PRE TEST
TOT IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013
SUBDIT PAI SMA DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
KEMENTERIAN AGAMA RI
KEMENTERIAN AGAMA RI
DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DITJEN PENDIDIKAN ISLAM
TAHUN 2013
Petunjuk:
1.
Baca bismillah dan berdoa terlebih dahulu
2.
Bacalah soal dengan seksama dan pilihlah jawaban yang paling tepat dengan
memberikan tanda silang (X) pada lembar jawaban yang tersedia!
3.
Test ini bersifat mandiri, tidak diperkenankan bekerjasama
4.
Alokasi waktu untuk mengerjakan test ini selama 20 menit
5.
Mengisi identitas Anda pada lembar jawaban yang tersedia.
SOAL PILIHAN GANDA
PILIH
JAWABAN PERTANYAAN DI
BAWAH INI DENGAN TEPAT !
1.
Kurikulum
Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang
mencakup Standar
yang mencakup 8 standart, penekanan kurikulum terhadap 4 standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan
Standar Penilaian merupakan :
A.
Desain kurikulum 2013
B.
Pengembangan kurikulum 2013
C.
Struktur
kurikulum 2013
D.
Perubahan kurikulum 2013
E.
Konsep kurikulum 2013
2.
Empat elemen
perubahan
kurikulum 2013 :
A.
Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian
B.
Standar Sarana
Prasarana, Standar proses, Standar
Pengelolaan dan Standar Pembiayaan
C.
Standar Sarana
Prasarana, Standar proses, Standar
Pengelolaan dan Standar penilaian
D.
Standar
Kompetensi Lulusan, Standar proses, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan
E.
Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Pengelolaan dan Standar Penilaian
3.
Kompetensi Inti
secara berurutan mencakup ....
A.
sikap
profesional, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
B.
sikap sosial,
sikap spiritual, pengetahuan, dan keterampilan
C.
sikap spiritual,
sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
D.
sikap spiritual,
sikap sosial, keterampilan dan pengetahuan
E.
sikap spiritual,
sikap sosial, sikap profesional, dan
keterampilan
4.
Dalam
menganalisis buku guru dan buku siswa setidaknya harus memperhatikan
hal-hal sebagai berikut, kecuali :
A.
ketercapaian materi
B.
kesesuaian
materi dengan tema
C.
kecukupan materi
D.
kedalaman materi
E.
kesesuaian
dengan mata pelajaran lain
5.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penjabaran dari……untuk
mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Silabus
D. Standar Isi
E. Standar Kompetensi
Lulusan
6.
Pendekatan scientific
dalam pembelajaran PAI SD meliputi kegiatan ....
A.
menanya (questioning),
mengamati (observing), pengumpulan data (experimenting/explore),
mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan (communicating).
B.
mengamati (observing),
menanya (questioning), mengasosiasi (associating),
mengkomunikasikan (communicating), pengumpulan data (experimenting/explore),
C. mengamati (observing), pengumpulan data (experimenting/explore),
menanya (questioning), mengasosiasi (associating),
mengkomunikasikan (communicating)
D.
mengamati (observing),
menanya (questioning), pengumpulan data (experimenting/explore),
mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan (communicating).
E.
mengasosiasi (associating),
mengamati (observing), menanya (questioning), mengkomunikasikan (communicating),
pengumpulan data (experimenting/explore),
7.
Menyampaikan
hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau
media lainnya. Kegiatan di atas
termasuk ....
A.
mengkomunikasikan
(communicating).
B.
mengamati (observing)
C.
mengasosiasi (associating)
D.
menanya (questioning)
E.
(experimenting/explore),
8.
Guru dapat menggunakan hasil penilaian autentik, kecuali :
A.
merencanakan
program perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment),
B.
pelayanan
konseling
C.
Bahan untuk
memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan
D.
Mengikuti
pendidikan yang lebih tinggi
E.
Repleksi pembelajaran
9.
Manusia terdidik
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan
bertanggung jawab.
A. Tujuan
Pendidikan Nasional
B. Fungsi
Pendididkan Nasional
C. Amanat pendididkan nasional
D. Kewajiban
pendidikan nasional
E. Sistem
pendidikan
10. Seperangkat rencana
dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu.
A.
Kurikulum menurut PP No. 32 ayat (19)
B.
Kurikulum menurut PP No. 55/2007 ayat (16).
C.
Kurikulum menurut UU No.20/2003 Ps.1 ayat
(19),
D.
