
E.      PP No 74 tahun 2008
39.    Yang bukan termasuk Titik tekan pengembangan Kurikulum 2013:.
A.      penyempurnaan pola pikir
B.      penguatan tata kelola kurikulum
C.      pendalaman dan perluasan materi
D.     penguatan proses pembelajaran
E.      pengembangan nilai-nilai budaya
40.    Proses pembelajaran pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) lebih menekankan kepada....
A.        sciectific, kolabotarif dan inovatif
B.        kolaboratif, konstuktif dan imaginatif
C.        autentic, komprontatif dan imaginatif
D.        inspiratif, variatif dan inovatif
E.         eksploratif, elaboratif, dan konfirmatif
41.    Proses pembelajaran pada Kurikulum  2013 lebih menekankan kepada....
A.        mengelola, menginput, menyimpulkan, mengobservasi, dan memeragakan
B.        mengkombinasikan, menyimpulkan, merekonstruksi, dan menyimpulkan
C.        mengeksplorasi, mengelaborasi, dan mengkonfirmasi
D.        mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, dan menyimpulkan
E.         menjelaskan, mendidkusikan, mempresentasikan, dan mengkomunikasikan
42.    Di bawah ini yang tidak termasuk komponen silabus ...
A.        identitas mata pelajaran
B.        identitas sekolah
C.        kompetensi inti dan kompetensi dasar
D.        materi pembelajaran
E.         Pengembanagan pembelajaran
43.    kegiatan pembelajaran Di bawah ini beberapa strategi implementasi kurikulum 2013, kecuali ....
A.   Pelaksanaan kurikulum di semua jenjang
B.   Pelatihan pendidik dan tenaga kependidika
C.   Penguaasaan konsep pembelajaran
D.   Pengembangan buku siswa dan guru
E.    Pengembangan buku siswa dan  konsep remidial
44.    Dimensi Pengetahuan terdiri dari :
A.        Understanding, Remembering, Applying, Evaluating, Analysis, Create.
B.        Understanding, Aplying, Analysis, Evaluating, Create
C.        Remembering, Understanding, Applying, Analiysis, Evaluating, Create.
D.        Remembering, Applying, Understanding, Analysis, Evaluating, Create.
E.         Applying, Understanding, Analysis, Evaluating, Create.
45.    Pengembangan Kurikulum 2013 dilaksanakan atas dasar beberapa prinsip utama sebagai berikut, kecuali...
A.      standar kompetensi lulusan diturunkan dari kebutuhan.
B.      standar isi diturunkan dari standar kompetensi lulusan melalui kompetensi inti yang bebas mata pelajaran.
C.      semua mata pelajaran diikat oleh standar kopetensi dan kompetensi dasar
D.      semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik.
E.       mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai.
46.    Pendekatan penerapan pembelajaran pada Kurikulum 2013 berbasis pada....
A.      Kolaboratif
B.      sciectific
C.      konstruktiv
D.     autentic
E.      inspiratif
47.    Penerapan penilaian pada Kurikulum 2013 berbasis pada....
A.        sciectific
B.        kolaboratif
C.        autentiK
D.        konstruktif
E.         inspiratif
48.    Di bawah ini yang tidak termasuk komponen RPP adalah....
A.        identitas sekolah
B.        identitas mata pelajaran
C.        langkah-langkah penilaian
D.        kompetensi inti dan kompetensi dasar
E.         langkah-langkah pembelajaran
49.    Yang termasuk ciri teknik penilaian autentik adalah....
A.      penilaian atas pengetahuan yang dimiliki peserta didik dan bersifat sederhana
B.      tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik tidak memerlukan keterlibatan yang luas dan kinerja yang kompleks.
C.      analisis proses yang digunakan bukan untuk menghasilkan respon peserta didik atas perolehan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang ada.
D.     pengukuran langsung keterampilan peserta didik yang berhubungan dengan hasil jangka panjang pendidikan seperti kesuksesan di tempat kerja.
E.      tidak memerlukan keterlibatan peserta didik dalam melaksanakan tugas
50.    Jenis penilaian yang cocok untuk KI-4 adalah:
A.      Tertulis
B.      Praktik/unjuk kerja
C.      Portofolio
D.     Observasi
E.      proyek


--- Selamat dan Sukses ---




















Tidak ada komentar:

Read more: http://www.bloggerafif.com/2011/03/membuat-recent-comment-pada-blog.html#ixzz1M3tmAphZ