Kurikulum menurut PP No. 74 /2008 ayat (16) .
E.
Kurikulum menurut PMA 16/2010
11.
Penilaian proses
pembelajaran menggunakan pendekatan penilaian autentik (authentic assesment)
artinya ....
A.
menilai pada
proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik
B.
menilai kesiapan
belajar dan proses belajar secara utuh
C.
menilai kesiapan
siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh
D.
menilai sikap,
pengetahuan dan keterampilan
E.
menilai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
12.
Penilaian
Kompetensi Inti-1 dan Kompetensi Inti-2, mengggunakan penilaian ....
A.
test
B.
tertulis
C.
lisan
D.
pengamatan dan
non test
E.
penugasan
13.
Regulasi yang mengatur
tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan terdapat dalam ....
A.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013
B.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013
C.
Keputusan
Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 211 Tahun 2011
D.
Peraturan Menteri Agama Nomor 16 tahun 2010
E.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007
14. Pengembangan
Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah di rintis pada tahun 2004 dan KTSP
2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu
A. Konsep
kurikulum KTSP 2006
B. Konsep
kurikulum 2013
C. Konsep
Kurikulum 1999
D. Konsep
Kurikulum 1994
E. Konsep
KBK
15. Kompetensi
menurut PP 32/2013 Ps. 1 ayat (4)
A. Seperangka
tsikap, dan keterampilan yang harus di miliki, dihayati dan dikuasai oleh peserta
didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
B. Seperangkat
sikap, dan pengetahuan yang harus dimiliki,
dihayati dan dikuasai oleh pesertadidik
C. Seperangkat
sikap,pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh
peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
D. Seperangkat
pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasahi oleh pesertadidik
E. Seperangkat
sikap, keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasahi oleh peserta didik
setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
16. Tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi
lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau
program.
A. Kompetensi
Inti
B. Kompetensi
Dasar
C. Standar
kompetensi
D. Standarisi
E. Indicator
17. Kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus di peroleh peserta didik
melalui pembelajaran.
A. Kompetensi
Inti
B. Standar
kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi
Dasar
E. Standar
isi
18. Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran
atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
A. Materi
pembelajaran
B. Kompetensi
inti
C. Kompetensi
dasar
D. Standar
isi
E. Silabus
19. Proses interaksi antar peserta didik, antara peserta
didik dengan pendidik dan sumber belajar
A. kompetensi
B. Pembelajaran
C. Sumber
belajar
D. Kegiatan
pembelajaran
E. Pembelajaran
terbimbing
20. Pedoman yang memuat strategi pembelajaran,
metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan penilaian untuk setiap mata pejaran
dan/atau tema pembelajaran
A. Pedoman
siswa
B. Buku
pedoman
C. Pedoman
guru
D. Pedoman
belajar
E. Pedoman
pembelajaran
21. Buku
Teks Pelajaran adalah sumber pembelajaran utama untuk mencapai kompetensi dasar
dan kompetensi inti
A. Buku
guru
B. Bahan
pelajaran
C. Buku
panduan belajar
D. Buku
pengayaan
E. Buku
teks pelajaran.
22. Kerangka
Dasar Kurikulum yang sesuai dengan standar nasional pendidikan berisikan landasan:
A. Filosofis
dan pedagogis
B. filosofis,
sosiologis, psiko pedagogis, dan yuridis
C. Psiko
pedagogis dan sosiologis
D. Sosiologis
dan yuridis
E. sosiologis,
psiko pedagogis, dan yuridis
23. Tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang
harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau
program yang menjadi landasan pengembangan
Kompetensi Dasar
A. Standar
Kompetensi
B. Kompetensi
lanjutan
C. Stsnadar
lulusan
D. Kompetensi
inti
E. Standar
proses
24. Kompetensi
Inti mencakup :
A. Sikap
spiritual, sikap sosial , pengetahuan dan keterampilan
B. Sikap
social dan keterampilan
C. Sikap
spiritual dan keterampilan
D. Sikap
spiritual dan sosial
E. Pengetahuan
dan keterampilan
25. Landasan Pengembangan Kurikulum 2013
A. Aspek Filosofis, dan Aspek yuridis
B. Aspek Filosofis, Aspek yuridis dan Aspek konseptual
C. Aspek
budaya dan Aspek konseptual
D. Aspek yuridis dan Aspek konseptual
E. Aspek yuridis dan Aspek konseptu, filosofis
26. Rasionalisasi Perubahan proses pembelajaran , perubahan proses penilaian,
dan menambah jam
pelajaran merupakan
alasan:
A. Penyempurnaan
kurikulum
B. Pengembangan Kurikulum
C. Penguatan
kurikulum
D. Perubahan
kurikulum
E. Konsep
kurikulum
27. Rumusan SKL Pada Kurikulum 2013 meliputi:
A. Sikap, keterampilan dan pengetahuan
B. Pengetahuan, sikap dan keterampilan
C. Pengetahuan, keterampilan dan sikap
D. Keterampilan sikap dan pengetahuan
E. Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
28. Pengintegrasi muatan pembelajaran,
matapelajaran, atau program dalam mencapai
SKL merupakan fungsi :
A. Kompetensi
Inti
B. Kompetensi
Dasar
C. Standar
kompetensi
D. Standarisi
E. Standar
nasional
29. Muatan pembelajaran yang mencakup sikap
spiritual, sikapsosial,pengetahuan dan keterampilan disebut :
A. Standar
kompetensi
B. Kompetensi
Inti
C. Standarisi
D. Kompetensi
Dasar
E. Standar
nasional
30. Kontek
Kompetensi muatan pembelajaran, pengalaman belajar, mata pelajaran yang dikembangkan sesuai dengan Kompetensi Inti
A. Kompetensi
Dasar
B. Standar
kompetensi
C. Kompetensi
Inti
D. Standarisi
E.
Kompetensi nasional
31. Perangkat operasional untuk memfasilitasi pengembangan,
pelaksanaan dan penilaian kurikulum :
A. Standar
kurikulum
B. Dokumen
kurikulum
C. Struktur
kurikulum
D. Pengembangan
kurikulum
E. Dokumen
pembelajaran
32. Yang
tidak termasuk Dokumen kurikulum :
A. Dokumen
kurikulum setiap satuan pendidikanatau program pendidikan
B. Dokumen
kurikulum setiap maple
C. Dokumen
proses pembelajaran
D. Pedoman
implementasi kurikulum
E. Dokumen
kurikulum setiap
33. Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
A. Tujuan pendidikan nasional
B. Konsep
pendidikan nasional
C. Manfaat
pendidikan nasional
D. Isi
pendidikan nasional
E. Fungsi pendidikan Nasional
34.
Tema Pengembangan Kurikulum 2013
A.
Produktif, Kreatif, Inovatif, Afektif.
B.
Produktif, Inovatif, Afektif
C.
Produktif, Kreatif, Afektif
D.
Produktif, Kreatif, Inovatif,
E.
Kreatif, Inovatif, Afektif.
35. Yang tidak termasuk dalam Perubah elemen Pada Kurikulum 2013 :
A. Standar
Kompetensi lulusan
B. Standarisi
C. StandarPenilaian
D. Standar
sarana dan prasarana
E. Standar
proses
36. Yang tidak termasuk
Program Strategi Implementasi Kurikulum 2013 :
A. Implementasi terbatas kelas 1, kelas 4, kelas 7 dan
kelas 10 tahun 2013
B. Implementasi
terbatas kelas 1,2 kelas 4,5 kelas 7 ,8
dan kelas 10,11 tahun 2015
C. Implementasi
kelas 1,2, kelas 4, 5,kelas 7,8 dan
kelas 10,11 tahun 2014
D. Implementasi
kelas 1,2,3 kelas 4,5,6 kelas 7,8,9 dan kelas 10,11,12 tahun 2015
E. Implementasi
wajib menggunakan kurikulum 2013 kelas
1,2,3 kelas 4,5,6 kelas 7,8,9
dan kelas 10,11,12 tahun 2016
37. Regulasi
yang mengatur tentang Standar Penilaian pada kurikulum 2013:
A.
PP no 32 tahun 2013
B.
Permendikbud no 54 tahun 2013
C.
Permendikbud no 65 tahun 2013
D.
Permendikbud no 66 tahun 2013
E.
Permendikbud no 67 tahun 2013
38. Kurikulum 2013 secara legal dapat di implementasikan berdasarkan regulasi ....
A. PP No
32 tahun 2013
B. Permendikbud
No 65 tahun 2013
C. Permendikbud
No 66 tahun 2013
D. Permendikbud
No 67 tahun 2013
E. PP No
74 tahun 2008
39. Yang
bukan termasuk Titik tekan pengembangan
Kurikulum 2013:.
A. penyempurnaan pola pikir
B. penguatan tata kelola kurikulum
C. pendalaman dan perluasan materi
D. penguatan proses pembelajaran
E. pengembangan nilai-nilai budaya
40. Proses pembelajaran pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) lebih menekankan kepada....
A.
sciectific,
kolabotarif dan inovatif
B.
kolaboratif,
konstuktif dan imaginatif
C.
autentic,
komprontatif dan imaginatif
D.
inspiratif,
variatif dan inovatif
E.
eksploratif,
elaboratif, dan konfirmatif
41. Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 lebih menekankan kepada....
A.
mengelola,
menginput, menyimpulkan, mengobservasi, dan memeragakan
B.
mengkombinasikan,
menyimpulkan, merekonstruksi, dan menyimpulkan
C.
mengeksplorasi,
mengelaborasi, dan mengkonfirmasi
D.
mengamati,
menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, dan menyimpulkan
E.
menjelaskan,
mendidkusikan, mempresentasikan, dan mengkomunikasikan
42. Di bawah ini yang tidak termasuk komponen silabus ...
A.
identitas mata
pelajaran
B.
identitas
sekolah
C.
kompetensi inti
dan kompetensi dasar
D.
materi
pembelajaran
E.
Pengembanagan pembelajaran
43.
kegiatan
pembelajaran Di bawah ini beberapa strategi implementasi kurikulum 2013, kecuali
....
A.
Pelaksanaan
kurikulum di semua jenjang
B.
Pelatihan
pendidik dan tenaga kependidika
C.
Penguaasaan
konsep pembelajaran
D.
Pengembangan
buku siswa dan guru
E.
Pengembangan
buku siswa dan konsep remidial
44. Dimensi
Pengetahuan terdiri dari :
A.
Understanding, Remembering, Applying,
Evaluating, Analysis, Create.
B.
Understanding, Aplying, Analysis, Evaluating,
Create
C.
Remembering, Understanding, Applying,
Analiysis, Evaluating, Create.
D.
Remembering, Applying, Understanding,
Analysis, Evaluating, Create.
E.
Applying, Understanding, Analysis,
Evaluating, Create.
45. Pengembangan Kurikulum
2013 dilaksanakan atas dasar beberapa prinsip utama
sebagai berikut, kecuali...
A. standar kompetensi lulusan
diturunkan dari kebutuhan.
B. standar isi diturunkan dari
standar kompetensi lulusan melalui kompetensi inti yang bebas mata pelajaran.
C. semua mata pelajaran diikat oleh standar kopetensi dan kompetensi dasar
D. semua mata pelajaran harus berkontribusi
terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik.
E. mata pelajaran diturunkan dari kompetensi
yang ingin dicapai.
46. Pendekatan penerapan pembelajaran pada Kurikulum 2013
berbasis pada....
A. Kolaboratif
B. sciectific
C. konstruktiv
D. autentic
E. inspiratif
47. Penerapan penilaian pada Kurikulum 2013 berbasis pada....
A.
sciectific
B.
kolaboratif
C.
autentiK
D.
konstruktif
E.
inspiratif
48. Di bawah ini yang tidak termasuk komponen RPP adalah....
A.
identitas
sekolah
B.
identitas mata
pelajaran
C.
langkah-langkah
penilaian
D.
kompetensi inti
dan kompetensi dasar
E.
langkah-langkah
pembelajaran
49.
Yang termasuk
ciri teknik penilaian autentik adalah....
A.
penilaian atas
pengetahuan yang dimiliki peserta didik dan bersifat sederhana
B.
tugas-tugas yang
diberikan kepada peserta didik tidak memerlukan keterlibatan yang luas dan
kinerja yang kompleks.
C.
analisis proses
yang digunakan bukan untuk menghasilkan respon peserta didik atas perolehan
sikap, keterampilan, dan pengetahuan
yang ada.
D.
pengukuran
langsung keterampilan peserta didik yang berhubungan dengan hasil jangka
panjang pendidikan seperti kesuksesan di tempat kerja.
E.
tidak memerlukan
keterlibatan peserta didik dalam melaksanakan tugas
50. Jenis
penilaian yang cocok untuk KI-4 adalah:
A. Tertulis
B. Praktik/unjuk kerja
C. Portofolio
D. Observasi
E. proyek
--- Selamat dan Sukses
---
Tidak ada komentar:
Posting Komentar